Rumah Hobbit Merapi Jogja, Wisata Menarik dan Fotogenik

Posted on

Rumah Hobbit Merapi Jogja, Wisata Menarik dan Fotogenik. Dunia perfilman seringkali mengangkat suatu tren. Terlebih jika film tersebut booming, maka tren tersebut akan cepat meluas. Salah satunya adalah film fiksi The Hobbit yang sukses di pasaran.

Dalam film tersebut menggambarkan kehidupan dan petualangan seorang Hobbit. Salah satu yang menarik dari film ini adalah bentuk rumah Hobbit yang memang cukup unik. Rumah tersebut berada di perbukitan yang hijau. Nampaknya rumah tersebut menginspirasi orang – orang kreatif di Indonesia.

Mereka membuat tiruan rumah tersebut untuk dijadikan sebagai obyek wisata. Saat ini ada beberapa tempat yang memiliki obyek wisata Rumah Hobbit tersebut. Tempat – tempat tersebut antara lain Bandung, Bogor, Karanganyar dan Jogja.

Di daerah Jogja sendiri ada 2 lokasi wisata dengan daya tarik berupa Rumah Hobbit. Yang pertama adalah Rumah Hobbit Mangunan yang berada di Kabupaten Bantul.

Rumah Hobbit Jogja yang kedua adalah Rumah Hobbit Merapi yang berada di Cangkringan, Kabupaten Sleman. Nah, kali ini kita akan membahas tentang Rumah Hobbit Merapi.

Rumah Hobbit Merapi, Cangkringan, Sleman, Jogja, Wisata Menarik dan Fotogenik

rumah hobbit merapi cangkringan
Rumah Hobbit Merapi Cangkringan yang unik dan menarik untuk berfoto dan bersantai instagram.com/puspitanjar02

Wisata Rumah Hobbit Merapi ini dapat dikatakan termasuk tempat wisata baru di Jogja. Memang keberadaan Romah Hobbit Cangkringan ini setelah adanya Rumah Hobbit Mangunan yang lebih dahulu dibangun dan dibuka untuk umum.

Secara resmi, tempat wisata di Jogja ini mulai dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2017. Jadi saat artikel ini dibuat, tempat tersebut dapat dikatakan masih fresh.

Seperti halnya wisata Rumah Hobbit yang lainnya, Rumah Hobbit Merapi ini tentunya juga menjadikan keunikan arsitektur dan interior rumah ini. Tidak heran, karena memang aslinya rumah model begini bukan merupakan bangunan asli Indonesia.

Tentunya sesuatu yang unik akan cepat menjadi viral di tanah air. Terlebih dengan berkembangnya sosial media yang membuat suatu kabar menjadi cepet tersebar ke seluruh penjuru. Selain itu, memang  tempat ini juga sangat indah untuk berfoto.

Apalagi lokasinya di kaki Gunung Merapi sehingga udara yang ada di lokasi ini juga sangat sejuk. Jadi, tempat wisata ini selain cocok untuk hunting foto, juga sangat ideal untuk mendinginkan pikiran kita dari stress karena rutinitas sehari – hari.

baca juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Fasilitas Rumah Hobbit Cangkringan

Sebagai obyek wisata baru, tentunya banyak hal yang masih perlu dilengkapi. Namun demikian, fasilitas penunjang dasar sudah tersedia di wisata Rumah Hobbit Merapi ini. Fasilitas – fasilitan yang ada antara lain ahan parkir, toilet, mushola dan juga layanan informasi sudah tersedia.

Untuk layanan informasi, berada di The Lost World Castle. Loh kok? Memang demikian, karena sebenarnya Rumah Hobbit Cangkringan ini memang merupakan bagian dari The Loast World Castle seperti halnya replika Stonehenge Merapi.

baca juga : Stonehenge Tempat Wisata di Jogja Terbaru

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Rumah Hobbit Merapi

Mengunjungi obyek wisata yang indah tidak selalu berarti kita harus mengeluarkan uang yang banyak. Hal ini berlaku di obyek wisata Rumah Hobbit Cangkriingan ini.

Untuk dapat menikmati keindahan dan kenunikannya, kita hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- untuk setiap pengunjungnya. Sedangkan tarif parkirnya juga standar yaitu Rp. 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Cukup terjangkau bukan?

Sedangkan untuk hari bukanya, Rumah Hobbit Merapi ini dibuka setiap hari. Pada hari Senin s.d. Jumat, tempat wisata ini mulai dibuka pada pukul 07.00 WIB dan ditutup pada pukul 18.30 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, tempat ini dibuka lebih pagi, yaitu pukul 06.00 WIB dan jam tutup tetep pukul 18.30 WIB.

baca juga : Tempat wisata murah di Jogja yang layak dikunjungi

Rute dan Lokasi Rumah Hobbit Merapi, Cangkringan

Seperti yang sudah saya utarakan di atas, lokasi Rumah Hobbit Cangkringan ini berada pada areal The Lost World Castle. Adapun alamatnya adalah : Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583.

Untuk dapat mengunjungi lokasi Rumah Hobbit Merapi ini, teman – teman dapat mengikuti rute berikut ini :

Teman – teman tinggal menuju ke Jalan Kaliurang. Berjalanalah terus ke arah utara hingga sampai ke Ring Road Utara Jogja. Dari Ring Road Utara teruskan ke utara (masih di Jalan Kaliurang) hingga bertemu simpang tiga yang jika ke arah kanan menuju ke Merapi Golf. Beloklah ke kanan menuju ke arah Merapi Golf. Ikuti jalan hingga bertemu Jalan Petung Merapi. Silakan belok ke kiri dan ikuti jalan tersebut hingga sampai di kompleks The Lost World Castle.

Masih bingung? Jangan khawatir, teman – teman dapat menggunakan aplikasi GPS untuk menuju ke tempat wisata ini. Adapun koordinat GPSnya adalah berikut ini :

 

Bagaimana? Menarik bukan? Tentunya, karena memang tidak semua tempat memiliki obyek wisata menarik dan unik seperti ini. Jadi jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat ini jika berada di Jogja.

Oh iya, di kawasan Cangkringan sendiri terdapat juga obyek wisata menarik lainnya, seperti museum yang memajang sisa – sisa erupsi Gunung Merapi beberapa tahun silam. Selain itu, teman – teman juga bisa melakukan lava tour dengan menggunakan kendaraan jip yang disediakan oleh pengelola untuk disewakan kepada pengunjung.

Nah, saya rasa cukup sekian dulu artikel dari Masbei mengenai Rumah Hobbit Merapi, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman sekalian. Terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini dan salam Indonesia.