Wisata di Kebun Teh Gunung Gambir Jember  yang Indah

Posted on

Wisata di Kebun Teh Gunung Gambir Jember  yang Indah. Jember merupakan salah satu wilayah yang ada di Provinsi Jawa Timur bagian timur. Daerah ini merupakan tempat kelahiran salah satu musisi ternama Indonesia, Anang Hermansyah. Selain itu, Jember juga banyak dikenal berkat acara tahunan Jember Fashion Carnavalnya. Banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah untuk menyaksikan gelaran tersebut.

Selain festival tahunan tersebut, Jember juga memiliki tempat wisata yang unik dan menarik. Tidak heran, karena kontur daerah ini memiliki kawasan perbukitan dan juga pantai. Salah satunya adalah kebun teh yang ada di Gunung Gambir Jember. Nah, bagaimana daya tarik kebun teh ini? Berikut artikel singkatnya dari masbei.com.

Kebun Teh Gunung  Gambir Jember

kebun teh gunung gambir jember
Hijaunya kebun teh membuat kita menjadi rileks, gambar : instagram.com/imamsanusi_

merupakan peninggalan dari Belanda. Areal perkebunan teh ini sendiri memiliki luas tidak kurang dari 183 hektar. Lokasi kebun teh ini berada di perbatasan antara Jember dan Probolinggo. Tidak heran jika banyak yang menyebut tempat ini dengan nama kebun teh Gunung Gambir Probolinggo.

Di lokasi kebun teh Gunung Gambir Jember ini, dikembangkan beberapa jenis teh. Ada 8 jenis teh yang dikembangkan di perkebunan teh yang dibuka pada tahun 1918 ini.

Saat ini pengolahan teh yang ada di lokasi kebun teh Gunung Gambir Jember ini sudah dialihkan ke Guci Alit. Dengan demikian, praktis aktivitas perkebunan teh ini sudah jarang ditemui. Jika beruntung, kita sesekali dapat menemui aktivitas pemetikan teh. Namun, hasil petikan ini akan diolah menjadi teh local saja, bukan untuk pabrik.

baca juga : Kampung Indian Kediri, Wisata Hits Unik dan Menarik

Pesona Keindahan Kebun Teh Gunung  Gambir Jember

kebun teg gunung gambir probolinggo
Kebun teh ini sudah ada pada tahun 1918, gambar : instagram.com/intannsari29

Layaknya perkebunan teh pada umumnya, kebu teh Gunung Gambir Jember ini juga menyajikan pemandangan alam yang mempesona. Hamparan tanaman teh yang menghijau ditambah dengan sejuknya udara pegunungan menjadikan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Kebun teh ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menenangkan pikiran. Menikmati keindahan alam yang menghijau ini tentunya membuat pikiran menjadi lebih rileks. Terlebih lagi udaranya yang masih bebas polusi.

wisata gunung gambir
Kebun teh ini dilengkapi dengan spot berfoto yang Instagenic, gambar : instagram.com/tiarlazuardi

Kebun teh yang berada di ketinggian kurang lebih 921 mdpl ini juga sudah dilengkapi spot berfoto yang menarik. Hal ini tentunya untuk mengikuti tren wisata saat ini. Seperti kita ketahui, saat ini tempat – tempat wisata didandani sedemikian rupa agar menarik untuk difoto. Hal ini dilakukan untuk menarik pengunjung yang lebih banyak lagi.

baca juga : Wisata Pujon Kidul Kab Malang yang Asri dan Indah

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Gunung Gambir Jember

wisata gunung gambir
instagram.com/putra_p1805

Untuk menikmati keindahan kebun teh ini, setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Adapun harga tiket masuknya adalah Rp. 10.000,-. Cukup murah dan terjangkau bukan?

baca juga : Lokasi Taman Langit Batu Malang , Wisata Baru di Gunung Banyak

Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir Jember

Seperti yang sudah disinggung di atas, lokasi perkebunan ini berada di Gunung Gambir yang merupakan perbatasan antara Probolinggo dengan Jember. Adapun alamat lengkap kebun teh Gunung Gambir Jember ini berada di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten  Jember. Jika dari pusat Kota Jember, kebun teh ini berjarak kurang lebih 48 kilometer.

Untuk dapat mencapai lokasi kebun teh ini, kita harus melewati jalanan yang cukup terjal. Pada saat artikel ini dibuat, kondisi jalanan kurang bersahabat alias banyak yang rusak. Semoga dikemudian hari seiring dengan berkembangnya wisata Gunung Gambir ini, infrastruktur juga akan diperbaiki menjadi lebih baik lagi. Aamiin.

Namun demikian, perjuangan untuk menuju ke tempat ini akan terbayar dengan keindahan alam kebun teh ini.

Bagi yang ingin tahu lokasi kebun teh ini di peta, berikut ini peta lokasi kebun teh Gunung Gambir Jember yang kami ambil dari Google Maps.

Nah, itulah sekilas mengenai kebu teh Gunung Gambir Jember yang indah. Silakan mampir jika sedang berkunjung atau berada di Jember. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com, salam Indonesia.