Wisata Kampung Ciherang yang Sejuk dan Asri

Posted on

Wisata Kampung Ciherang yang Sejuk dan Asri. Daerah Jawa Barat dikenal memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat menarik. Memang secara geografis, Jawa Barat memiliki kawasan dengan kontur pegunungan. oleh karena itu tidak heran jika wisata alam di Jawa Barat cukup banyak, terutama pegunungan. Sebut saja wisata alam di Bogor, Bandung, dan sebagainya.

Kali ini masbei akan membahas mengenai salah satu wisata alam di Jawa Barat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat ini adalah Wisata Kampung Ciherang atau Wisata Kampoeng Ciherang. Apa yang menarik dari tempat ini? berikut artikel singkatnya dari kami.

Sejarah Wisata Kampung Ciherang

wana wisata kampung ciherang
instagram.com/lestaritika62

Keberadaan Wisata Kampoeng Ciherang ini tidak lepas dari desakan dari warga sekitar akibat adanya kegiatan off road ilegal. Kegiatan off road ilegal ini seringkali dilakukan di dalam kawasan hutan lindung Ciherang. Akibatnya, tidak jarang pepohonan menjadi rusak akibat aktivitas ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihak Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan setempat memutuskan untuk menggandeng investor untuk mengatasi hal tersebut. Adapun cara yang ditempuh adalah dengan menjadikan lokasi ini menjadi wana wisata. Dengan demikian, kegiatan off road ilegal dapat dicegah karena lokasi lebih terawasi.

baca juga : Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi Jogja

Daya Tarik Wisata Kampoeng Ciherang

wisata kampoeng ciherang
instagram.com/yhellowin

Lokasi Wisata Kampung Ciherang yang berada di dalam kawasan hutan lindung tentunya menyajikan suasana yang alami. Udara di sini masih sejuk karena jauh dari polusi. Selain itu dengan rimbunnya pepohonan, maka pasokan oksigen disini dapat terjaga dengan baik. Pepohonan di kawasan hutan ini didominasi oleh pohon pinus.

Di Lokasi Wana Wisata Kampung CIherang ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Mulai dari persewaan mini motocross , kuda tunggang hingga wahana air ada di kawasan ini. Selain itu tidak lupa tentunya spot ber swa foto atau selfie. Di sini terdapat berbagai spot yang menarik untuk berfoto baik selfie ataupun bersama teman – teman / rombongan.

Selain wahana wisata, di lokasi Wisata Kampoeng Ciherang ini juga sudah disediakan wisata kuliner. Terdapat warung – warung yang menyediakan aneka makanan, souvenir dan oleh – oleh. Untuk menu makanan sendiri kebanyakan bernuansa Sunda.

baca juga : Indahnya Curug Ciherang Bogor

Lokasi Wisata Kampung Ciherang

Seperti yang sudah disinggung pada awal artikel ini, Wisata Kampoeng Ciherang berada di Provinsi Jawa Barat. Tepatnya, lokasi wana wisata ini berada di Cijambu, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45362. Jika ingin berwisata disini namun belum tahu jalannya, teman – teman dapat mengikuti rute menuju Wisata Kampung Ciherang yang diambil dari Google Maps berikut ini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Wisata Kampung Ciherang

Untuk memasuki kawasan Wisata Kampoeng Ciherang ini, setiap pengunjung akan dikenakan retribusi berupa tiket masuk.  Namun jangan khawatir, harga tiket masuknya relatif terjangkau kok. Untuk setiap pengunjung, akan dikenakan tiket masuk seharga Rp. 15.000,- untuk sekali masuk. Sedangkan untuk parkir kendaraan, untuk kendaraan roda 2 akan dikenakan tarif parkir Rp. 5.000,- Untuk kendaraan roda 4, tarif parkir yang ditetapkan adalah sebesar Rp. 10.000,-

Oh iya, perlu diketahui bahwa harga tiket masuk Wisata Kampung Ciherang tersebut belum termasuk harga sewa wahana yang ada di sini. Jadi, jika ingin bermain di wahana yang disediakan, pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket untuk menggunakan wahana tersebut.

Obyek Wisata Kampung Ciherang ini dibuka setiap hari untuk pengunjung umum. Adapun jam operasional tempat wisata ini adalah mulai dari pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB.

wisata kampung ciherang
instagram.com/padepokan.a3

baca juga : Mengunjungi Wisata Tebing Keraton di Bandung yang Unik

Nah, itulah sekilas mengenai Wisata Kampung Ciherang Sumedang. Menarik bukan? Namun kita tetap harus menjaga kelestarian alam. Caranya antara lain dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sudah banyak tempat wisata yang rusak gara – gara masalah sampah ini. Mari saatnya kita menjadi pemelihara lingkungan, bukan perusak lingkungan. Bagaimanapun juga lingkungan yang terpelihara akan berdampak baik bagi kita semua.

Cukup sekian artikel singkat dari masbei.com. Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung di masbei.com, jagalah lingkungan, salam Indonesia.