Wisata alam kalibiru Jogja yang Indah dan Instagramable

Posted on

Wisata alam kalibiru di Jogja yang Indah. Tentunya kita sudah tidak asing dengan Jogja yang merupakan salah satu tujuan wisata di Indonesia. Jogja memiliki daya Tarik wisata yang luar biasa dan beraneka ragam. Kita dapat berwisata alam, wisata kuliner, belanja, wisata edukasi, sejarah, dan yang lainnya di kota yang terkenal dengan makanan gudegnya ini.

Nah, pada artikel kali ini kita akan berbicara salah satu tempat wisata alam di Jogja  yang bernama Wisata Alam Kalibiru. Wisata Kalibiru Yogyakarta ini tergolong masih baru namun memiliki daya tarik yang luar biasa.

baca juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Daya Tarik Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo

Wisata alam Kalibiru Yogyakarta merupakan tempat wisata alam di Jogja yang berupa pegunungan. Di sini teman – teman dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dari ketinggian. Tentunya hal ini dapat menyejukkan pikiran kita.

Pada awalnya, tempat wisata alam di Jogja yang satu ini tidak dikenal luas. Hanya masyarakat sekitar saja yang mengetahuinya. Tidak aneh memang, karena mengingat lokasinya yang berada di pucuk dengan akses jalan yang cukup sempit membuat tempat ini tidak dikenal.

Dahulu pada umumnya para wisatawan hanya mengetahui tentang waduk Sermo yang lokasinya berada di bawah Kalibiru. Berkat kreatifitas dan semangat dari pengelola, Wisata Kalibiru Jogja menjadi booming. Salah satu sebebnya adalah adanya spot yang menarik untuk berfoto.

baca juga : Rumah Hobbit Merapi Jogja, Wisata Menarik dan Fotogenik

Wisata Kalibiru Yogyakarta yang Instagramable

Saat itu berfoto di gardu pandang dengan pemandangan hutan hanya bisa dilakukan di Kalibiru. Keunikan ini membuat kalibiru menjadi terkenal. Terlebih lagi dengan perkembangan media sosial saat ini yang begitu pesat, membuat foto – foto Kalibiru menjadi viral dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Seperti yang sudah saya tulis di atas, tempat ini juga menyediakan sarana berfoto yang sangat menarik dan tentunya juga instagramable. Spot foto yang paling populer disini adalah panggung / gardu pandang yang dibangun di atas pohon, dengan background Waduk Sermo yang dikelilingi oleh hamparan hijau pepohonan yang rimbun.

Namun jika teman – teman berkunjung pada saat hari libur dimana pengunjung sangat ramai, siap – siap untuk mengantri karena untuk berfoto dari gardu pandang ini hanya dapat dilakukan secara bergantian demi keselamatan para pengunjung. Selain itu, juga tersedia flying fox bagi teman – teman yang ingin merasakan sensasi meluncur dengan tali di atas pegungungan.

wisata alam kalibiru
Gardu pandang dengan background Waduk Sermo dan hijaunya pepohonan merupakan spot yang paling diburu oleh para pengunjung

Sarana dan prasarana di wisata alam Kalibiru Jogja ini sudah cukup baik. Terdapat area penjual makanan yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu kenyamanan para pengunjung.

Tersedia pula sarana ibadah bagi muslim serta kamar mandi. Selain itu, bagi teman – teman yang menginginkan untuk bermalam di sini, jangan khawatir, karena ada beberapa kamar yang bias disewa oleh pengunjung yang berada di areal tempat wisata ini.

wisata alam di jogja
Salah satu penginapan di Kalibiru yang dapat teman – teman sewa untuk bermalam

baca juga : Obyek Wisata Alam di Jogja yang Wajib Dikunjungi 2017

Lokasi Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta

Tempat wisata alam ini terletak di Kabupaten Kulon Progo. Jika dari Kota Jogja, wisata alam Kalibiru berjarak kurang lebih 40 kilometer sebelah barat. Tempat wisata alam di Jogja ini berada di pegunungan Menoreh, tepatnya tempat ini berada di atas Waduk Sermo, jadi jika bingung, teman – teman tinggal mengikuti plang arah ke Waduk Sermo.

Bagi teman – teman yang berencana menggunakan kendaraan sendiri, pastikan kendaraan teman – teman dalam keadaan prima. Jalan menuju wisata Kalibiru didominasi oleh tanjakan yang cukup curam dengan lebar jalan yang cukup sempit.

Jadi, kita dituntut hati – hati saat melewati jalan ini terutama bagi teman – teman yang menggunakan kendaraan roda 4 atau lebih.

Tempat parkir kendaraan roda 4 Kalibiru berjarak kurang lebih 800 meter dari obyek wisata dengan jalan yang cukup menanjak, bagi teman – teman yang tidak berani atau tidak kuat, terdapat jasa ojek yang siap mengantarkan kita dari lokasi parkir ke wisata alam Kalibiru. Berikut ini peta loaksi wisata alam kalibiru yang saya ambil dari koordinat GPS dari Google Maps.

Harga Tiket Masuk Kalibiru Yogyakarta

Untuk menikmati keindahan wisata alam Kalibiru ini kita tidak harus merogoh kantong dalam – dalam. Karena harga tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu Rp. 10.000,- per pengunjung, kita sudah dapat menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa. Untuk parkir kendaraan kita, kita dikenakan tarif Rp. 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda 4. Cukup terjangkau bukan?

Nah, itulah beberapa yang dapat saya tuliskan mengenai wisata alam Kalibiru yang menjadi salah satu tempat wisata yang popular terutama di media sosial Instagram. Demikian artikel ini, semoga dapat menyadarkan kita bahwa berwisata tidak harus ke luar negeri, selain lebih hemat, potensi wisata yang ada di Indonesia sangatlah besar dan indah untuk dikunjungi.

Terima kasih telah berkunjung di masbei.com. Sekian, semoga artikel singkat ini bermanfaat, salam Indonesia.