Jalan Jalan ke Jogja : Tempat Wisata Kuliner Menarik di Yogya Dekat Malioboro

Posted on

Masbei.com . Jalan – jalan ke Jogja memanglah sangat menarik. Sebagai kota wisata, Yogya memiliki beraneka macam pesona wisata yang membuat para pengunjung tertarik untuk berkunjung kembali ke kota yang juga dijuluki dengan sebutan kota pendidikan ini. Aneka jenis wisata ada di tempat ini, mulai dari wisata alam di Jogja yang sangat cocok bagi para pecinta alam, hingga wisata kuliner bagi para penggila kuliner. Tentunya image Jogja tidak lepas dari ruas jalan Malioboro yang merupakan jalan yang paling terkenal di Yogyakarta. Di sekitaran Malioboro ini, teman – teman dapat menemukan aneka tempat wisata terutama wisata kuliner dan sejarah. Nah, kali ini Masbei akan menulis artikel singkat tentang jalan jalan ke Jogja : tempat wisata kuliner menarik di Yogya dekat Malioboro .

Ada berbagai macam wisata kuliner yang berada di sekitar Jalan Malioboro yang wajib untuk dikunjungi jika teman – teman berwisata di Yogyakarta. Aneka kuliner berupa makanan berat ataupun makanan ringan untuk oleh – oleh dapat teman teman temukan disini.

Sentra Kuliner Gudeg Wijilan | Jalan Jalan ke Jogja : Tempat Wisata Kuliner Menarik di Yogya Dekat Malioboro

Jogja identik dengan masakan gudeg. Gudeg merupakan hasil olahan nangka muda yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi masakan yang sedap untuk dimakan. Wijilan merupakan sentra gudeg yang berada di dekat Malioboro. Wijilan merupakn nama jalan yang terletak di sebelah tenggara Jalan Malioboro, atau lebih tepatnya di sebelah timur Alun – Alun Utara / Keraton Jogja. Jika dari Jalan Malioboro, teman – teman tinggal mengambil jalur lurus ke arah selatan / arah ke alun –alun, setelah sampai alun – alun, ambil arah kiri kurang lebih 500 meter, teman teman akan menemukan Plengkung Wijilan, nah disitulah letak sentra gudeg Wijilan. Jika dari Malioboro, teman – teman dapat berjalan kaki atau memanfaatkan jasa andong atau becak yang banyak tersedia. Di sepanjang jalan Wijilan ini, terdapat banyak penjaja gudeg, silakan teman – teman pilih sesuai selera.

Tempat Wisata Kuliner Menarik di Yogya Dekat Malioboro
Wijilan merupakan lokasi yang tepat untuk berburu kuliner khas Jogja yaitu Gudeg

Angkringan dan Kopi Jos Mangkubumi | Jalan Jalan ke Jogja : Tempat Wisata Kuliner Menarik di Yogya Dekat Malioboro

Angkringan merupakan salah satu wisata kuliner yang terkenal di Jogja. Lazimnya, akngringan mulai buka pada saat senja hingga subuh. Jadi, angkringan dapat dikategorikan sebagai tempat wisata malam di Jogja sektor kuliner. Angkringan ini terdapat hampir di setiap tempat di Jogja, namun di sekita Malioboro, angkringan banyak ditemui di kawasan Jalan Mangkubumi. Jalan Mangkubumi ini terletak di sebelah utara Malioboro, mulai dari Stasiun Tugu, hingga Tugu Pal Putih / Tugu Jogja.

Di angkringan ini tersedia berbagai menu makanan khas seperti nasi kucing, sate usus, sate telur puyuh, serta aneka makanan lainnya yang menggugah selera. Selain makanan, tersedia pula minuman yang membuat tubuh kita hangat pada malam hari. Minuman tersebut seperti teh panas, jeruk panas, wedang jahe, dan juga kopi jos. Kopi jos merupakan kopi tubruk yang disajikan secara khas dengan memasukkan bara api ke dalam seduhan kopi.

wisata kuliner Jogja
Sego kucing, sate usus, wedang jahe merupakan menu – menu khas dari angkringan yang berada di Yogyakarta

Sentra Bakpia, Pathuk | Jalan Jalan ke Jogja : Tempat Wisata Kuliner Menarik di Yogya Dekat Malioboro

Selain terkenal dengan sebutan Kota Gudeg, Jogja juga terkenal dengan julukan Kota Bakpia. Ya, makanan ringan ini banyak ditemui di Jogja dan merupakan makanan khas yang biasa dijadikan oleh – oleh oleh para pelancong yang berkunjung ke Jogja. Bakpia yang paling terkenal adalah Bakpia Pathuk. Disebut Bakpia Pathuk karena bakpia ini diproduksi di daerah Pathuk yang merupakan sentra produksi bakpia yang ada di Yogyakarta. Pathuk berada tidak jauh dari jalan Malioboro. Tepatnya, sentra bakpia ini berada di sebelah barat dari jalan Malioboro. Sangat mudah jika teman – teman menggunakan becak / andong untuk menuju ke tempat ini, karena semua pengemudi andong / becak sudah hafal dengan lokasi sentra bakpia ini.

Sentra Bakpia Pathuk ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang menarik di Jogya. Disini, para pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan bakpia mulai dari awal hingga akhir.

ooleh - oleh khas jogja
Proses pembuatan bakpia menjadikan daya tarik tersendiri pengunjung selain untuk membeli bakpia

Lesehan Malioboro | Jalan Jalan ke Jogja : Tempat Wisata Kuliner Menarik di Yogya Dekat Malioboro

Di sepanjang jalan Malioboro, terdapat banyak warung makan – warung makan yang berada di pinggiran jalan. Warung – warung ini biasanya menyajikan makanan berat. Menu makanannya pun cukup beragam. Yang perlu teman – teman perhatikan jika akan makan di lesehan Malioboro ini adalah, tanyakan terlebih dahulu harga makanan / minumannnya, terlebih jika tidak ada daftar harga pada daftar menu. Bukannya mau menjelek – jelekkan, namun sudah menjadi rahasia umum jika seringkali ada oknum pedagang yang mematok harga yang tidak wajar, terlebih bagi pengunjung dari luar daerah. Nah untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kita berjaga – jaga agar kita bisa nyaman dan tidak menyesal.

Selain menikmati sajian makanan di lesehan Malioboro, kita juga akan mendengarkan kreatifitas pengamen – pengamen yang ada. Pengamen – pengamen ini mungkin lebih tepat disebut musisi / seniman jalanan, karena mereka tetap menjaga kualitas musikal mereka sehingga yang mendengar mereka beraksi akan sukarela memberikan uangnya.

jalan jalan ke jogja
Musisi jalanan Jogja sedang beraksi

Saya rasa cukup sekian dulu artikel singkat saya mengenai Jalan Jalan ke Jogja : Tempat Wisata Kuliner Menarik di Yogya Dekat Malioboro kali ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi teman – teman yang berencana untuk jalan – jalan di Jogja. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan atau kurang tepat dalam penyampaian. Terima kasih telah mampir di blog ini,cintai negerimu salam Indonesia.

sumber gambar : google.com