[UPDATE 2017] Wisata Pantai Malang Selatan yang Menarik Hati

Posted on

Wisata Pantai Malang Selatan yang Menarik Hati. Malang merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki berbagai macam tempat wisata. Obyek wisata di Malang memiliki variasi yang sangat beragam, mulai dari wisata alam, kuliner, sejarah, hingga aneka tempat / wahana permainan yang banyak kita temui di sini. Untuk wisata alam di Malang, kita dapat memilih mulai dari gunung, kebun, sungai, hingga pantai.  Nah, untuk kali ini Masbei akan membahas tentang wisata pantai Malang Selatan yang menarik hati.

Obyek wisata pantai di Malang ini semuanya berada di daerah Malang Selatan. Malang Selatan yang masuk ke dalam wilayah administrasi Kabupaten Malang ini memang berbatasan langsung dengan Laut Selatan, sehingga tidak salah kalau memang seluruh pantai yang berada di daerah Malang berada dalam wilayah Kabupaten Malang.

Pantai – pantai yang berada di Malang ini sangat layak untuk teman – teman kunjungi. Mengapa? karena wisata Pantai Malang Selatan ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

Pantai apa saja sih yang menarik di Malang? Teman – teman dapat melakukan pencarian di Google sih, namun disini saya akan merangkumkan beberapa wisata pantai Malang yang indah.

Insya Allah artikel ini akan saya update jika ada informasi mengenai wisata pantai Malang terbaru. Nah, berikut ini beberapa pantai indah yang berada di kawasan Malang Selatan. Oh iya, beberapa pantai sudah saya buat artikelnya tersendiri, untuk lebih detailnya, teman – teman dapat klik link yang sudah tersedia.

baca juga : Pantai Gua Cemara, menikmati indahnya pantai yang rimbun

wisata pantai malang selatan yang menarik hati

1. Wisata pantai Malang  Selatan Bajulmati

Bajulmati merupakan salah satu wisata pantai yang terkenal di Malang. Nama Bajulmati jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti buaya mati ( bajul = buaya, mati = mati). Wisata Pantai Malang Selatan ini memiliki pemandangan alam yang indah. Pantai ini terletak di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Gajahrejo. Pantai ini berada sekitar 58 kilometer di sebelah selatan Kota Malang.

wisata pantai malang selatan
Wisata Pantai Bajulmati, salah satu wisata pantai di Malang

2. Wisata pantai Malang Balekambang

Pantai Malang Selatan ini berada di wilayah Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pantai ini dijuluki dengan sebutan Balekambang yang berarti rumah yang terapung karena terdapat sebuah pura kecil yang dibangun pada karang yang berada di atas laut sehingga terlihat seolah-olah terapung.  Pura ini mirip dengan pura Tanah Lot di Bali yang juga dibangun di atas pulau karang yang berada di pantai, sehingga banyak juga yang menyebut Pantai Balekambang dengan sebutan Tanah Lot nya Malang.

Pantai Balekambang
Pura di tengah laut seperti rumah yang terapung

3. Wisata pantai Malang Selatan Goa China

Pantai Malang Selatan ini awalnya bernama Pantai Rowo Indah, akan tetapi setelah terjadi peristiwa meninggalnya seorang China yang sedang bertapa di dalam goa yang berada di pantai ini, pantai ini lebih populer disebut dengan Pantai Goa China. Pantai Goa China terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Letaknya hanya berjarak kurang lebih 7 kilometer dari Pantai Bajulmati dan hanya berjarak 1 kilometer dari Pantai Teluk Asmara, sehingga kita dapat sekaligus mengunjungi pantai – pantai ini dalam satu hari.

Pantai Goa China Malang
Pantai Goa China Malang

4. Wisata pantai Malang Sendangbiru

Sendangbiru terkenal dengan adanya Pulau Sempu yang berada 4 kilometer dari bibir pantai. Pantai ini juga masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai yang berjarak 67 kilometer dari Kota Malang ini memiliki sumber air yang berwarna biru, oleh karena itu daerah ini disebut dengan Sendang Biru yang berarti mata air yang berwarna biru. Di wisata pantai Malang Selatan ini, kita dapat menikmati keindahan alamnya yang memang luar biasa. Kita juga dapat berkemah di tempat ini, tapi jangan tinggalkan sampah sembarangan ya teman – teman.

