Wisata Jogja, Indahnya Pesona Pengklik Pantai Samas

Posted on
Sebagai Provinsi yang berada di bagian selatan Pulau Jawa membuat Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki wilayah pesisir yang cukup panjang. Wilayah pesisir ini terbentang di 3 kabupaten, yaitu Kulon Progo di sebelah barat, Bantul di tengah, dan Gunung Kidul di sebelah timur. Kawasan pantai yang mayoritas adalah tanah Keraton Jogja ini dimanfaatkan oleh pemerintah daerah setempat untuk beberapa jenis kegiatan, mulai dari pertanian, perikanan hingga obyek wisata alam Jogja. Maka tidak mengherankan jika wisata pantai jogja berjumlah cukup banyak dan tersebar di 3 kabupaten tersebut. Salah satu pantai yang berada di Kabupaten Bantul adalah Pantai Samas yang merupakan salah satu pantai “tua” karena sudah dibuka menjadi obyek wisata mulai dari jaman kakek saya. Namun kali ini saya tidak membahas Pantai Samas, akan tetapi Pesona Pengklik Pantai Samas yang merupakan pengembangan dari Pantai Samas. Apa itu Pesona Pengklik Pantai Samas? Berikut ini artikel dari Mas Bei tentang Pesona Pengklik Pantai Samas.
wisata alam pantai jogja
Pesona Pengklik Pantai Samas merupakan salah satu tempat wisata indah di Kabupaten Bantul
Indahnya Pesona Pengklik Pantai Samas, wisata alam pantai Jogja
Pengklik? Apaan sih? Awalnya saya juga bingung dengan istilah tersebut. Baru kali ini saya mendengar istilah tersebut. Penasaran saya terjawab ketika main ke tempat wisata ini. Ternyata pengklik adalah tempat wisata alam di Jogja yang berupa laguna dari Pantai Samas, dulu warga sekitar menyebutnya dengan istilah “suangan cilik” atau muara kecil. Laguna ini beberapa kali mengalami perubahan bentuk, pada saat saya masih SD dulu, laguna ini tidak terlalu besar, namun rob beberapa waktu yang lalu membuat laguna ini menjadi berbentuk seperti pada saat ini.

pesona pengklik pantai samas

Daya tarik wisata alam Jogja, Pesona Pengklik Pantai Samas

Apa sih yang menarik dari sebuah obyek wisata yang bernama Pengklik Pantai Samas ini? Yup, ada beberapa hal yang menarik di sini, pertama adalah gardu pandang yang memungkinkan kita untuk melihat pemandangan pantai yang aduhai dari ketinggian. Hal menarik lainnya adalah adanya rumah apung di atas laguna. Rumah ini berfungsi sebagai tempat kita menikmati makanan dan minuman yang bisa kita pesan di warung yang berada di bawah gardu pandang.  Memang sih variasi makanannya masih terbatas (maklum, obyek wisata baru) tapi setidaknya ada minuman dan makanan kecil yang bagi saya sudah cukup untuk teman menikmati keindahan alam Pesona Pengklik Pantai Samas dari atas rumah apung. Selain gardu pandang dan rumah apung, di sini juga terdapat playground bagi anak – anak. Sederhana sih memang, hanya jungkat jungkit dan ayunan serta tempat duduk , namun tempatnya yang rindang karena dinaungi pohon cemara udang membuat  saya betah untuk duduk – duduk di sana, terlebih lagi di sini banyak pemancing yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi saya menyaksikan kesabaran para pemancing dalam mencari ikan. Satu lagi hal yang ditawarkan oleh Pesona Pengklik Pantai Samas yaitu naik perahu mengelilingi laguna. Bagi teman – teman yang penasaran ingin menelusuri laguna, teman – teman dapat naik perahu mengelilingi laguna. Untuk naik perahu ini, teman – teman akan dikenakan biaya Rp. 10.000,- untuk setiap orangnya.
obyek wisata baru di jogja
Rumah apung di tempat wisata alam Jogja ini dapat kita gunakan untuk menikmati indahnya pemandangan
wisata pantai jogja
Jika ingin berkeliling, terdapat tempat penyewaan perahu yang siap mengantarkan teman – teman berkeliling laguna
Tempat ini juga sering menjadi tujuan dari para pemancing. Setiap hari selalu ada pemancing yang asyik menunggu umpannya disambar oleh ikan yang hidup di muara tersebut. Jadi, jika teman – teman juga memiliki hobi memancing, mungkin bisa membawa peralatan pancingnya, siapa tahu pulang – pulang pikiran fresh bawa ikan pula, hehehe. Namun jangan tanya jenis ikannya apa ya, soalnya saya juga belum pernah mancing di sini, hehehe. Di sebelah timur dari Pesona Pengklik Pantai Samas ini juga terdapat tambak – tambak yang digunakan untuk memelihara udang galah. Jangan keliru mancing di tambak ya, bisa- bisa dimarahin yang punya.
pesona pengklik pantai samas
Wisata alam Jogja berupa pantai ini sering dimanfaarkan oleh para pemancing sebagai spot berburu ikan

