6 Pilihan Tempat Wisata di Kediri yang Paling Terkenal

Posted on

Pilihan Tempat Wisata di Kediri yang Paling Terkenal. Kota Kediri merupakan kota terbesar ke-3 di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Kota ini terkenal dengan salah satu pesona kulinernya yang lezat bernama Tahu Takwa. Tidak heran kota di Kediri yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Kota Tahu. Selain kulinernya itu, sejumlah tempat wisata di Kediri juga tidak kalah terkenal dan menarik untuk dikunjungi
Dulunya Kediri merupakan sebuah wilayah yang menjadi tempat berdirinya Kerajaan Kediri dengan rajanya yang terkenal bernama Jayabaya. Raja Jayabaya terkenal dengan kemampuan meramalnya yang termashyur dengan sebutan Jangka Jayabaya dan hingga kini ramalannya masih diyakini banyak orang. Selain itu, Kediri juga dikenal karena salah satu perusahaan rokok terbesar berada di kota ini.
Kediri memang memiliki pesona keindahan wisata yang menarik, terutama wisata alam yang telah dikenal banyak orang. Teman-teman bisa mendapatkan pengalaman wisata alam yang menyegarkan ketika mengunjungi Kediri. Tempat wisata yang terkenal di Kota Kediri salah satunya adalah Gunung Kelud yang merupakan satu – satunya gunung yang berada di wilayah Kediri. Selain Gunung Kelud, salah satu tempat wisata lain yang cukup terkenal dan menarik untuk dikunjungi yaitu Air Terjun Dolo. Sebagian tempat wisata di Kediri terletak di wilayah administratif Kabupaten Kediri, sementara yang lainnya bisateman-teman temukan di dalam kota Tahu ini. Berikut sejumlah tempat wisata di Kediri yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

6 Pilihan Tempat Wisata di Kediri yang Paling Terkenal

1. Monumen Simpang Lima Kediri

Monumen Simpang Lima berlokasi di kawasan Simpang Lima Gumul dan berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Kediri. Monumen yang satu ini dikenal mirip seperti L Arc De Triomphe yang ada di Paris. Bangunan megah ini dihiasi berbagai ukiran khas lokal dan relief yang menceritakan sejarah kota Kediri. Teman-teman bisa menikmati panorama sunset yang menarik di kawasan wisata Kediri ini. Tidak heran Monumen Simpang Lima Gumul ini selalu ramai pengunjung, terutama dari kalangan muda yang menjadikannya sebagai tempat nongkrong dan bersantai.

tempat wisata di kediri
Monumen Simpang Lima Kediri membawa kita serasa berada di Paris

2. Wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan objek wisata alam di Kediri yang terbuka untuk umum pasca aktivitas vulkanik gunung berapi tersebut, terhitung sejak akhir tahun 2014 . Daya tarik utama wisata Gunung Kelud terletak pada kubah lavanya. Kini telah tersedia jalur setapak yang memudahkan pendakian ke puncak Gunung Kelud. Di kawasan wisata Gunung Kelud, Teman-teman bisa melakukan sejumlah kegiatan yang menarik seperti flying fox, mandi air panas, dan panjat tebing. Tidak heran kini tempat wisata di Kediri ini telah populer di kalangan penikmat perjalanan.

tempat wisata di kediri
Gunung Kelud menyajikan pemandangan yang aduhai dan menawan

3. Air Terjun Dolo, tempat wisata di Kediri

Air Terjun Dolo berada di Desa Jugo dan berjarak sekitar 25 km dari kota Kediri.teman-teman harus melakukan pendakian untuk mencapai lokasi Air Terjun Dolo ini karena berada pada ketinggian sekitar 1.800 meter dpl. Sesampainya di lokasi,teman-teman bisa menikmati keindahan pesona alam di sekitar air terjun. Selain itu, teman-teman juga akan menjumpai perkebunan sayuran dan stroberi yang berada tidak jauh dari lokasi Air Terjun Dolo. Teman-teman akan mendapati panorama alam yang begitu menyegarkan dan bisa memetik buah stroberi langsung dari pohonnya.

Baca juga : Tempat Wisata di Malang yang Murah dan Sedang Hits

4. Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island berada di Jalan Simpang Lima Gumul Barat. Tempat wisata di Kediri ini menyediakan banyak wahana permainan dan hiburan, serta didukung dengan fasilitas yang baik. Teman-teman bisa melakukan kegiatan yang menarik dan menyenangkan, seperti mencoba fun boomerang, kolam bak tumpah, kolam jamur, speed slide, bahkan termasuk juga flying fox. Tidak heran Gumul Paradise Island menjadi destinasi favorit bagi banyak keluarga.

5. Sumber Ubalan Kediri

Sumber Ubalan merupakan kawasan wisata hutan lindung di Kediri. Lokasi Sumber Ubalan hanya berjarak sekitar 18 km sebelah timur kota Kediri. Tempat wisata Kediri yang satu ini menyuguhkan kesegaran alam yang natural yang mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi fresh. Teman-teman juga bisa melakukan beberapa kegiatan yang menarik di Sumber Ubalan, seperti berenang, bersepeda air, memancing, dan menikmati sajian di panggung hiburan. Tidak heran destinasi wisata masyarakat Kediri yang populer ini menjadi tempat wisata pilihan bagi banyak penikmat wisata alam.

6. Desa Wisata Sumber Podang Kediri

Desa ini berjarak kurang lebih 20 kilometer dari alun – alun Kota Kediri. Wisata ini merupakan salah satu tempat menarik di Kota Kediri. Di sini para pengunjung akan disajikan keindahan alam dan keasrian suasana khas pedesaan yang menenangkan hati. Potensi wisata yang ada cukup banyak, meliputi Bendungan Joho, sungai. sawah, track sepeda downhill, dan lain – lain.

Baca juga : Pesona Tempat Wisata di Blitar yang Paling Populer

Itulah 6 pilihan tempat wisata di Kediri yang paling terkenal. Kediri layak dijadikan alternatif tujuan wisata bagi teman – teman yang ingin merasakan suasana yang berbeda. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi teman – teman yang berencana untuk berlibur di Jawa Timur. Terima kasih dan salam Indonesia.