Tempat wisata murah di Jogja yang layak dikunjungi

Posted on

Tempat wisata murah di Jogja yang layak dikunjungi. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau yang lebih dikenal dengan Jogja merupakan salah satu tempat di Indonesia yang memiliki beranekaragam tempat wisata. Mulai dari wisata alam hingga tempat- tempat sejarah dapat teman – teman kunjungi. Mungkin bagi sebagian dari kita sangat mempertimbangkan budgeting atau anggaran dana pada saat berlibur. Nah, teman- teman tidak perlu khawatir karena terdapat begitu banyak tempat wisata murah di Jogja . Dimana saja itu? Berikut ini Mas Bei mencoba menyusun daftar tempat wisata murah di Jogja yang layak untuk dikunjungi. Untuk lebih memudahkan teman- teman, saya membagi sesuai dengan jenis obyek wisatanya serta lokasinya. Semoga dapat membantu teman – teman.

Daftar tempat wisata murah di Jogja berupa wisata alam

Obyek wisata alam di Kabupaten Kulon Progo

1.   Tempat wisata murah di Jogja Pantai Congot
Pantai Congot merupakan salah satu obyek wisata murah di Jogja. Pantai ini terletak di pesisir barat Kabupaten Kulon Progo. Lebih tepatnya di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Pantai ini menjadi ujung dari Sungai Bogowonto.
2.   Tempat wisata murah di Jogja Pantai Glagah
Tempat wisata lainnya yang berada di Kabupaten Kulon Progo adalah Pantai Glagah. Di pantai ini, kita dapat menikmati sensasi naik kapal di laguna. Selain itu, daya tarik lainnya adalah pemecah ombak yang dipasang pada bibir pantai ini.
3.   Tempat wisata murah di Jogja Pantai Trisik
Pantai Trisik terletak di bagian timur dari Kabupaten Kulon Progo. Di pantai ini, kita dapat menyaksikan aktivitas penduduk sekitar yang berprofesi sebagai nelayan.
4.   Tempat wisata murah di Jogja Waduk Sermo
Waduk Sermo berada di sebelah utara dari Kabupaten Kulon Progo. Di sini kita akan disajikan pemandangan yang asri, karena salah satu tempat wisata murah di Jogja ini dikelilingi oleh hutan dengan tanaman yang menjulang tinggi. Tempat ini cocok bagi teman- teman yang ingin mendamaikan pikiran, karena obyek wisata ini juga jauh dari hiruk pikuk kendaraan.
5.   Tempat wisata murah di Jogja Kalibiru
Kalibiru berada tidak jauh dari Waduk Sermo. Tepatnya Kalibiru berada di atas sebelah timur dari Waduk Sermo. Apa yang bisa kita nikmati disini? Daya tarik utama dari obyek wisata murah di Jogja ini adalah panggung kayu yang berada pada sebuah pohon dimana pengunjung dapat berfoto dari sini. Mengapa menarik? Karena tempat ini berada di atas Waduk Sermo dan hutan di sekitarnya, maka kita dapat melihat pemandangan tersebut dari sini, serta menjadikan pemandangan tersebut menjadi latar belakang foto – foto kita di lokasi ini, Mas Bei paham kok gelora foto selfie teman – teman, hehehehe.
6· Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun Kedung pedut menawarkan panorama alam yang sangat indah. Air terjun yang dikelilingi oleh kolam – kolam yang terbentuk secara alami membuat tempat wisata ini menarik untuk dikunjungi. Terlebih lagi dengan keunikan air yang berwarna hijau tosca membuat air terjun ini menjadi lebih menawan.

Baca selengkapnya : Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Indah di Kulon Progo

