Naik KRL ke Taman Topi dan Kebun Raya Bogor

Posted on

Naik KRL ke Taman Topi dan Kebun Raya Bogor. Bogor merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak obyek wisata. Tidak heran jika kota ini menjadi tujuan wisata para pelancong. Terlebih lokasinya yang dekat dengan Ibu Kota Jakarta membuat kota ini menjadi tujuan wisata warga Ibu Kota.

Nah, pada artikel trip report kali ini Masbei akan menulis artikel mengenai wisata murah meriah ke Bogor. Bagaimana tidak, untuk 2 orang, total biaya yang Masbei keluarkan tidak lebih dari 100 ribu rupiah. Berikut ini kisah perjalanannya.

Naik KRL ke Taman Topi dan Kebun Raya Bogor

Perjalanan ini dimulai dari rasa bosan di akhir pekan hanya di rumah. Kemudian tercetus ide untuk berwisata ke Kota Bogor. Pertimbangannya karena lokasinya yang mudah dijangkau serta biayanya juga cukup murah hehehe.

Travel kali ini diawali dari Kota Jakarta. Bermodalkan kartu uang elektronik, kami berangkat ke Stasiun Jatinegara untuk naik KRL ke stasiun Manggarai. Sebenarnya ada kereta yang rutenya Jatinegara – Bogor, namun waktu dan jarak tempuhnya lebih lama karena jalurnya memutar. Masbei berangkat dari Stasiun Jatinegara kurang lebih pada pukul 7 pagi dan tidak lama kemudan sudah sampai di Manggarai. Langsung ganti kereta menuju ke Bogor.

Kurang lebih pada pukul 9-10 siang, kami sudah sampai di Stasiun Bogor. Beruntung cuaca saat itu cerah, jadi bisa meneruskan rencana.

baca juga : Rute dan Alamat Lokasi Wisata Pabangbon Bogor

Wisata Taman Topi Bogor

Tujuan utama kami di Bogor adalah Kebun Raya Bogor. Namun karena pas berangkat belum makan, maka kami mampir dulu di Taman Topi Bogor. Lokasi Taman Topi Bogor ini sangat dekat dengan Stasiun Bogor. Bahkan mungkin berdempetan dengan lokasi Stasiun Bogor.

Di Taman Topi Bogor ini tersedia aneka kuliner yang menggugah selera. Kuliner khas seperti soto mie dan sejenisnya tersedia di taman ini.

Selain kuliner, di Taman Topi Bogor ini juga terdapat wahana bermain untuk anak. Tapi sayangnya saya tidak masuk ke areal wahana permainan anak. Yaaa, sadar dengan umur lah, hehehe.

kebun raya bogor
Pintu masuk wahana bermain Taman Topi Bogor

baca juga : Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah Wajib Dikunjungi

Menuju Kebun Raya Bogor dari Stasiun Bogor

Setelah istirahat dan mengisi perut sejenak, kemudian kami lanjutkan perjalanan ke tujuan utama yaitu Kebun Raya Bogor. Lokasi Kebun Raya Bogor ini tidak jauh dari Stasiun Bogor. Lokasinya berada di sebelah kiri atau sebelah timur stasiun.

kebun raya bogor
Pintu masuk Istana Presiden Bogor

Untuk menuju ke Kebun Raya Bogor ini, teman – teman dapat menggunakan angkot nomor 2. Namun saat itu kami memutuskan untuk jalan kaki menuju ke lokasi. Alasannya karena saat bertanya kepada petugas keamanan stasiun, lokasi Kebun Raya Bogor hanya berjarak kurang lebih 200 meter dari stasiun. Dan lagi beliau mengatakan bahwa pintu alternatif yang ada di dekat Istana Keprisedenan dibuka pada saat hari libur. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk berjalan kaki sambil melihat – lihat Kota Bogor.

Namun ternyata pintu alternatif tersebut ditutup. Pintu hanya dibuka pada saat – saat tertentu. Yah, jadinya kami harus berjalan memutar cukup jauh. Ya, sekitar 1 kilometerlah, lumayan sambil olahraga, hehehe.

Akhirnya, setelah berjalan cukup jauh, sampai juga ke pintu masuk entah nomor berapa. Yang jelas dekat dengan koleksi anggrek- anggrekan. Langsung deh beli tiket masuk. Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor 2017 ini adalah  Rp. 15.000, untuk setiap orangnya. Oh iya, pas masuk, kami diperiksa oleh pak tentara, mungkin untuk antisipasi mengingat lokasinya yang berada di kompleks yang sama dengan Istana Preesiden.

istana presiden bogor
Keuntungan berjalan kaki, bisa liat dan kasih makan koleksi Kijang Istana Presiden, hehehe
kebun raya bogor
Jalan halus dan rindang

Jalan – jalan di Lokasi Kebun Raya Bogor

Setelah beres urusan tiket dan pemeriksaan kemanan, kami pun langsung masuk ke dalam areal  Kebun Raya Bogor yang luas ini. Kami kemudian masuk melihat – lihat koleksi anggrek yang beraneka ragam. Sayangnya tidak semua anggrek sedang berbunga.

wisata murah di bogor
Salah satu koleksi anggrek di rumah anggrek

Karena cukup capek, kami kemudian memutuskan untuk naik mobil wisata yang disewakan oleh pihak Kebun Raya Bogor. Untuk naik mobil ini dan mengelilingi kompleks Kebun Raya Bogor yang luas ini, setiap penumpang dikenakan tiket sebesar Rp. 15.000. Bagi yang kurang suka, teman – teman dapat menyewa mobil golf dengan tarif Rp. 25.000 per orang untuk sekali trip. Atau yang ingin berolahraga, dapat menyewa sepeda seharga Rp. 15.000 per jam nya.

