Soto Betawi, Wisata Kuliner Jakarta yang Khas

Posted on

Selain menjadi pusat pemerintahan Republik Indonesia, ternyata Jakarta memiliki daya tarik wisata. Objek wisata di Jakarta cukup bervariasi, salah satunya adalah wisata kuliner Jakarta. Tidak hanya wisata kuliner Jogja yang khas, Ibu kote juga punya kuliner yang khas dan sedap. Jika kita mendengar kata “Betawi” yang tersirat dalam pikiran kita adalah ibukota kita tercinta yaitu Jakarta. Tapi jika kita mendengar kata “soto Betawi” lantas apa yang tersirat didalam benak kita? Mungkin kita berfikir, soto ini adalah makanan yang dibuat oleh orang asli dari betawi, mungkin  juga ada  yang berfikir ini adalah makanan dari Jakarta entah itu pembuatnya asli dari Betawi atau dari pendatang yang mencari nafkah dikota Jakarta. Oke mari kita bahas, Jika berbicara mengenai sejarah dari soto ini ternyata soto yang satu ini telah berumur sekitar 37 tahun tepatnya pada tahun 1977 dan diperkenalkan oleh penjual soto didaerah prinsen park. Nama dari penjual tersebut sering dipanggil dengan sebutan soto kaki pak “X” dan dengan sebutan lainya.

soto betawi
Soto Betawi sangat nikmat disantap dengan nasi putih hangat

Soto Betawi, Wisata Kuliner Jakarta yang Khas

Setelah membahas sejarahnya, lanjut kita membahas bentuk fisik dan komposisi dari soto Betawi ini. Bentuk fisiknya tidak jauh berbeda dengan soto-soto lainya yang ada dinusantara, namun perbedaan yang begitu mencolok terlihat dari warna kuahnya yang berwarna putih keruh, ini disebabkan karena kandungan santan yang ditambah dengan bumbu rempah yang cukup dominan yang terdapat dalam soto ini. Komposisi yang terdapat dari soto ini antaralain seperti daging sapi, hati sapi, torpedo serta emping sebagai pelengkapnya membuat makanan menjadi terasa gurih. Tak herah banyak masayarakat Jakarta dan luar Jakarta yang menggemari makanan ini.

wisata kuliner jakarta
Soto Betawi merupakan kekayaan wisata kuliner Jakarta

Harga Soto Betawi Relatif Murah

Untuk bisa menikmatinya, kita tak perlu merogoh kocek yang dalam karena makanan yang satu ini hanya dihargai Rp.10.000 saja, serta kita dapat mudah menemuinya diseluruh daerah dijakarta, mulai dari pedagang kaki lima, restoran ternama, hingga hotel berbintang sekalipun.Tapi yang harus perlu kita perhatikan jika ada saudara atau temankita, atau bahkan juga kita yang mengidap kolesterol tinggi tidak disarankan untuk mengkonsumsi soto Betawi, makanan khas wisata kuliner Jakarta  ini. jika kita kembali mengingat apa saja bahan-bahan yang terkandung dalam soto ini, bahan-bahan yang digunakan merupak bahan yang mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Tidak dianjurkan pula makan soto ini secara berlebihan. Jadi harus tetap hati-dalam memilih makanan dan tentunya tidak boleh berlebihan.

oleh oleh jakarta
Walaupun nikmat, jangan berlebihan mengkonsumsi Soto Betawi, terutama bagi penderita kolesterol tinggi