Obyek wisata alam di Kabupaten Sleman

1.  Tempat Wisata Murah di Jogja, Kaliurang
Kaliurang merupakan salah satu tempat wisata murah di Jogja yang terletak di kaki Gunung Merapi. Di sini, kita dapat menikmati keindahan alam di kaki Gunung Merapi dan juga sejuknya udara di kaki gunung. Untuk menuju tempat yang memiliki makanan khas jadah tempe ini sangat mudah, karena sudah tersedia angkutan umum menuju ke Kaliurang.
2.   Gunung Merapi
Nah, ini bertempat di atas Kaliurang. Semenjak erupsi yang terakhir yang menewaskan Mbah Marijan sang juru kunci, wisata ke gunung ini menjadi semakin semarak. Saat ini banyak persewaan paket tour dengan kendaraan jip untuk menyusuri bekas – bekas erupsi gunung berapi ini.
3.  Tebing Breksi
Tebing Breksi merupakan salah satu tempat wisata murah di Jogja yang baru. Sebenarnya, tempat ini adalah bekas penambangan batu alam yang meninggalkan sebuah tebing yang indah. Dari puncak tebing yang terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY ini, kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan Kota Jogja dan sekitarnya dari ketinggian.
4.   Lava Bantal
Lava Bantal merupakan sobyek wisata yang terletak di Berbah Sleman. Disini kita dapat menyaksikan bongkahan- bongkahan batu yang berbentuk seperti bantal (inilah alasan dinamakan Lava Bantal). Tempat wisata murah di Jogja yang berada di pinggiran Sungai Opak ini diyakini terbentuk dari lava yang bersumber dari gunung api purba Nglanggeran. Jadi batuan lava ini terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Obyek wisata alam di Kabupaten Bantul

1.  Pantai Parangtritis

Tentu teman- teman sudah tidak asing dengan pantai yang satu ini. Ya, sebelum pantai – pantai di Kabupaten Gunung Kidul dibuka sebagai obyek wisata, berwisata ke Jogja hampir selalu identik dengan Keraton dan Parangtritis. Pantai ini berada di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Untuk menuju ke salah satu tempat wisata murah di Jogja ini, teman – teman dapat menggunakan angkutan umum jurusan Parangtritis yang gampang kita temui di terminal Giwangan atau di Jalan Parangtritis.

2.  Tempat Wisata Murah di Jogja, Gumuk Pasir Parangtritis

Gumuk pasir berada di kawasan Parangtritis. Jadi, jika teman- teman ke Pantai Parangtritis, maka sempatkanlah untuk mampir di tempat yang luar biasa ini. Mengapa luar biasa? karena disinlah teman – teman dapat merasakan sensasi berada di gurun tanpa harus ke Timur Tengah, hehehhee. Selain itu, teman- teman juga dapat bermain sand boarding di sini.

3.   Pantai Goa Cemara

Goa Cemara? mungkin bagi sebagian kita akan membayangkan sebuah pantai yang memiliki goa. Bukan, di pantai ini sama sekali tidak ada goa. Terus maksudnya goa cemara? yang dimaksud adalah, di sepanjang pantai yang berada di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul ini, oleh penduduk sekitar ditanami dengan cemara udang. Nah barisan pohon cemara udang ini membentuk lorong yang mirip dengan goa, nah disebutlah pantai ini dengan sebutan Pantai Goa Cemara, yang tentu saja daya tarik utamanya adalah rimbunnya pepohonan cemara di tepi pantai.

tempat wisata murah di jogja
Salah satu lokasi selfie di Pantai Goa Cemara,

Baca selengkapnya : Pantai Gua Cemara, menikmati indahnya pantai yang rimbun

4.   Hutan Pinus Mangunan
hutan pinus mangunan
Panggung terbuka di Hutan Pinus Mangunan

Sesuai namanya, disini adalah hutan yang ditanami pohon pinus oleh penduduk sekitar, istilahnya mungkin hutan rakyat, hehehe. Lokasi hutan pinus berada di sebelah selatan Kota Yogyakarta, lebih tepatnya di Kecamatan Imogiri. Disini kita dapat menikmati suasana hutan yang asri, dan tentu saja lokasi ini sangat cocok untuk foto-foto. Bahkan banyak fotografer yang melakukan sesi foto dengan model atau prewedding di tempat wisata ini.

Berikut ini video hutan Pinus Mangunan

5.  Tempat Wisata Murah di Jogja,  Kebun Buah Mangunan
Kebun buah ini berada tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Salah satu tempat wisata murah di jogja ini menyajikan pemandangan yang aduhai. Pemandangan hutan yang hijau dibelah oleh aliran sungai sangat menyejukkan hati. Kadang juga kabut turun menutupi sungai, dan membuat pengunjung yang berada di ketinggian serasa sedang berada di negeri di atas awan, hehehe. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang sangat bagus untuk kegiatan fotografi.
6. Tebing Watu Mabur
Tempat wisata ini lokasinya tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di sini pera pengunjung dapat menikmati indahnya sunrise di pagi hari dan juga hijaunya pemandangan di sekitar Dlingo.
tempat wisata murah di jogja
Tebing Watu Mabur berada di Dlingo, di sini para penunjung dapat menyeksikan keindahan alam Kabupaten bantul

