Tempat Wisata Di Banten Paling Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata Di Banten Paling Wajib Dikunjungi. Salah satu kota yang ada di Jawa Barat dan memiliki laju pertumbuhan tinggi selain Kota Bandung adalah Kota Banten. Banten ini memang terkenal sebagai kota dengan sentra industri terbesar di Pulau Jawa. Perlu teman – teman ketahui juga sebagai pengetahuan umum bahwa Kota Banten adalah pemekaran provinsi yang masih tergolong baru.

Tentang Banten

Kini kota banten bukan lagi sebagai bagian dari Provinsi Jawa Barat melainkan sudah berdiri menjadi provinsi sendiri sejak tahun 2000 lalu. Selain terkenal sebagai kota dengan pusat industri terbesar ternyata tempat wisata di Banten pun sangat banyak dan masih tersembunyi sehingga belum banyak orang yang tahu akan tempat-tempat wisata tersebut.
Oleh karena Kota Banten termasuk dalam daerah perkotaan, akses untuk menuju kota ini sangatlah mudah. Berbagai alat transportasi umum tersedia mulai dari bus, kereta api bahkan pesawat pun semuanya tersedia. Bahkan jika ingin pergi ke pusat Ibu Kota Jakarta dan hendak pergi ke Bandung pun dari Banten sangatlah dekat tidak memakan waktu lama.

Jika ingin merasakan perjalanan yang lebih nyaman kita juga dapat melalui jalan tol yang juga terdapat di kota ini. Begitu mudah akses yang diberikan dari kota yang satu ini sehingga memudahkan para wisatawan untuk datang dalam rangka menghilangkan rasa penasaran mereka terhadap tempat wisata di Banten yang katanya masih sangat jarang terekspos dan masih sangat jarang terjamah manusia atau pengunjung.

Banyak sekali tempat wisata di banten yang terkenal dan sangat indah baik dari segi panoramanya maupun fasilitasnya. Mulai dari wisata alam yang paling terjangkau sampai dengan tempat wisata paling mewah dan romantis semuanya tersedia di sini. Berikut adalah beebrapa daftar tentang tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kota Banten :

baca juga : Indahnya Panorama Pantai Sedari Karawang

Tempat wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai anyer

Siapa yang tak kenal pantai indah nan cantik ini? Anyer telah menjadi salah satu destinasi wisata paling dinantikan dan paling diburu oleh para wisatawan lokal maupun asing. Tidak heran jika band legendaris Indonesia, Slank membuat sebuah lagu dengan tema Anyer.

Pantai ini sudah tekenal dari zaman dahulu. Pantai ini dikenal dengan adanya kerja paksa untuk membuat jalan pos dari Anyer di Barat Pulau Jawa ke Panarukan yang berada di Provinsi Jawa Timur. Jalan yang dibangun ini memiliki panjang panjang kurang lebih 1000 kilometer.  Jalan ini kemudian diberi nama sebagai Jalan Deandels karena penggagas pembuatan jalan ini tidak lain adalah Gubernur Jenderal Herman Willem Deandels.

tempat wisata di banten
Mercusuar Pantai Anyer yang dahulu digunakan untuk memandu kapal – kapal yang melintasi Selat Sunda ataupun Batavia. instagram.com/strvrains

Terlepas dari jalan fenomenal tersebut, Pantai Anyer memiliki pesona yang indah. Di pantai yang berjarak kurang lebih 38 kilometer ini, kita bisa menyaksikan keindahan Gunung Rakata yang merupakan anak Gunung Krakatau yang mengalami erupsi dahsyat pada tahun 1833. Selain itu, terdapat pula sebuah mecusuar yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1855. Mercusuar ini dulunya digunakan untuk membantu navigasi pelayaran di sekitar Selat Sunda dan Batavia.

baca juga : Wisata Pantai Tope Jawa Takalar

2. Pantai tanjung lesung

Selain anyer ada pula pantai lesung yang tak kalah indah dan menarik seperti pantai anyer. Tempat wisata di Banten Tanjung Lesung merupakan wisata pantai yang memiliki keindahan yang luar bisasa. Bahkan ada yang mengatakan bahwa pantai yang terletak di Banten Barat ini memiliki keindahan yang tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai – pantai yang berada di Bali ataupun Lombok yang memang sudah terkenal akan keindahannya.

baca juga : Tempat Wisata Murah di Jogja

Pantai ini memiliki bentangan kurang lebih sepanjang 15 kilometer, dimana di pantai ini terhampar pasir yang berwarna putih. Ombak di Pantai Tajung Lesung cukup ramah, sehingga pemgunjung dapat leluasa bermain air tanpa harus takut tergulung ombak. Selain itu, pesona bawah air Pantai Tanjung Lesung juga sangat menarik. Pengunjung dapat melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati keindahannya.

pantai tanjung lesung
Pantai yang indah di Banten yang tidak kalah menarik dengan pantai – pantai di Bali ataupun Lombok. instagram.com/iimkarimah

Fasilitas di pantai berpasir putih ini terbilang cukup lengkap. Di sini terdapat rumah makan yang mayoritas menyediakan menu seafood, namun bagi teman-teman yang tidak mengkonsumsi seafood baik karena alergi, pantangan atau alasan lain, jangan khawatir karena ada juga rumah makan yang menyediakan menu non seafood. Pantai ini juga terdapat penginapan – penginapan dengan rentang harga yang cukup bervariasi. Jadi bagi teman – teman yang ingin menginap tidak perlu terlalu bingung mencari tempat menginap.

