Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Wisata Sejarah Palembang

Posted on

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Wisata Sejarah Palembang. Jika membicarakan Palembang, hampir dapat dipastikan kita berfikir mengenai kulinernya yaitu empek-empek. Namun, kita juga tidak boleh lupa bahwa dahulu kala ada sebuah kerajaan besar yang ada di Palembang ini. Kerajaan ini adalah Kerajaan Sriwijaya.

Berkaitan dengan Kerajaan Sriwijaya, di Palembang terdapat sebuah situs sejarah yang berkaitan dengan kerajaan ini. Situs ini adalah Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya yang juga difungsikan sebagai lokasi tempat wisata sejarah. Ada apa sih di situs ini? Berikut artikel singkatnya dari masbei.com.

baca juga : Tempat Wisata di Jogya Gua Selarong, Markas Diponegoro

Sejarah Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang

taman purbakala kerajaan sriwijaya palembang
Pendopo utama di kompleks Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya gambar : wikipedia

Sebelum menjadi obyek wisata sejarah, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya merupakan situs sejarah yang dikenal dengan nama Situs Karanganyar. Nama Situs Karanganyar ini diberikan karena memang secara administratif, situs ini berada di Kelurahan Karanganyar, Palembang.

Pada situs ini ditemukan struktur kompleks bangunan yang diyakini sebagai peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Struktur yang ditemukan antara lain jaringan kanal, parit dan juga kolam. Selain itu juga ditemukan berbagai artefak peninggalan kehidupan pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Berdasarkan hal – hal tersebut, kuat dugaan bahwa Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya ini merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya pada masa lampau.

Situs Karanganyar ini kemudian dipugar dan kanal – kanalnya dirapikan. Pada tanggal 22 Desember 1994, Situs Karanganyar ini diresmikan sebagai tempat wisata sejarah dengan nama Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya oleh Presiden Soeharto.

baca juga : Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi Jogja

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang Sebagai Tempat Wisata Sejarah

pulau cempaka sriwijaya
Pulau Cempaka yang merupakan pulau buatan di kawasan wisata ini gambar : wikipedia

Di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang, tentunya kita dapat belajar mengenai sejarah masa lampau yang berkaitan dengan Kerajaan Sriwijaya.  Banyak hal yang dapat kita pelajari disini. Terlebih dengan adanya Museum Sriwijaya yang berisi mengenai segala informasi yang berkaitan dengan Kerajaan Sriwijaya.

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang Sebagai Tempat Wisata Sejarah

pulau cempaka sriwijaya
Pulau Cempaka yang merupakan pulau buatan di kawasan wisata ini gambar : wikipedia

Di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang, tentunya kita dapat belajar mengenai sejarah masa lampau yang berkaitan dengan Kerajaan Sriwijaya.  Banyak hal yang dapat kita pelajari disini. Terlebih dengan adanya Museum Sriwijaya yang berisi mengenai segala informasi yang berkaitan dengan Kerajaan Sriwijaya.

Jadi, dengan berkunjung ke Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang, kita dapat menambah wawasan kita mengenai nenek moyang kita.

Di lokasi Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang ini juga terdapat replika kapal Laksamana Cheng Ho. Memang Cheng Ho memiliki peranan besar dalam penyebaran agama Islam di tanah Palembang ini. Oleh karena itu, dibuatlah replika perahu Cheng Ho yang ditempatkan di tepian kanal air kuno di kompleks wisata sejarah ini.

Selain sebagai tempat wisata sejarah, kita juga dapat menikmati indah dan uniknya peninggalan – peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Tentunya karena keunikan peninggalan – peninggalan ini, kita dapat memanfaatkannya untuk berfoto atau selfie.

Selain benda- benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya, disini ada juga kolam buatan yang menarik. Terdapat juga pulau buatan dan juga taman – taman yang cantik dan indah untuk berfoto.

Namun demikian, kita harus tetap menjaga kelestarian situs sejarah ini. Jangan sampai karena ulah kita, situs yang sangat bernilai sejarah ini rusak.

baca juga : Rumah Hobbit Merapi Jogja, Wisata Menarik dan Fotogenik

Harga Tiket Masuk Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang

tiket masuk taman purbakala palembang
Harga tiket masuk. gambar : mblusuk.com

Untuk dapat memasuki kawasan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang, setiap pengunjung akan dikenakan retribusi. Namun jangan khawatir, harga tiketnya cukup terjangkau kok. Bagi pengunjung yang akan masuk ke kawasan taman, dikenakan retribusi sebesar Rp. 3.000,-. Sedangkan bagi yang ingin masuk ke dalam museum, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 2.000,- untuk pengunjung dewasa dan Rp. 1.500,- untuk anak – anak.

Sedangkan bagi teman – teman yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan tarif sebesar Rp. 3.000,- untuk mobil, dan RP. 2.000,- untuk sepeda motor.

baca juga : Naik KRL ke Taman Topi dan Kebun Raya Bogor

Lokasi Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang ini terletak di Karang Anyar, Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30139. Taman ini hanya berjarak kurang lebih 4 kilometer dari pusat Kota Palembang.

Tempat wisata sejarah ini cukup mudah dijangkau dari Kota Palembang. Dengan kendaraan umum, kita dapat naik kendaraan umum dengan jurusan Tangga Buntung-Gandus.

Bagi teman – teman yang menggunakan kendaraan pribadi, teman – teman dapat menggunakan koordinat GPS berikut. Koordinat ini diambil dari Google Maps.

 

baca juga : Wisata Murah Meriah di Kota Tua Jakarta

Saya rasa cukup sekian artikel mengenai Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga dengan adanya artikel ini membuat kita lebih menghargai sejarah bangsa kita.

Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com. Salam Indonesia.