Baca selengkapnya : Rute Lokasi Tebing Watu Mabur, Bantul Jogja

7.   Pesona Pengklik Pantai Samas
Obyek wisata ini berada di sebelah timur Pantau Gua Cemara. Di sini teman – teman dapat bersantai menikmati indahnya pemandangan dari rumah – rumah apung yang tersedia di tempat wisata yang tergolong masih baru ini. Selain itu, teman – teman juga dapat naik kapal mengelilingi laguna hanya dengan membayar Rp. 10.000,- Murah bukan? makannya sempatkan mampir ke obyek wisata yang terletak di Desa Srigading ini.
tempat wisata murah di jogja
Pesona Pengklik Pantai Samas merupakan salah satu wisata baru di Jogja

 Obyek wisata alam di Kabupaten Gunung Kidul

1.    Bukit Bintang
Ingin melihat keindahan Jogja di malam hari? nah Bukit Bintang adalah tempat yang tepat. Tempat ini berada di perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul. Dari tempat ini kita dapat melihat indahnya kelap kelip lampu Jogja dan sekitarnya di malam hari yang seperti bintang. Tempat ini merupakan tempat wisata murah di Jogja karena kita hanya perlu mengeluarkan uang untuk parkir dan membeli makanan (jika mau).
2.    Goa Pindul
Goa Pindul adalah sebuah goa yang berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Didalam goa ini, terdapat sungai bawah tanah. Di sungai bawah tanah ini para wisatawan dapat menyusuri goa dengan menggunakan ban sebagai pelampung, atau yang populer dikenal dengan istilah cave tubing.
3.    Gunung Api Purba Nglanggeran
Siapa sangka jika di wilayah Jogja terdapat gunung api yang lebih tua dari Gunung Merapi. Gunung Api Purba Nglanggeran ini merupakan salah satu tempat wisata murah di Jogja. Gunung ini terbentuk sekitar 60 juta tahun yang lalu, hmmm, ada yang sudah lahir? hehehe.
4.    Embung Batara Sriten
Embung adalah telaga buatan yang berfungsi sebagai penampung air hujan untuk kemudian digunakan sebagai irigasi pertanian. Nah karena fungsinya tersebut, maka embung dibangun di ketinggian. Nah, Embung Batara Sriten ini merupakan embung tertinggi di Kabupaten Gunung Kidul. Dari sini, kita dapat menyaksikan sunset dan sunrise tanpa terhalang.
5.    Pantai Krakal
Obyek wisata Pantai Krakal adalah salah satu pantai di kawasan Gunung Kidul yang sudah lama dibuka sebagai obyek wisata di Jogja. Wisata Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih, karena pantai ini berada di tebing batuan kapur. Selain itu pantai ini memiliki gugusan karang yang pada saat surut kita bisa bermain disekita karang tersebut.

Daftar Tempat Wisata Murah di Jogja berupa obyek wisata sejarah

Obyek wisata sejarah di Kabupaten Sleman

1.   Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu candi terbesar di Indonesia. Wisata candi ini berada tepat di perbatasan Jogja dan Jawa Tengah. Cukup unik memang, karena bangunan candi berada di wilayah Jogja, sedangkan pintu masuk dan halaman parkir berada di wilayah Klaten Jawa Tengah. Untuk menuju obyek wisata ini sangat mudah, karena berada di tepi jalur utama Joga – Solo.

2.   Tempat Wisata Murah di Jogja, Candi Ijo

Situs Candi Ijo merupakan candi tertinggi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi candi ini berada di sebelah selatan dari Candi Prambanan. Wisata Candi ini terkenal dengan sunsetnya yang sangat menawan. Candi Ijo ini merupakan salah satu tempat wisata murah di Jogja , karena untuk masuk ke areal candi, kita tidak dipungut biaya, cukup membayar parkir kendaraan saja. Nah, artikel lebih lengkapnya dapat teman – teman baca di artikel berburu sunset di Candi Ijo.

Tempat wisata murah di jogja
Kompleks percandian Candi Ijo
3.   Candi Abang

Candi Abang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah Candi Merah. Disebut Candi Abang atau Candi Merah karena bangunan candi ini dibuat dari batu bata yang berwarna merah. Candi ini berada di wilayah Berbah, Kabupaten Sleman, atau sebelah selatan Candi Ijo. Untuk memasuki tempat wisata murah di Jogja ini, pengunjung tidak dikenakan retribusi tiket masuk.

