Tempat Wisata Garut Paling Rekomendasi

Posted on

Liburan selalu identik dengan bertamasya dan mengunjungi beberapa tempat wisata saat menjelang liburan tiba baik itu liburan akhir pekan, liburan anak sekolah maupun liburan hari besar seperti perayaan lebaran dan hari natal seluruh tempat wisata mengalami lonjakan pengunjung, begitupun dengan berbagai tempat wisata yang ada di garut, jawa barat tempat wisata garut menjelang hari libur selalu ramai oleh pengunjung dari tahun ke tahun. Bahkan bukan pada hari liburan pun tempat wisata yang ada di Garut tetap ramai dikunjungi namun tidak sepadat pada saat hari liburan, jadi jika ingin berwisata ke kota garut dan sekitarnya hendaklah menghindari hari-hari libur besar jika anda tidak ingin terjebak macet berjam-jam selama perjalanan.

Kota Garut ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu kota dengan penghasil domba terbaik, selain bandung dan tasikmalaya garut termasuk salah satu daerah di jawa barat yang banyak menjadi tujuan utama para pelancong dari seluruh pelosok daerah. Meskipun pada awalnya tempat wisata garut ini kurang mendapat perhatian dari masyarakat namun seiring berjalannya waktu maka eksistensitas tempat wisata yang berada di garut semakin meningkat, sedikit demi sedikit banyak para wisatawan yang mulai berkunjung di tempat wisata yang ada di kota ini. akses menuju kota ini pun sangat terjangkau banyak kendaraan umum seperti kereta yang melalui kota ini.

Bagi yang penasaran dengan apa saja tempat wisata Garut, maka poin-poin di bawah ini adalah daftar nama-nama tempat wisata yang berada di garut dan sangat wajib untuk dikunjungi ketika anda berlibur :

baca juga : Tempat Wisata Murah di Jogja

1. Situ bagendit | tempat wisata garut

Danau Situ Bagendit Kabupaten Garut, Jawa Barat ini memiliki sebuah legenda yang terkenal. Legenda ini menceritakan mengenai asal muasal Situ Bagendit. Konon dahulu kala ada seorang janda yang kaya raya bernama Bagende Endit. Namun meskipun kaya, ia sangat kikir dan pelit, hingga suatu hari datanglah seorang kakek yang meminta air kepada Bagende Endit. Alih – alih diberikan air, kakek tersebut malah dianiaya oleh Bagende Endit. Kakek tersebut kemudian menancapkan tongkat miliknya di halaman rumah Bagende Endit. Ketika tongkat tersebut dicabut, seketika memancarlah air yang dengan cepat menggenangi rumah Bagende Endit beserta pemiliknya hingga terjadilah sebuah danau. Danau tersebut diberi nama Bagendit yang merupakan singkatan dari Bagende Endit.

Terlepas dari legenda tersebut, danau yang ada di Garut ini memang terkenal dengan keadaan airnya yang masih sangat bersih dan menjadi lokasi tepat untuk memancing ikan. Selain itu, pemandangan alamnya yang indah, terlebih saat matahati terbenan menjadi daya tarik tersendiri obyek wisata ini. Di tempat wisata ini juga tersedia rakit dan juga sepeda air yang dapat disewa oleh pengunjung.

tempat wisata garut
Menikmati kendahan alam Situ Bagendit dengan naik rakit merupakan pengalaman yang mengasyikkan
Lokasi dan Harga Tiket Masuk Situ Bagendit

Harga tiket masuk Situ Bagendit yang berada di Garut ini cukup murah, yaitu hanya Rp. 5.000,- per orang. Sedangkan untuk jam buka tempat wisata alam di Garut ini mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Untuk jalan menuju Situ Bagendit ini terbilang cukup mudah karena memang lokasi Situ Bagendit yang hanya berjarak kurang lebih 4 kilometer dari Kota Garut. Teman – teman dapat menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan angkutan umum. Jika teman – teman berencana menggunakan angkutan umum, teman – teman dapat memanfaatkan angkot jurusan Terminal Guntur-Kp.Mengger dan Garut-Limbangan atau dengan menggunakan jasa ojek. Sedangkan jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, teman – teman dapat mengikuti petunjuk dari Google Maps berikut ini.

