Wisata Alam Jakarta : Kepulauan Seribu dibalik Gemerlapnya Jakarta

Posted on

Tidak seperti saat membicarakan Jogja, Malang, atau Bandung yang identik dengan wisatanya, kebanyakan masyarakat di Indonesia ketika berbicara tentang Jakarta pastilah yang mereka katakan adalah modern, macet, dan banjir.

Anda pun pasti setuju jika  Jakarta dikatatakan kota yang sesak, panas, dan tidak tenang. Tapi jangan salah, jika kita menelusuri daerah Jakarta terutama didaerah utara terdapat sebuah sebuah gugusan kepulauan yang menjadi wisata alam Jakarta.

Kepulauan yang sebelum tahun 1999 termasuk kedalam wilayah administrasi Kota Madya Jakarta Utara ini disebut dengan Kepulauan Seribu. Sesuai dengan UU No 34 tahun 1999 pasal 32, Kecamatan Kepulauan Seribu ditingkatkan statusnya menjadi Kabupaten Administratif. Sebagai implementasi UU tersebut, pada tahun 2001 dikeluarkan Peraturan Pemerintah nomor 55 yang berisi tentang pembentukan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Pada tahun 2003 Pulau Pramuka ditetapkan menjadi pusat dari pemerintahan di kabupaten ini. Terdapat pembagian dua wilayah di Kabupaten Kepulauan Seribu ini yaitu kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Jumlah penduduk di Kepulauan Seribu ini kurang lebih 20.000 jiwa yang tersebar di pulau-pulau kecil. Salah satunya adalah pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Pramuka, dan masih banyak pulau-pulau yang lain.

Salah satu resort di Kabupaten Kepulauan Seribu yang siap untuk menyambut kedatangan para wisatawan

Wisata Alam Jakarta : Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu

Yang unik dari kabupaten ini terdapat zona konservasi yang bernama Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Dilihat dari bentuk geografisnya terdapat 105 buah pulau-pulau, walaupun jumlah daratannya lebih sedikit dibandingkan dengan perairannya namun pendidikan di kepulauan ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ini dilihat dari banyaknya sekolah-sekolah yang dibangun di kawasan ini.

Mayoritas penduduk Kabupaten yang memiliki wisata alam Jakarta ini bergelut dalam sektor perikanan, tetapi ini pun biasanya masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Hal ini dikarenakan banyaknya kapal-kapal nelayan yang terlalu banyak beroperasi di daerah tersebut sehingga membuat para penduduk semakin kesulitan dalam persaingan. Untuk menambal kekurangan ini para penduduk biasanya menyediakan penginapan sederhana untuk para wisatawan yang berkunjung ke kepulauan tersebut.

Jadi, bagi teman – teman yang ingin berkunjung ke objek wisata di Jakarta ini tidak perlu khawatir tentang penginapan.

wisata alam jakarta
Kabupaten Kepulauan Seribu merupakan objek wisata alam di Jakarta yang terletak di lepas pantai untara Jakarta.

Daya Tarik Keindahan Kepulauan Seribu

Tak heran jika Wisatawan yang datang tidaklah sedikit karena tertarik oleh magnet keindahan wisata alam Jakarta yang tersaji di gugusan pulau-pulau yang berjajar rapih ini. Mulai dari Masyarakat lokal, hingga turis-turis asing banyak yang menggunakan waktu luangnya untuk berlibur di pulau yang unik nan indah ini. Bisa dibilang kawasan Kepulauan Seribu ini merupakan pengobat dari ramainya kota Jakarta.

Udaranya yang sejuk, tenang, bagaikan jauh dari bisingnya ibu kota. Tentunya hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri. Khususnya bagi warga Jakarta yang terkenal haus akan wisata mengingat tingkat stress yang sangat tinggi jika hidup di Jakarta. Akan sangat disayangkan jika Taman Nasional ini tidak dikelola dengan baik. Terlebih lagi jika Kepulauan ini menjadi kumuh, tentunya sangat disayangkan.

Mari kita lestarikan Indonesia dengan memulainya dari hal – hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan, merusak alam, merusak fasilitas umum, dan sebagainya. Demikian artikel wisata alam di Jakarta ini, semoga bermanfaat, terima kasih.

kepulauan seribu
Kepulauan Seribu merupakan salah satu tujuan wisata di Jakarta yang indah untuk dikunjungi

Sya rasa cukup sekian artikel mengenai Kepulauan Seribu yang merupakan salah satu wisata alam Jakarta. Semoga bermanfaat. Salam Indonesia.