4.   Wisata Candi Barong

Situs Candi Barong merupakan salah satu candi dengan corak Hindu yang terletak di sebelah tenggara kompleks Keraton Ratu Boko. Obyek wisata berupa candi ini memiliki pemandangan yang cukup bagus karena terletak pada lingkungan yang asri di perbukitan. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke- 9 – abad ke-10.

5.   Keraton Ratu Boko

Banyak yang mengira situs ini adalah sebuah candi. Namun dari pendapat para ahli arkeologi, disebutkan bahwa situs Boko ini adalah kompleks istana, karena memiliki struktur pertahanan dan terdapat sisa- sisa pemukiman. Terlepas dari itu, obyek wisata yang terletak di sebelah selatan Candi Prambanan ini sangat Mas Bei rekomendasikan bagi teman- teman pecinta sunset. Karena kompleks Keraton Ratu Boko ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunset di langit Jogja.

Obyek wisata sejarah di Kotamadya Jogjakarta

1.   Keraton Yogyakarta

Yup, pasti teman- teman tahu kalau berwisata ke Jogja itu identik dengan keraton. Ya, Keraton Yogyakarta adalah ikon utama Jogja. Keraton berada di ujung jalan Malioboro. Walaupun sebagai obyek wisata yang ikonik, namun Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat termasuk dalam kategori tempat wisata murah di Jogja. So jika berkunjung ke Jogja, wajib hukumnya untuk mampir ke Keraton Jogja.

2.   Museum Kereta

Museum kereta adalah tempat selanjutnya yang dapat teman- teman kunjungi setelah Keraton Ngayogyakarta. Di sini teman- teman dapat melihat koleksi kereta kuda yang dimiliki oleh Keraton Jogja. Ada berbagai macam kereta yang disimpan di sini, dan setiap kereta mempunyai nama masing- masing, serta fungsi yang berlainan. Oh iya, Museum Kereta Jogja ini terletak di sebelah Barat Keraton Jogja.

3.   Tamansari

Tamansari merupakan kompleks pemandian yang dimiliki oleh Keraton Ngayogyakarta. Pemandian kerajaan ini berada di belakang atau di sebelah selatan Keraton Ngayogyakarta. Namun jangan dibayangkan kita bisa main air layaknya di pemandian umum di sini, karena bangunan ini sudah tidak difungsikan sebagai pemandian, hanya sebagai obyek wisata sejarah. Namun tenang, teman- teman masih dapat berfoto ria di sini, karena memang bangunannya yang artistik akan mengundang gairah berfoto kita, hehehe.

4.   Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah salah satu bangunan peninggalan Belanda yang terletak di Jl. Malioboro, atau lebih tepatnya di depan Gedung Agung. Benteng ini dibangun oleh Belanda di dekat Keraton Ngayogyakarta karena khawatir Keraton Jogja sewaktu – waktu memusuhi Belanda. Saat ini bangunan pertahanan ini difungsikan sebagai obyek wisata museum yang termasuk dalam kelompok tempat wisata murah di Jogja.

5.   Monumen Serangan Umum Satu Maret

Monumen ini berada tepat di titik 0 km Kota Yogyakarta. Jika bingung, monumen ini berada tepat di ujung selatan Jl. Malioboro, atau di selatan dari Benteng Vrederburg. Di sini sering menjadi tempat berkumpulnya aneka komunitas untuk sekedar nongkrong atau unjuk kebolehan. Tempat wisata ini bukan hanya obyek wisata murah di Jogja, tapi tidak dipungut tiket masuk alias gratis, so, sempatkan mampir jika teman- teman berada di Jogja.

6.   Tugu Pal Putih

Mungkin teman- teman asing mendengar namanya, ya karena sekarang tugu ini lazim dijuluki “Tugu Jogja” karena memang tugu ini sebagai simbol dari Jogja. Tugu berwarna putih ini (oleh karena itu disebut Pal Putih) ini berada tepat di persimpangan jalan Jl. P. Mangkubumi / Margo Utomo, Jl. Sudirman, dan Jl. AM Sangaji. Uniknya, jika ditarik garis lurus, maka antara Gunung Merapi, Pal Putih, Keraton, dan Parangtritis berada pada satu garis lurus.

