Tradisi Adu Betis Lewat Permainan Malanca Di Bone

Posted on
Segenap keunikan tradisi budaya serta adat-istiadat menjadikan negara Indonesia  adalah salah satu negara yang kaya akan budaya hingga dapat dikatakan jika negara Indonesia merupakan suatu negara yang tidak pernah habis adat istiadatnya.  Ada banyak masyarakat Indonesia di berbagai macam daerah yang memiliki tradisi, budaya serta adat istiadat yang berbeda-beda dan saat hal ini dijadikan suatu kesatuan yang utuh akan membuat negara Indonesia selalu diwarnai dengan  berbagai macam tradisi yang sangat unik dan menarik.  Dengan begitu selain menjadi daya tarik akan keistimewaan alamnya, negara Indonesia juga menjadi menarik akan kebudayaan dan kesenian tradisional nya. Salah satunya tradisi adu betis di Bone.

Tradisi adu betis untuk merayakan panen

Berbagai macam tradisi yang telah dilakukan oleh masyarakat di Indonesia tidak hanya memiliki tujuan untuk merayakan panen padi ataupun untuk menyambut bulan suci Ramadhan, akan tetapi hampir diseluruh daerah nusantara memiliki aneka tradisi yang sangatlah berbeda-beda dan memiliki makna serta tujuan yang berbeda dengan karakteristik masing-masing.  Salah satu tradisi yang hingga kini masih sangat dilestarikan dan dijaga dengan baik adalah tradisi Malanca. Suatu tradisi adu betis yang dilakukan oleh masyarakat Bone Sulawesi Selatan ini telah menjadi salah satu tradisi yang menghidupkan negara Indonesia dimata dunia.
tradisi adu betis
Adu betis yang dikenal dengan nama Malanca, merupakan salah satu tradisi masyarakat Bone, SUlawesi Selatan
Maka dari itu untuk melestarikan kesenian dan tradisi budaya yang ada di negara kita haruslah bisa kita pahami terlebih dahulu dan sama seperti halnya dengan tradisi yang satu ini, saat anda ingin mengenal lebih dalam tentang tradisi di Indonesia Anda pun juga bisa mengenal terlebih dahulu terlebih dahulu tradisi yang ada di Bone Sulawesi Selatan ini.

Tradisi adu betis menjadi hiburan bagi masyarakat Bone

Masyarakat Bone Sulawesi Selatan seringkali menjadikan permainan Malanca menjadi suatu hiburan yang paling besar,  adu betis yang menjadi suatu permainan saat mengadakan tradisi malanca di Bone memiliki tujuan sebagai arti untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan panen mereka yang melimpah ruah dan sebagai cara untuk menyambung hidupnya. Diwaktu ini para ibu-ibu akan membawa hidangan ke area permainan dan hidangan
tersebut akan diberikan doa yang memiliki tujuan sebagai suatu Kesyukuran atas karunia Yang Maha Esa.
Permainan adu betis diawali dengan para peserta yang membentuk sebuah lingkaran di tengah area,  ditengah area tersebut akan diadakan pertandingan 2 orang yang mengadu betisnya dan karena pertandingan adalah satu tim maka mereka semua pada timnya akan bertanding dan memiliki tugas masing-masing. Dan di sini seorang pemain akan membentuk kaki dengan kuda-kuda kuat agar bisa menahan rasa sakit dan memperoleh kemenangan.
tradisi adu betis malaca
Tradisi Malaca dilaksanakan di areal persawahan yang telah dipanen
Permainan yang berasal dari Bone Sulawesi Selatan ini sering terbilang menjadi salah satu permainan ekstrim karena tidak sedikit dari para pemain yang beradu betis akan mengalami keseleo ataupun cidera, akan tetapi walaupun seperti itu para pemain dari ada disini selalu memiliki semangat yang tinggi untuk terciptanya suatu tradisi unik yang ada di daerahnya.  Selain itu walaupun pertandingan ini ekstrim akan tetapi pertandingan ini akan menjadi suatu hiburan tersendiri bagi masyarakat Bone Sulawesi Selatan.
Tradisi masyarakat Bone Sulawesi Selatan ini dilakukan selama 4 jam yaitu siang hingga sore hari menjelang waktu panen.  Dan hingga saat ini pun tradisi yang satu ini masih sangat dilestarikan pada masyarakat Bone Sulawesi Selatan dan bagi anda pun juga perlu melestarikan aneka tradisi dan budaya yang ada di daerah anda.
tradisi indonesia
Tradisi ini dilaksanakan mulai dari siang hingga sore hari

 

Demikian artikel kami mengenai Tradisi Adu Betis Lewat Permainan Malanca Di Bone. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.