Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Bukan Bali bukan juga Raja ampat. Ya, kita sekarang akan mengulas tentang dahsyatnya tempat wisata Lombok. Siapa yang tidak mengenal pulau yang satu ini, pulau yang memiliki sejuta pesona yang mampu memikat hati para wisatawan. Pulaunya yang bersih, lautnya yang biru, tak berlebihan jika banyak yang menyebutnya dengan surga kecil yang jatuh dari langit Indonesia. Pulau yang berpenduduk 2.722.123 jiwa ini terletak di Nusa Tenggara Barat. Di pulau ini juga terdapat gunung berapi yaitu gunung Rinjani yang memiliki tinggi 3.726 meter diatas permukaan laut yang menjadikan gunung ini sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Suku sasak merupak susu terbesar yang mendiami pulau ini dan sisanya merupakan orang  Bali, Jawa, Tionghoa dan Arab.

Tempat wisata Lombok, Pantai Senggigi

Oke mari kita lanjut untuk membahas tempat wisata apa saja  yang terdapat di Pulau Lombok ini. Yang pertama adalah Pantai Senggigi. Pantai yang memiliki daya tarik bawah laut yang indah ini terletak di sebelah barat Pulau Lombok. Karena pesona keindahan alamnya, tidak heran jika tempat ini disebut sebagai tempat yang paling terkenal di tempat wisata Lombok.

tempat wisata lombok
Pantai Senggigi merupakan tempat wisata lombok yang paling terkenal

Pura Batu Bolong, Batu Layar

Tak jauh dari Pantai Senggigi terdapat sebuah pura yang bernama batu bolong. Pura ini dibangun di atas katang yang berada di tepi pantai. Menurut legenda, tempat ini adalah tempat dimana seorang gadis perawan dijadikan tumbal kepada ikan hiu yang ada di tempat ini. Tidak jauh juga dari Batu Bolong terdapat tempat lain yang bernama Batu Layar. Di sini terdapat makam seorang ulama, yang oleh para penganut aliran Wetu Telu dianggap sebagai tempat suci.

destinasi wisata lombok
Pura Batu Bolong merupakan salah satu destinasi wisata di Lombok yang dapat teman – teman kunjungi

Pantai Sekotong

Tempat wisata Lombok selanjutnya adalah Pantai Sekotong. Pantai ini terletak di Lombok Barat. Keunikan dari pantai ini adalah, pantai ini dikelilingi oleh bukit yang melingkar tak jauh dari pinggir pantai. Pantai Sekotong berjarak kurang lebih 60 kilometer dari Kota Mataram. Seperti halnya pantai – pantai di Lombok, pantai ini memiliki pasir yang putih serta air yang biru yang membuat mata kita terpana akan keindahannya. Maka dari itu, pantai ini merupakan tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi jika singgah di Pulau Lombok.

Pantai Kuta Lombok, Air Terjun Sendang Gila

Lanjut ke Pantai Kuta, kita pasti bingung bukankah kita sedang tidak membahas tempat wisata yang ada di Bali?  jangan salah dulu, Pantai Kuta tak hanya dimiliki oleh Pulau Bali saja, Pulau Lombok pun punya Pantai Kuta. Pantai Kuta yang ada di Lombok tidak kalah dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Pantai yang terletak di Lombok ini memiliki keindahan yang sangat dahsyat, mulai dari pasir putihnya, birunya air dengan gradasi hijau karena habitat lautnya yang masih sangat terjaga. Setelah membahas pantai yang ada di tempat wisata Lombok, tak ketinggalan pula ada air terjun sendang gila. Mempunyai tinggi 32 meter yang muncul dari atas tebing, airnya yang bening, sejuk,  segar  mampu menghilangkan seluruh kepenatan yang ada di kepala wisatawanya.

peta wisata lombok
Tidak hanya Pulau Bali, Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang walaupun berbeda tempat namun sama – sama mempesona para turis yang berwisata di Lombok