Pantai Sendangbiru Malang
Pantai Sendangbiru Malang

5. Wisata pantai Malang Lenggoksono

Pantai Lenggoksono merupakan pantai yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Pantai lokasinya dekat dengan perbatasan Malang – Lumajang ini memiliki pasir yang berwarna putih. Di pantai ini, kita dapat melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan pemandangan bawah lautnya. Tidak jauh dari tempat wisata pantai Malang selatan ini terdapat sebuah pantai yang cukup unik yang disebut dengan Pantai Kletakan. Keunikan Pantai Kletakan adalah pantai ini tidak memiliki pasir sebagaimana lazimnya sebuah pantai, namun, sepanjang pantai ini dipenuhi dengan berbagai ukuran batu yang jika terkena ombak akan mengeluarkan bunyi gemertak yang membuat pantai ini disebut Kletakan.

Pantai Lenggoksono
Air terjun yang terdapat di bibir Pantai Lenggoksono

6. Pantai Modangan, Wisata Pantai Malang Selatan

pantai malang selatan

Wisata Pantai Modangan merupakan pantai yang terdapat di perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar, tepatnya berada di Sumberejo, RT.41 / RW.10, Sumberoto, Donomulyo, Sumberoto, Donomulyo, Malang, Jawa Timur. Obyek wisata pantai Malang Selatan ini termasuk pantai yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, sehingga masih sepi, jadi pantai ini cocok bagi teman – teman yang menginginkan suasana alam yang sepi dan tenang. Di pantai yang berada di kawasan Malang Selatan teman teman dapat menikmati pemandangan bentangan pasir putihnya dan juga berkemah. Pantai Modangan juga seringkali digunakan untuk olahraga paralayang.

baca juga : Pantai Modangan di Malang Selatan Yang Mempesona

7. Wisata Pantai Malang, Pulodoro Malang Selatan

pantai malang

Pantai indah di kawasan Malang Selatan ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Pasirnya yang putih dengan air yang jernih membuat pantai ini menarik untuk dikunjungi. Lokasi pantai Pulodoro ini berada di Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167. Memang pantai – pantai Malang Selatan lokasinya berdekatan satu sama lain, sehingga mempermudah teman – teman untuk mengunjunginya. Terlebih dengan dibukanya Jalur Lintas Selatan, membuat lokasi pantai – pantai eksotis ini menjadi lebih mudah untuk dijangkau.

baca juga : Alamat Lokasi Pantai Pulodoro, Pantai Indah di Malang Selatan

8. Wisata Pantai Malang Selatan Teluk Asmoro

pantai di malang

Pantai Teluk Asmoro berada tidak jauh dari Pantai Goa China, hanya berjarak keurang lebih 1 kilometer. Jadi, teman – teman dapat sekaligus berkunjung ke Pantai Teluk Asmara ini jika sedang berada di Pantai Goa China. Pemandangannya pun tidak kalah indah dari pantai – pantai lain yang berada di kawasan Malang Selatan. Pasir berwarna putih, air laut yang biru tentunya menjadikan pantai ini layak untuk teman – teman kunjungi. Selain itu, saat ini lokasinya masih relatif sepi sehingga teman – teman dapat bermain dengan nyaman. Oh iya, Pantai Teluk Asmoro juga sering dijuluki dengan sebutan Raja Ampatnya Malang, karena memang pemandangan di sini mirip dengan pemandangan di Raja Ampat.

baca juga : Lokasi Pantai Teluk Asmoro Wisata Indah Malang Selatan

9. Wisata Pantai Sendiki

wisata pantai malang

Pantai Sendiki merupakan salah satu wisata pantai Malang Selatan yang memiliki pemandangan yang indah. Pantai ini memiliki pasir lebut yang berwarna putih kecokelatan. Selain itu airnya yang berwarna biru membuat pantai indah ini layak untuk teman – teman kunungi saat berwisata di Malang.

baca juga : Lokasi Wisata Pantai Sendiki Malang yang Indah

10. Pantai Kuncaran

wisata malang

Wisata pantai Malang Selatan selanjutnya adalah Pantai Kuncaran. Pantai terletak di Desa Sindurejo Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah. Pasirnya berwarna putih serta lingkungannya yang masih asri membuat nyaman siapa saja yang berkunjung di tempat wisata ini.

baca juga : Lokasi Pantai Kuncaran Kabupaten Malang

Nah itulah teman – teman, wisata pantai malang selatan yang menarik hati. Jika teman- teman berkunjung ke Malang, sempatkan untuk mampir ke pantai – pantai ini, karena kebanyakan pantai ini masih cukup asri dan indah. Oleh karena itu, jangan dikotori ya teman – teman.

Mari kita jaga kekayaan negara Indonesia, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak, kita sudah berperan untuk menyelamatkan kekayaan dan keindahan Indonesia agar kelak dapat juga dinikmati oleh anak cucu kita. Cukup sekian dari saya, terima kasih dan salam Indonesia.