2. Curug orok

Curug Orok Garut atau yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “air terjun bayi ” ini terletak di Desa Cikandang. Lebih lengkapnya,  alamat Curug Orok berada di Cikandang, Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44171. Air terjun ini memiliki ketinggian 45 meter. Asal muasal air terjun ini diberi nama Curug Orok, menurut cerita masyarakat setempat pernah ada seorang ibu yang membuang anaknya di atas curug tersebut masih dalam keadaan bayi, sehingga oleh warga, tempat ini dijuluki dengan sebutan Curug Orok.

Curug Orok yang merupakan salah satu tempat wisata di Garut ini menarik perhatian pengunjung dengan pesona keindahannya. Pepohonan yang rimbun dan hijau, udara yang sejuk serta suara air terjun tentunya mebuat pengunjung betah berada di sini. Oleh karena itu, tempat wisata alam ini sangat cocok bagi teman – teman yang menginginkan suasana yang damai dan tenang untuk sejenak melepaskan penat dari rutinitas sehari – hari.

tempat wisata di garut
Hijaunya Curug Orok membuat pengunjung merasa nyaman

Untuk dapat memasuki Curug Orok, para pengunjung akan dikenakan tiket masuk yang cukup terjangkau. Harga tiket masuk Curug Orok ini hanya sebesar Rp. 10.000,- saja. Cukup terjangkau bukan? Jika teman – teman tertarik berkunjung, teman – teman dapat mengikuti peta lokasi Curug Orok dari Google Maps berikut ini.

 

baca juga : Lokasi Alamat Bukit Bulu Coban Rais Batu Malang

3. Gunung Papandayan | tempat wisata garut

WIsata Gunung Papandayan merupakan salah satu tempat wisata garut berupa gunung api tipe strato (mempunyai bentuk kerucut) yang ada di Indonesia. Tempat wisata garut yang memiliki ketinggian 2.665 meter dari permukaan laut ini memiliki beberapa kawah yang senantiasa mengeluarkan uap karena aktivitas vulkanisnya. Gunung Papandayan menyajikan pemandangan yang indah dan unik. Selain karena pemandangan yang indah, banyak pengunjung yang ingin mendaki ke Gunung Papandayan ini karena di sini terdapat sumber air panas yang mengandung belerang. Air panas ini dipercaya masyarakat sekitar sebagai obat penyembuh berbagai macam jenis penyakit kulit. Selain itu, salah satu tempat wisata di Garut ini juga sering digunakan untuk kemping.

tempat wisata di garut
Gunung Papandayan menjadi salah satu tempat wisata di Garut yang menarik untuk dikunjungi

Untuk mendaki Gunung Papandayan, para pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Harga tiket masuk Gunung Papandayan adalah Rp. 30.000,- setiap pengunjung. Jika teman – teman ingin berkemah, maka teman – teman akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 35.000,-. Selain itu, bagi teman – teman yang membawa sepeda motor, maka akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 17.000,- dan parkir Rp. 15.000,-.

Gunung Papandayan ini terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk detail lokasi Gunung Papandayan, teman – teman dapat mengikuti peta Gunung Papandayan yang saya ambil dari Google Maps berikut :

Dari beberapa daftar tempat wisata garut di atas, beberapa diantaranya sudah sangat terkenal meskipun tak seeksis keberadaan tempat wisata yang ada di tasikmalaya dan bandung namun tempat wisata di kota ini sudah cukup bagi anda yang menginginkan liburan dengan suasana terbaru dan sekedar menenangkan pikiran dari kegiatan sehari-hari seperti pekerjaan, kuliah maupun kegiatan sekolah. Berbagai wisata tersebut juga tidak memakan budget yang mahal tidak seperti beberapa destinasi wisata di kota-kota besar pada umumnya sehingga sangat terjangkau untuk berbagai kalangan.

baca juga : Tempat Wisata Di Bandung Yang Murah Dan Terpopuler

Cukup sekian artikel dari saya mengenai tempat wisata Garut. Semoga bermanfaat bagi teman – teman, jika banyak kesalahan atau ada hal – hal yang kurang berkenan saya mohon maaf. Terima kasih sudah mampir, salam Indonesia.