Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata Di Banjarmasin – Bagi Anda yang sedang berada di Banjarmasin atau mengunjungi Banjarmasin. Pastinya juga ingin mengetahui lebih lanjut mengenai wisata yang ada di banjarmasin. Seperti yang telah diketahui, bahwa Banjarmasin hanya dianggap sebagai salah satu kota yang hanya memberikan pemandangan sungai saja.

Padahal, meskipun memiliki banyak sungai. Banjarmasin juga memiliki beberapa wisata yang tentunya sangat cantik dan mempesona. Sehingga Anda juga tidak boleh melihat sebelah mata mengenai kota ini. Sebab beberapa tempat wisata ini juga sangat bagus untuk Anda yang telah lelah melakukan aktivitas dengan mengunjungi tempat wisata di Banjarmasin. Maka rasa lelah Anda bisa terbayar dengan melihat pemandangannya. Nah, untuk itulah Anda juga wajib mengetahui selengkapnya mengenai tempat wisata di Banjarmasin, dengan menyimak ulasan singkat di bawah ini!

Tempat Wisata Di Banjarmasin

Tempat Wisata Di Banjarmasin

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai tempat wisata di Banjarmasin yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa tempat wisata tersebut diantaranya:

1. Pasar Terapung

Tempat Wisata Di Banjarmasin terkenal

Tempat wisata di Banjarmasin yang pertama yaitu Pasar Terapung. Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa Banjarmasin merupakan salah satu kota yang banyak memiliki sungai. Bahkan Banjarmasin juga dijadikan sebagai salah satu kota seribu satu sungai. Sehingga untuk melakukan transaksi jual beli, orang-orang di Banjarmasin harus melakukan transaksi dengan menggunakan perahu. Apalagi di Pasar Terapung ini juga banyak sekali barang jual beli yang diperjual belikan. Sehingga untuk para  wisatawan akan sangat suka dengan keunikan dari Pasar Terapung ini. Untuk mengunjungi pasar ini, Anda harus mengunjungi pada jam 05.00 sampai 07.00 dan lokasi Pasar Terapung terdapat di Muara Sungai Barito, Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin.

2. Museum Wasaka

Tempat Wisata Di Banjarmasin eksotis

Tempat wisata yang selanjutnya yaitu Museum Wasaka. Museum ini merupakan salah satu museum yang memberikan sejarah yang sangat bersejaran untuk para wisatawan yang ingin mengetahui sejarah dari bangsa indonesia. Sebab di Museum Wasaka ini terdapat banyak sekali peninggalan barang zaman dahulu seperti keris, senjata api milik belanda, koleksi foto, mesin ketik, seragam perjuangan, dan juga teks proklamasi Bung Karno. Sehingga dengan mengunjunginya, maka Anda akan mendapatkan sejarah yang sangat mendalam. Selain itu, bangunan dari museum ini juga sngat unik yaitu dengan bentuk bangunan seperti rumah adat Banjarmasin dan berlokasi di Jalan H. Andir Kampung Kenang Ulu Banjarmasin Utara dan untuk mengunjunginya Anda tidak perlu mengeluarkan  biaya atau gratis.

baca juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

3. Pulau Kembang

Tempat Wisata Di Banjarmasin ekstrim

Tempat wisata di Banjarmasin yang selanjutnya yaitu Pulau Kembang. Pulau kembang merupakan salah satu pulau yang berada di tengah Sungai Barito. Dimana di Pulau Kembang ini terdapat banyak sekali monyet yang berkeliaran dan juga terdapat raja monyet di Pulau Kembang ini. Apalagi lebih menariknya lagi, di pulau kembang ini juga terdapat sebuah kuil dengan arca yang berbentuk monyet putih. Sehingga semakin membuat pulau kembang menjadi pulau yang termasuk wisata alam saja, melainkan juga wisata budaya. Dimana untuk mengunjungi tempat wisata ini Anda harus menempuh jarak sekitar 1,5 km dari pusat Kota Banjarmasin. Dengan tiket masuk ke Pulau Kembang yaitu sekitar Rp. 5.000 saja.

4. Masjid Sultan Suriansyah

Tempat Wisata Di Banjarmasin menakjubkan

Tempat wisata di Banjarmasin yang berikutnya yaitu Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini merupakan salah satu masjid kuno yang berada di Kalimantan Selatan. Dimana masjid ini memiliki arsitekstur yang sangat bagus yaitu berbentuk rumah panggung dengan ukiran khas Kalimantan Selatan dan atap tumpang. Sehingga tak heran, jika masjid ini juga sangat unik. Selain itu, yang semakin membuat masjid ini semakin unik yaitu mihrab atau tempat imam salat memiliki atap sendiri yang terpisah.

baca juga : Wow! Tempat Wisata Di Balikpapan Terbaru Paling Mempesona

5. Pantai Joras

tempat wisata di banjarmasin
Mercusuar yang ada di Pantai Joras, gambar : imgrum.org

Wisata Pantai Joras merupakan Tempat wisata di Banjarmasin yang terletak di Kecamatan Jorong. Pantai ini cukup menarik untuk dikunjungi. Salah satu daya tarik yang ada di Pantai Joras adalah adanya sebuah mercusuar yang berdiri kokoh di pantai ini.