3. Gunung krakatau

Jika anda ingin tempat wisata yang agak menantang maka mencoba tempat wisata gunung krakatau menjadi pilihan yang tepat sebagai waktu penghabis liburan anda. Seperti kita ketahui bahwa Gunung Krakatau ini merupakan salah satu gunung berapi yang pernah mengalami erupsi hebat pada tahun 1833 yang mengakibatkan setidaknya 36.000 jiwa menjadi korbannya. Nah pada saat ini, gunung ini dapat teman – teman kunjungi sebagai salah satu tempat wisata di Banten.

tempat wisata di banten
Krakatau merupakan salah satu gunung yang pernah mengalami erupsi yang dahsyat. instagram.com/anggarinata_p

Tentunya saat ini Gunung Krakatau hanya meninggalkan sisa – sisanya setelah erupsi hebat tersebut. Nah, sisa – sisa ini meninggalkan eksotisme tersendiri. Ditambah lagi dengan adanya gunung api aktif baru yang disebut dengan Anak Gunung Krakatau membuat petualangan di gunung ini menjadi semakin menarik. Terlebih lagi menurut para ahli, Anak Gunung Krakatau ini mengalami pertumbuhan setinggi 5 cm setiap bulannya.

4. Wisata kampung baduy

Kampung baduy ini sangat menarik bagi para wisatawan terutama wisatawan asing yang ingin melihat bagaimana seluk beluk kehidupan masyarakat primitif di banten. Suku Baduy merupakan salah satu suku bangsa yang terdapat di Indonesia yang memang sudah sejak dahulu kala terkenal dengan keanekaragaman suku bangsanya. Suku ini merupakan penduduk asli tanah Sunda. Mereka masih sangat menjunjung tinggi adat istiadat warisan leluhur mereka. Mereka juga membatasi suku mereka dari kebudayaan luar, termasuk teknologi.

Suku Baduy Luar dan Baduy Dalam

Suku Baduy ini terdapat 2 macam, yaitu Suku Baduy Luar dan Suku Baduy Dalam. Perbedaannya adalah, Suku Baduy Luar lebih terbuka terhadap pengunjung, mereka memperbolehkan pengunjung untuk memfoto kegiatan mereka, namun lain halnya dengan Suku Baduy Dalam. Mereka sama sekali tidak memperbolehkan teknologi masuk ke wilayah suku mereka. Jadi jangan harap teman – teman bisa memfoto Suku Baduy Dalam. Oleh karena itu, biasanya kita hanya akan diperbolehkan berkunjung ke wilayah Suku Baduy Luar.

suku baduy
Perkampungan Suku Baduy yang masih terjaga dari perkembangan zaman yang begitu pesat. instagram.com/sipenjelajah

Perkampungan Suku Baduy Luar ini sangat asri. Hal ini disebabkan karena mereka dengan teguh menjaga dan melestarikan adat – iatiadat warisan leluhur yang intinya termasuk juga menjaga alam, jangan sampai rusak akibat perbuatan manusia. Jadi jika berkunjung ke perkampungan ini, kita seolah – olah akan dibawa ke suasana masa lalu yang tentunya akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi para pengunjung.

Berikut ini salah satu video mengenai Suku Baduy yang dibuat oleh Kompas TV

5. Pantai Sawarna Banten

tempat wisata di banten
Panorama indah di Pantai Sawarna Banten

Tempat wisata di Banten yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pantai Sawarna Banten. Pantai merupakan salah satu pantai indah yang berada di Provinsi Banten. Tempat wisata ini terletak di daerah Lebak Banten.

Bagi teman – teman pecinta keindahan bawah laut, kalian dapat melakukan snorkeling di pantai ini.

selengkapnya : Eksotisme Pantai Sawarna, Tempat Wisata Indah di Banten 

Itulah tempat wisata di Banten yang patut dan wajib dikunjungi. Tempat wisata di Banten ini tak hanya indah dan romantis. Namun ada banyak pula yang mengandung unsur edukatif seperti wisata Kampung Baduy yang sangat baik untuk anak-anak karena dapat dijadikan bekal pengenalan kebudayaan negeri tercinta sejak dini kepada mereka sekaligus untuk menambah wawasan para orang dewasa.

Saya rasa cukup sekian artikel ini, jika banyak kesalahan dan hal – hal yang kurang berkenan saya mohon maaf. Terima kasih telah mampir di blog sederhana ini, salam Indonesia.