Obyek wisata sejarah di Kabupaten Bantul

Tahu Pangeran Diponegoro kan? ya, Pangeran Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia. Nah, Goa Selarong ini adalah tempat Pangeran Diponegoro bersembunyi untuk mengatur strategi pada saat Perang Diponegoro. Terlepas dari itu, tempat wisata sejarah ini menyajikan pemandangan yang asri dan indah. Oh iya, tempat wisata murah di Jogja ini berada di Desa Selarong, Kabupaten Bantul.

tempat wisata murah di jogja
Patung Pangeran Diponegoro yang berada di kompleks Goa Selarong

Baca juga : Tempat Wisata di Jogya Gua Selarong, Markas Diponegoro

2.  Makam Raja –Raja imogiri

Seperti namanya, makam ini dikhususkan bagi anggota keluarga kerajaan Mataram, hingga sekarang menjadi Keraton Kasunanan Ngayogyakarta. Makam ini dibangun di atas ketinggian. Untuk mencapai makam, kita harus melewati ratusan anak tangga yang cukup curam. Tidak kurang dari 400 anak tangga yang harus didaki (tepatnya 409 anak tangga), uniknya jika kita menaiki tangga bersama teman kita dan menghitung jumlah anak tangga, maka sangat sedikit yang bisa menghitung dengan tepat jumlah anak tangga. Mitosnya sih jika berhasil menghitung, maka keinginan kita akan terkabul.

3.  Parangkusumo

Parangkusumo merupakan salah satu tempat wisata murah di Jogja yang berada di Pantai Parang Tritis. Konon katanya disinilah tempat bertemunya Raja Jogja dengan penguasa laut selatan. Oleh karena itu, seringkali dari keraton mengadakan ritual labuhan dari tempat ini.

Daftar obyek wisata belanja Jogja

1.     Pasar Beringharjo dan Malioboro
Beringharjo dan Malioboro merupakan tempat yang tidak terpisahkan, karena Pasar Beringharjo terletak di Jalan Malioboro, atau tepatnya di sebelah utara dari Keraton Ngayogyakarta. Kedua tempat ini merupakan lokasi untuk berburu oleh-oleh khas Jogja. Di Pasar Beringharjo, kita dapat menemui berbagai macam barang, mulai dari rempah-rempah, kerajinan, hingga barang- barang antik bisa kita temui disini. Sedangkan di sepanjang jalan Malioboro, kita dapat menemui berbagai macam cinderamata khas Jogja, seperti kaos, gantungan kunci, dan sebagainya. Jika teman – teman berbelanja di sini, satu hal yang perlu teman- teman ingat dan lakukan yaitu menawar. Mengapa? karena biasanya harga yang ditawarkan relatif lebih tinggi dari yang seharusnya.
2.    Sentra gerabah Kasongan
Ingin mencari hiasan untuk dipajang di rumah? Kasongan mungkin dapat teman- teman jadikan referensi. Disini terdapat berbagai macam kerajinan dengan berbagai ukuran. Mayoritas kerajina- kerajinan tersebut terbuat dari tanah liat alias gerabah. Jika teman- teman berbelanja tapi bingung mengangkutnya, jangan khawatir, beberapa pedagang bersedia mengantarkan belanjaan anda, bahkan ke luat kota (dengan ekspedisi tentunya, hehehe).
3.    Sentra kerajinan batik Gesikan
Selain dikenal sebagai kota wisata, Daerah Istimewa Yogyakarta juga dikenal dengan batik. Nah, salah satu sentra batik di Jogja adalah Desa Gesikan, Wijirejo, Pandak, Kabupaten Bantul. Disini teman- teman dapat menemukan berbagai batik dengan motif khas Jogja. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.
4.    Sentra kerajinan kulit Manding
Manding adalah sebuah daerah yang berada di jl. Parangtritis, Kabupaten Bantul. Disini merupakan pusatnya kerajinan kulit di Yogyakarta. Terdapat berbagai macam kerajinan kulit yang ditawarkan, mulai dari dompet hingga jaket kulit.
5.     Sentra kerajinan perak Kotagede
Kotegede merupakan pusatnya kerajinan perak di Jogja dari jaman dahulu kala. Tempat wisata murah di Jogja ini  berada di sebelah utara Terminal Bus Giwangan. Disini tempatnya jika teman- teman mencari kerajinan perak. Tidak hanya perhiasan, berbagai kerajinan dari bahan perak dapat teman teman buru di galeri-galeri yang tersebar di Kota Gede ini.
6.     XT Suare | Tempat Wisata Murah di Jogja
Jika teman- teman ingin berburu berbagai kerajinan khas Jogja nemun waktunya terbatas, XT Square solusinya. Tempat wisata belanja di Jogja ini merupakan tempat berkumpulnya pedagang- pedagang dengan berbagai macam komoditi dagangan. Mulai dari kerajinan, fashion, hingga kuliner dapat teman- teman temukan di sini. Selain itu, XT Square juga memiliki 2 museum 3D, yaitu De Mata Trick Eye Museum (yang berisi lukisan- lukisan 3 dimensi) dan De Arca Statue Museum (berisi berbagai macam patung tokoh terkenal).

