Wisata di Purbalingga yang Harus Kamu Kunjungi

Posted on

Wisata di Purbalingga yang Harus Kamu Kunjungi. Menghabiskan waktu untuk berlibur penting untuk dilakukan. Dengan berlibur, Anda bisa menghilangkan penat akan rutinitas harian serta menambah pengalaman ataupun kenalan baru.

Berlibur tidak harus menghabiskan banyak biaya. Tak perlu ke luar negeri, Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi kota-kota di Indonesia yang belum pernah Anda datangi sebelumnya.

Salah satunya bisa dengan mengunjungi kota tempat wisata di Purbalingga. Purbalingga merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Tengah. Letaknya berbatasan dengan Pemalang, Banyumas, dan Banjarnegara.

Purbalingga cukup terkenal dengan produksi industri. Beberapa industri rumahan seperti pembuatan bulu mata palsu serta knalpot kelas dunia bahkan berasal dari kota ini.

Mengunjungi kota Purbalingga bisa dilakukan dengan banyak cara. Beberapa di antaranya dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Namun, Anda juga bisa menggunakan kereta api untuk mencapai kota ini.

Meski tidak memiliki stasiun khusus, Anda bisa tetap menggunakan moda transportasi ini untuk menghemat waktu perjalanan menuju ke tempat wisata di Purbalingga. Beberapa stasiun kereta api dari Jakarta, Cilegon atau daerah pulau Jawa lainnya melayani perjalanan menuju Purwokerto. Dari Purwokerto Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Purbalingga dengan bus.

Tiket kereta api menuju Purwokerto bisa Anda beli langsung di loket stasiun asal, atau membelinya secara daring. Melalui layanan kerja sama yang telah dilakukan pihak PT KAI (Kereta Api Indonesia) dengan beberapa distributor tiket daring seperti Traveloka, Anda kini bisa mengakses pembelian tiket dari mana saja dan kapan saja.

Anda bisa pesan tiket kereta api di Traveloka (klik link ini) setidaknya tiga bulan sebelum keberangkatan. Dengan tersedianya jangka waktu pemesanan yang cukup jauh tersebut, Anda tentu akan lebih mudah menentukan saat yang tepat untuk memesan tiket.

baca juga :

Menjelajah Tempat Wisata Di Purwokerto Paling Indah

Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Agar waktu berlibur terasa memuaskan, sebaiknya gunakan minimal empat hari untuk menikmati kota Purbalingga. Anda bisa mengunjungi berbagai lokasi wisata yang cukup terkenal di kota ini sambil menikmati kuliner khas Kota Ngapak.

Tempat wisata di Purbalingga apa saja yang bisa Anda datangi saat berada di sini? Yuk, simak ulasan berikut ini:

1. Tempat wisata di Purbalingga, Gua Lorong Kereta

gua lorong kereta purbalingga
Guo Lorong Kereta – banyuwangi.merdeka.com

Melakukan wisata gua adalah hal yang biasa. Namun, menjadi tidak biasa jika Anda mengunjungi gua dengan bentuk yang unik dan berbeda dari gua kebanyakan.
Dengan mendatangi Gua Lorong Kereta, Anda bisa menemukan kondisi gua yang menyerupai lorong kereta. Gua ini memiliki banyak lorong sempit yang saling berhubungan layaknya sebuah lorong kereta.
Kedalaman gua ini mencapai 300 meter. Medan gua yang sulit membuat Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk bisa menjelajahi tempat ini secara maksimal.

2. Kampung Kurcaci

kampung kurcaci purbalingga
Kampung Kurcaci – rendyandriyanto.com

Jika Anda penasaran dengan rumah Hobbit maka ada baiknya untuk mengunjungi Kampung Kurcaci di Desa Serang. Tempat ini akan membawa Anda pada pemandangan layaknya pemukiman Hobbit.

Selain itu, Anda bisa menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas berkemah dan merasakan suasana alam yang menyejukkan di tempat ini. Anda juga bisa mengunjungi sekolah alam yang mengajarkan berbagai permainan tradisional atau sekadar membaca buku di perpustakaan yang tersedia di tempat ini.

3. Puncak Sedaren

puncak seraden purbalingga
Puncak Sedaren – imgrum.org

Jika Anda ingin melihat kota Purbalingga seutuhnya, sempatkanlah untuk mengunjungi Puncak Sedaren. Dari Puncak Sedaren, Anda bisa menyaksikan keindahan seluruh kota Purbalingga dari kejauhan.

Lokasi wisata yang terletak di Dusun Karang Gedang, Kecamatan Rembang ini memiliki tiga pos. Pos-pos tersebut harus Anda lalui untuk mencapai Puncak Sedaren. Jalan menuju lokasi ini sedikit mendaki meski tidak berbahaya.

Anda juga bisa mengabadikan gambar dari puncak pandang yang tersedia di lokasi ini. Jika tidak ingin berebutan dengan pengunjung lainnya, ada baiknya Anda mengunjungi tempat ini di luar akhir pekan.

baca juga : Wisata alam kalibiru di Jogja yang Indah

4. Tempat wisata di Purbalingga Museum Uang

wisata di purbalingga
Museum Uang – kompasiana.com

Meski memiliki wisata alam yang memukau, Purbalingga juga memiliki beberapa lokasi wisata non alam yang menarik. Salah satunya adalah Museum Uang yang terletak di Jalan Kutasari.

Anda bisa menemukan berbagai uang Indonesia sejak zaman dahulu hingga sekarang di tempat ini. Tak hanya uang Indonesia, Anda juga bisa melihat berbagai mata uang negara asing yang juga tersedia di sini.

5. Purbasari Pancuran Mas

wisata purbalingga
Purbasari Pancuran Mas – wisatawanalam.blogspot.co.id

Ingin melihat perpaduan wisata alam dan edukasi di kota ini? Tak ada salahnya jika Anda mengunjungi Purbasari Pancuran Mas. Lokasi tempat wisata di Purbalingga yang memiliki luas hingga 6 Hektare ini sengaja diciptakan dengan konsep yang berbeda.
Anda bisa menemukan Goa Akuarium dengan ratusan koleksi hewan laut layaknya sebuah arena Sea World saat tiba di tempat ini. Tak perlu membayar mahal, cukup sediakan uang Rp10 ribu untuk bisa menikmati setiap area wisata di Purbasari Pancuran Mas.
Itulah lima tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Purbalingga. Pastikan Anda telah memilih kereta api, sarana transportasi, dan penginapan sebelum mulai menjelajahi kota ini, ya!

Nah, jadi kapan Anda akan mulai merencanakan keberangkatan ke tempat wsiata di Purbalingga?