 

tempat wisata murah
Di sisi timur wisata pantai Jogja ini terhampar persawahan dan juga tambak ikan

Tiket Masuk dan Jam Buka Pesona Pengklik Pantai Samas

 Pesona Pengklik Pantai Samas bukanlah obyek wisata yang mahal. Untuk mengunjungi obyek wisata ini, kita hanya
dikenakan retribusi masuk kawasan Pantai Samas sebesar Rp. 3.750,- yang dipungut pada Tempat Pemungutan Retribusi (TPR). Sedangkan di kawasan Pesona Pengklik Pantai Samas sendiri, kita hanya dikenakan biaya parkir saja. Untuk jam buka, Pesona Pengklik Pantai Samas tidak ada jam buka, namun jam parkir kendaraan hanya dibatasi dampai dengan pukul 17.00 WIB saja.
 

Lokasi dan Akses Menuju Pesona Pengklik Pantai Samas

 Lokasi wisata pantai Jogja ini berada di ujung selatan Kabupaten Bantul di sebelah timur Pantai Gua Cemara. Tepatnya, tempat wisata alam Jogja ini berada di Desa Srigading, Kecamatan Sanden. Akses menuju lokasi Pesona Pengklik Pantai Samas sangatlah mudah. Jalan menuju ke laguna ini juga bagus dan lebar, jadi jangan khawatir tentang kondisi jalan, hehehe. Untuk mencapai lokasi Pesona Pengklik Pantai Samas ini, teman – teman dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan bus umum.
Jika teman – teman menggunakan kendaraan pribadi, teman – teman cukup mengikuti jalan Samas dan teman – teman akan sampai ke wisata Pantai Samas, obyek wisata Pesona Pengklik Pantai Samas ini berada di sebelah timur pantai, dan memiliki pintu masuk tersendiri, jadi setelah melewati pos TPR Pantai samas, teman – teman tinggal lurus terus dan akan sampai di simpang empat jalur lintas selatan, teman – teman tinggal mengambil jalur lurus lagi sekitar 200M dan sampailah di Pesona Pengklik Pantai Samas.

Jika teman – teman berencana menggunakan bus umum, teman – teman cukup naik bus dengan kode N atau bus jurusan Samas. Bus ini melewati rute Terminal Giwangan – Ring Road Selatan – Druwo (jl. Parangtritis) belok ke kanan – Pojok Beteng Wetan belok ke kiri – Pojok Beteng Kulon belok ke kiri – Dongkelan – Bantul – Samas. Nah, teman – teman dapat menunggu bus di sepanjang jalur tersebut dan tinggal minta diturunkan di Pengklik, simpel kan? Hehehe.

Nah itulah sedikit yang dapat Mas Bei tuliskan tentang salah satu obyek wisata pantai Jogja, Pesona Pengklik Pantai Samas. Karen obyek wisata alam Jogja ini tergolong baru, maka kedepannya dimungkinkan dan diharapkan fasilitasnya ditambah, sehingga pengunjung bisa lebih betah berada di salah satu tempat wisata murah di Jogja ini. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat, banyak kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf, jika ada kritik,saran, tambahan, atau komentar, silakan teman – teman tuliskan pada kolom komentar di bawah. Terima kasih, cintailah Indonesia.