Dengan menaiki shuttle bus tersebut, kami dibawa berkeliling Kebun Raya Bogor. Selama perjalanan, driver yang merangkap sebagai tour guide menginformasikan tentang lokasi – lokasi yang dilewati. Jadi, para penumpang jadi tau apa yang dilihatnya.

baca juga : Tempat Wisata Alam Di Bogor Yang Wajib Dikunjungi

Spot Berfoto si Kebun Raya Bogor

Areal Kebun Raya Bogor yang luasnya 87 hektar dengan koleksi tumbuhan tidak kurang dari 15.000 jenis pohon ini, tentunya sangat bagus untuk berfoto. Memang saat berada di sini masbei banyak melihat para pengunjung yang sedang asyik berfoto.

Salah satu lokasi favorit pengunjung untuk berfoto adalah jembatan gantung. Jembatan ini merupakan jembatan berbahan baku besi dengan warna merah. Memang sih jembatan ini cukup unik untuk berfoto.

Selain jembatan, sebenarnya hampir seluruh tempat di Kebun Raya Bogor ini bagus untuk berfoto. Foto dengan latar belakang pepohonan yang menjulang tinggi tentunya hal yang langka kita temui.

wisata murah bogor
Pepohonan yang besar dan tinggi bisa jadi obyek foto yang menarik
wisata kebun raya bogor
Jembatan gantung, salah satu spot primadona untuk berfoto

Museum Zoologi Kebun Raya Bogor

Setelah melihat – lihat koleksi tanaman yang ada di Kebun Raya Bogor, kami kemudian menuju ke Museum Zoologi. Untuk memasuki museum ini, kita tidak perlu membayar lagi. Tiket yang kita bayar pada saat masuk ke Kebun Raya Bogor sudah termasuk tiket masuk ke Museum Zoologi.

Sesuai dengan namanya, di Museum Zoologi Kebun Raya Bogor ini kita bisa melihat aneka koleksi hewan yang sudah diawetkan. Koleksinya cukup lengkap, mulai dari serangga hingga hewan laut ada di tempat ini.

Yang menarik dari museum ini adalah kerangka paus raksasa yang dipajang di bagian depan museum. Kerangka paus ini merupakan jenis paus biru yang ditemukan terdampat di pantai Jawa Barat. Paus ini memiliki panjang 25 meter. Wow, kurang lebih sepanjang bus Trans Jakarta gandeng tuh, hehehe.

museum zoologi bogor
Foto kerangka pausnya ilang TT, gantinya salah satu koleksi kerangka mamalia di Museum Zoologi

Kuliner dan Cinderamata di Kebun Raya Bogor

Tentunya tempat wisata tidak akan jauh dari kuliner atau makanan. Nah, begitu juga dengan Kebun Raya Bogor. Di dalam kebun dan juga di pintu utama terdapat zona kuliner. Ya cukuplah untuk mengganjal perut selama di sini.

Selain makanan, di Kebun Raya Bogor kita juga dapat membeli cinderamata yang unik. Cindera mata yang dijual di sini berkaitan dengan tanaman. Ada berbagai tanaman hias yang dapat teman – teman beli di sini. Ada juga bibit anggrek dalam botol dan juga tanaman karnivora kantong semar yang juga dijual di sini dengan harga terjangkau.

Biaya yang Dikeluarkan Untuk Berwisata di Kebun Raya Bogor

Seperti yang sudah Masbei singgung pada awal artikel, biaya yang kami keluarkan tidak sampa Rp. 100.000,- untuk 2 orang. Biaya tersebut meliputi :

  • KRL Jakarta- Bogor (PP)             : 2 x Rp. 12.000,- = Rp. 24.000,-
  • Tiket Masuk Kebun Raya Bogor : 2 x Rp. 15.000,- = Rp. 30.000,-
  • Tiket Shuttle Car                            : 2 x Rp. 15.000,- = Rp. 30.000,-
  • Angkot (sekali jalan)                     : 2 x Rp. 5.000,-   = Rp. 10.000,-
  • Total                                                 :                                    Rp. 94.000,-

Nah kan, kurang dari Rp. 100.000,- untuk 2 orang. Cukup ekonomis dan mudah kan. Jadi, berwisata di Kebun Raya Bogor dapat menjadi alternatif bagi teman – teman yang ingin berwisata dengan biaya yang murah dan terjangkau.

Oh iya, sedikit tips, jika berwisata ke Kota Bogor, sebaiknya bawalah payung atau jas hujan. Seperti kita ketahui, Kota Bogor memang dikenal dengan sebutan Kota Hujan. Hal ini kemarin kami alami. Pagi saat kami sampai di Bogor, cuaca cerah. Namun, setelah waktu Dzuhur, tiba – tiba langit menjadi gelap dan turun hujan yang lebat. Untungnya kami membawa payung, jadi ya ndak terlalu basah banget lah, hehehe.

Saya rasa cukup sekian dulu artikel trip report berwisata ke Kebun Raya Bogor dengan uang 50 ribu rupiah. Semoga bermanfaat bagi teman – teman sekalian. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com. Salam Indonesia.