Umbul Ponggok Klaten, Wisata Bawah Air yang Unik dan Menarik

Posted on

Umbul Ponggok Klaten, Wisata Bawah Air yang Unik dan Menarik. Teman – teman pemburu foto unik dan menarik? Mungkin teman – teman harus berkunjung ke tempat wisata hits di Klaten ini.

Ada apa di Klaten? Yak, di sini terdapat sebuah tempat wisata yang lain daripada yang lain. Tempat ini sangat cocok bagi teman – teman yang hobi berfoto dan diunggah ke sosial media. Jika teman – teman berfoto di tempat wisata ini, hasilnya pasti unik. Mengapa? Berikut artikel singkat dari masbei.com tentang Umbul Ponggok Klaten, Jawa Tengah.

Keunikan Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

umbul ponggok klaten
instagram.com/klaten_24jam

“Umbul” merupakan istilah Bahasa Jawa yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti sumber mata air. Memang Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah sumber mata air alami. Sumber mata air ini kemudian membentuk kolam alami dengan ukuran 50×25 meter. Karena airnya langsung dari mata air, maka air kolam ini sangat sejuk dan jernih.

Umbul ini sudah dikenal dari zaman penjajahan Belanda. Jadi, sebenarnya kolam alami yang memiliki kedalaman antara 1,5 hingga 2,6 meter ini bukanlah tempat wisata yang baru. Namun demikian, memang tempat wisata air ini ditata dan dipromosikan kembali agar lebih menarik pengunjung untuk datang dan berwisata disini. Penataan ini tentunya dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan zaman pada saat ini.

Saat ini, trend berbagi fotoo di sosial media sangat marak di berbagai kalangan masyarakat. Umbul Ponggok Klaten memanfaatkan fenomena ini. Tempat ini disulap menjadi spot berfoto yang sangat menarik. Keunikan yang ditawarkan adalah, pengunjung dapat berfoto dengan properti yang dimasukkan ke dalam kolam.

umbul ponggok jawa tengah
instagram.com/ricoanggi

Properti yang disediakanpun juga bermacam – macam. Mulai dari kendaraan hingga tenda untuk berkemah dapat dijadikan properti berfoto bawah air di tempat wisata ini.

Tentunya untuk dapat berfoto di bawah air, kita membutuhkan kamera yang tahan air di kedalaman atau yang dikenal dengan kamera underwater. Bagi yang tidak memiliki kamera underwater, jangan khawatir, pihak pengelola Umbul Ponggok menyediakan persewaan kamera underwater.

Selain sebagai tempat berfoto, tentunya Umbuk Ponggok Klaten ini juga merupakan tempat bermain air. Selain itu, tidak jarang pengunjung berlatih menyelam / diving disini, karena memang lokasinya yang cukup ideal untuk berlatih diving.

baca juga : Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi Jogja

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten

ikan umbul ponggok
instagram.com/jajang_farid

Untuk dapat memasuki Umbul Ponggok Klaten yang unik dan menarik ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Harga tiket masuknya hanya Rp. 15.000,- saja untuk setiap pengunjung. Cukup terjangkau bukan?

Namun, bagi teman – teman yang akan melakukan kegiatan fotografi bawah air, akan dikenakan biaya sewa untuk menggunakan properti / peralatan yang memang disediakan untuk disewa. Adapun daftar harga sewanya adalah sebagai berikut :

  • Sewa Paket Kamera Underwater untuk durasi  ½ jam, maksimal 4 orang, Rp. 60.000,-.
  • Paket Kamera Underwater untuk durasi 1 jam, maksimal 7 orang Rp. 100.000,-
  • Harga Paket Power Dive ( walker ), sudah termasuk dokumentasi ( hanya foto) Rp. 150.000
  • Paket Power Dive ( walker ), sudah termasuk dokumentasi ( foto & video)Rp. 200.000,-
  • Persewaan Paket Diving, sudah termasuk dokumentasi, tabung oksigen, kaki katak, swim suit & googles, bimbingan sebelum menyelam Rp. 250.000,-
  • Paket Prewedding Standar, waktu pemotretan 1 hari, 3 crew fotografer, biaya sewa tempat pemotretan, dokumentasi Rp. 2.000.000,-
  • Paket Prewedding Full, waktu pemotretan 1 hari, 3 crew fotografer, 1 orang make up artis, wardrobe – ukuran kostum memakai ukuran umum, biaya sewa tempat pemotretan, dokumentasi disimpan dalam CD dan dicetak Rp. 3.000.000,-
  • Persewaan Locker/unit Rp. 3.000,-
  • Sewa pelampung/unit Rp. 7.000,-
  • Alat kaki katak/unit Rp. 7.000,-
  • Persewaan Alat masker snorkel/unit Rp. 13.000,-
  • Sewa Properti Foto – sepeda Rp. 30.000,-
  • Persewaan Properti Foto – TV/Laptop/set taman Rp. 60.000,-
  • Sewa Properti Foto – jet sky/ayunan double Rp. 150.000,-
  • Persewaan Properti Foto – tenda & set kursi Rp. 100.000,-
  • Properti Foto – becak/motor/set love/ayunan Rp. 100.000,-
  • Sewa tempat untuk sesi pemotretan preweddingRp. 300.000

Harga sewa di atas dapat berubah sewaktu – waktu.

Lokasi Umbul Ponggok Klaten

Sesuai dengan namanya, Umbul Ponggok Klaten berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Adapun alamat lengkapnya adalah : Jl. Delanggu- Polanharjo, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474.

Tempat wisata ini beroperasi setiap hari. Adapun jam bukanya adalah mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

 Bagi teman – teman yang akan berkunjung ke tempat wisata ini, teman – teman dapat mengikuti koordinat GPS Umbul Ponggok yang saya ambil dari Google Maps berikut ini :

baca juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Bagaimana? Menarik bukan? Jadi jika sedang liburan di kawasan Jogja – Solo, jangan lupa untuk mampir di Umbul Ponggok Klaten ini. Karena memang lokasinya berada diantara Jogja dan Solo.

Saya rasa cukup sekian artikel kali ini mengenai Umbul Ponggok Klaten. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih sudah berkunjung di masbei.com, Salam Indonesia.