Mercusuar di Pantai Joras ini juga dapat dikunjungi oleh pengunjung pantai. Namun yang perlu diperhatikan bahwa alat keamanan diri untuk naik ke mercusuar kurang memadai. Oleh karena itu hati – hati, terlebih bagi yang tajut ketinggian, lebih baik pikirkan kembali untuk menaiki mercusuar ini.

6. Pulau Birah-birahan

tempat wisata di kalimantan selatan
Pulau Birah-birahan, gambar : facebook.com/potretkotabaru

Tempat wisata di Banjarmasin ini merupakan pulau kecil yang ada di lepas pantai Kota Baru. Untuk dapat menuju ke Pulau Birah-birahan ini memang dibutuhkan perjuangan yang cukup ekstra. Kita harus menuju ke dermaga Kenyamukan terlebih dahulu untuk menyewa perahu yang akan mengantarkan kita ke pulau ini. Dari dermaga Kenyamukan, kita harus menempuh kurang lebih 8 jam perjalanan laut.

Namun demikian, perjalanan yang cukup melelahkan tersebut akan terbayar dengan pesona keindahan bawah laut di Pulau Birah-birahan. Bahkan jika teman – teman beruntung, kalian dapat bertemu dengan rombongan lumba – lumba. Di sini teman – teman dapat melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Namun lebih baik membawa peralatan snorkeling sendiri karena belum ada persewaan peralatan snorkeling di sini.

baca juga : Jalan Menuju Pantai Muara Kintap, Kalimantan Selatan

7. Pulau Siang Riam

wisata banjar
Pulau Sirang Riam, gambar : plus.google.com/117380356917775933424

Ingin berwisata ke pulau kecil namun terkendala waktu dan biaya? Jangan khawatir, ada tempat wisata di Banjarmasin yang dapat menjadi alternatif wisata tersebut. Tempat wisata ini bernama Pulau Siang Riam. Sebenarnya, lokasi Pulau Siang Riam ini adalah sebuah danau yang berfungsi sebagai penggerak PLTA. Namun demikian, pemandangan di tempat ini sangat indah. Terlebih lagi lokasinya yang hanya berjarak kurang lebih 90 menit perjalanan dari Banjarmasin.

Di Pulau Siang Riam ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan alamnya yang memang mempesona. Tersedia juga beberapa perahu kelotok yang dapat disewa untuk mengantar berkeliling danau di Pulau Siang Riam ini.

8. Bukit Labak Naga

wisata kalsel
Bukit Labak Naga, gambar : imgrum.org/user/banjarinfo

Tempat wisata di Banjarmasin yang selanjutnya adalah Bukit Labak Naga. Bukit ini terletak di Desa Kandangan Lama yang termasuk ke dalam wilayah administrasi Kabupaten Tanah Laut. Pemadangan yang ada di bukit ini sangatlah menawan. Dari bukit ini, kita dapat melihat pemandangan pantai dan juga pulau – pulau kecil yang berada di lautan. Selain itu, pemandangan di lokasi Bukit Labak Naga sendiri sangat hijau dan asri.

9. Bukit Matang Kaladan

wisata banjarmasin
Bukit Matang Kaladan, gambar : instagram.com/_amin90

Wisata Bukit Matang Kaladan ini berada di Desa Tiwingan Lama. Daya tarik bukit ini adalah, saat kita berada di atas bukit, kita dapat melihat pemandangan yang aduhai. Kita dapat melihat indahnya pulau – pulau kecil yang berada di Danau Sirang Riam dari sini.

10. Danau Baruh Bahinu

wisata banjar
Danau Baruh Bahinu, gambar : imgrum.org/user/objekbanjar

Tempat wisata di Banjarmasin lainnya yang bagus untuk dikunjungi adalah Danau Baruh Bahinu. Danau ini berada di Desa Baruh Bahinu  Dalam. Wisata danau ini menyajikan pemandangan yang romantiss. Terlebih pada saat matahari terbenam membuat pemandangan menjadi semakin indah. Jika ingin berkeliling danau, pengunjung juga dapat menyewa perahu bebek di danau ini.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai tempat wisata di Banjarmasin yang bisa Anda kunjungi. Apalagi beberapa tempat wisata tersebut juga termasuk tempat wisata yang memberikan suasana dan pemandangan yang sangat bagus. Terus simak informasi wisata paling menarik hanya di Masbei.com