Daftar obyek wisata kuliner Jogja

1.    Pusat gudeg Wijilan
Kota Wisata Yogyakarta juga dikenal dengan sebutan dengan Kota Gudeg. Ya, karena memang makanan yang terbuat dari nangka muda ini merupakan makanan khas di Yogyakarta. Oleh karena itu, berkunjung ke Jogja belum lengkap jika belum mencicipi masakan gudeg. Sebenarnya penjual gudeg sangat mudah ditemui hampir di sembarang tempat di Jogja, namun, sentra gudeg Jogja berada di Jl. Wijilan yang terletak di sebelah timur Keraton Yogyakarta. Di sepanjang jalan Wijilan ini berjajar pedagang- pedangan gudeg yang menanti kunjungan teman- teman sekalian.
2.    Tempat Wisata Murah di Jogja, Angkringan Kopi Jos Jl. Mangkubumi
Teman- teman pecinta kopi? jika iya, teman- teman wajib mencoba kopi joss yang merupakan salah satu variasi penyajian kopi yang khas di Jogja. Kopi jos dapat teman- teman jumpai dengan mudah disepanjang jl. Mangkubumi atau jl. Margo Utomo, yaitu jalan di arah selatan Tugu Jogja. Menikmati malam di Jogja sembari ditemani kopi jos adalah salah satu cara untuk menikmati syahdunya malam di Kota Jogja.
3.    Sate klathak Imogiri
Sate klathak adalah kuliner Jogja yang cukup unik. Penyajian sate ini berbeda dengan sate- sate pada umumnya. Jika biasanya sate dibakar dengan bumbu, maka sate ini hanya dibakar dengan bumbu garam saja. Sedangkan bumbu satenya disajikan terpisah. Sate klathak dapat teman- teman temui di Imogiri, tepatnya di sekitar Pasar Jejeran. Untuk menuju ke tempat wisata kuliner khas Jogja ini, teman- teman dapat melewati jl. Imogiri Timur (selatan Terminal Giwangan) ke arah selatan.
4.    Kuliner ingkung ayam Pajangan
Ingkung adalah masakan berbahan baku ayam utuh yang direbus dengan bumbu khas bercitarasa gurih. Sajian ingkung ini dapat teman- teman temukan dengan mudah di sekitaran Jalan Pajangan di Kabupaten Bantul. Kuliner ini termasuk dalam tempat wisata murah diJogja karena memang harganya yang cukup terjangkau.
5.   Tempat Wisata Murah di Jogja, Sentra bakpia Pathuk
Selain gudeg, Jogja juga identik dengan bakpia. Makanan manis yang terbuat dari kumbu kacang hijau ini biasanya menjadi oleh- oleh jika berkunjung ke Jogja. Nah sentra bakpia di Jogja berada di Pathuk, yang terletak di sebelah barat jl. Malioboro. Disini teman teman dapat berbelanja bakpia sepuasnya, bahkan teman- teman juga bisa melihat proses pembuatan bakpia.
6.    Kuliner seafood Pantai Depok
Pantai Depok berada di sebelah barat Gumuk Pasir Parangtritis. Di pantai ini terdapat puluhan rumah makan dengan sajian seafood. Yang unik di tempat wisata murah di Jogja ini adalah, jika kita ingin memesan makanan, kita biasanya akan diarahkan oleh pemilik rumah makan ke Tempat Penjualan Ikan untuk memilih dan membeli sendiri ikan yang kita mau dan rumah makan hanya menjual nasi, mimunan, dan jasa pengolahan seafood yang kita beli sendiri.
Baiklah teman- teman, itulah beberapa tempat wisata murah di Jogja yang layak dikunjungi. Sebenarnya masih banyak tempat wisata murah di Jogja lainnya yang belum tercantum dalam artikel ini oleh karena itu Insya Allah Mas Bei akan update artikel ini jika ada tambahan atau perubahan. Jika ada saran, kritik, tambahan, atau apapun, silakan teman- teman tuliskan dalam kolom komentar di bawah ini. Terima kasih, Salam Indonesia.