Sindu Kusuma Edupark, Tempat Wisata Edukasi Sekaligus Wisata Hiburan Semua Umur di Yogyakarta

Posted on

Membicarakan tempat wisata di Kota Yogya memang tidak ada habisnya, misalkan saja seperti Sindu Kusuma Edupark yang akhir-akhir ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit kekinian. Tempat wisata yang satu ini di bangun di atas tanah seluas 7 hektar, sehingga menjadikannya sebagai tempat wisata terbesar di wilayah Yogyakarta. Tempat wisata yang dibuka dari sejak tahun 2014 ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan dari daerah lokal, luar kota, maupun mancanegara. Penasaran seperti apa tempat wisata Sindu Kusuma Edupark? Berikut sedikit ulasannya.

Apa Saja sih yang Ada di Sindu Kusuma Edupark?

sindu kusuma edupark
Salah satu wahana khas Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark menghadirkan berbagai macam fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Salah satu ciri khas wahana permainan di sana adalah Cakra Manggilingan atau biasa dikenal dengan bianglala. Wahana yang menjadi icon dari Sindu Kusuma Edupark ini memiliki tinggi 48 m yang diukur dari permukaan tanah, sehingga membuatnya menjadi wahana permainan paling tinggi di wilayah Indonesia. Bianglala tertinggi tersebut diberikan 28 kabin dan di setiap ruangnya bisa menampung maksimal 4 orang. Kalau Anda menaiki wahana tersebut, Anda bisa menyaksikan kota Yogya secara luas, karena Anda melihatnya dari jarak yang cukup tinggi. Tentu Anda juga akan merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan menaiki wahana bianglala pada umumnya.

Tidak hanya bianglala itu saja yang bisa para wisatawan nikmati, karena masih banyak lagi wahana permainan yang bisa dicoba sensasinya. Sebut saja seperti House of Terror, Sepur Cilik, Montor Tumbur, Kursi Mabur, Cinema 8D, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu permainan-permaianan tersebut bukan hanya untuk orang dewasa saja, tapi juga diperuntukan untuk anak-anak. Jadi, jangan khawatir untuk wisatawan yang membawa anak-anaknya. Namun, untuk melengkapi kegembiraan anak-anak, Sindu Kusuma Edupark juga sudah melengkapinya dengan salah satu wahana wisata edukasi, yakni Dino Park. Di Dino Park ini, anak-anak bisa belajar tentang sejarah dinosaurus, belajar berbagai macam jenis dinosaurus, dan sebagainya. Tentunya anak-anak juga akan senang dengan kegiatan belajar sekaligus bermain, karena di dalam wahana tersebut juga terdapat beberapa mainan yang bisa mereka coba.

Wahana yang menyenangkan untuk anak-anak tidak hanya itu saja, karena mereka masih bisa menikmati Tenggoro Budoyo dan Kampung Seni. Jika masuk ke dalam Kampung Seni, anak-anak maupun Anda bisa belajar bagaimana caranya membatik, melukis, bermain alat musik tradisional, menari, dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa Anda coba di sana. Wisatawan yang mencoba membuat batik atau melukis bisa membawa pulang hasil karyanya sebagai kenang-kenangan. Lalu, jika malam hari tiba, para wisatawan akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan lampu berwarna-warni di Festival Lampu. Berbagai macam bentuk lampu dihadirkan untuk menghibur para wisatawan yang berkunjung pada malam hari. Tentu hal tersebut jangan sampai Anda lewati untuk diabadikan dan dibagikan ke media social Anda jika berkunjung ke Sindu Kusuma Edupark.

baca juga : Kebun Teh Kulon Progo di Nglinggo Wisata Jogja yang Indah dan Asri

Harga Tiket Masuk ke Sindu Kusuma Edupark

dino park sindu kusuma edupark
Dino Park yang terdapat di Sindu Kusuma Edupark yang bisa mengedukasi sekaligus melengkapi liburan anak-anak

Untuk para pengunjung yang ingin menikmati beberapa wahana permainannya, setiap orangnya harus membayar tiket sebesar Rp 15.000 untuk umum. Namun, kalau ingin mendapatkan keuntungan bermain sepuasnya untuk 10 wahana dan sekali percobaan untuk 3 wahana, Anda harus membayar tiket sebesar Rp 70.000 untuk 1 orang.

baca juga : Lokasi Kebun Bunga Matahari Spot Foto Baru Bantul

Lokasi Sindu Kusuma Edupark

wisata di joga
Jangan lupa kunjungi Festival Lampu yang menghadirkan banyak lampu warna-warni yang indah

Untuk menuju ke Sindu Kusuma Edupark, Anda tidak perlu repot-repot mencari jalannya, karena akses menuju ke tempat ini sangatlah mudah karena terletak di pusat kota Yogyakarta. Untuk alamat lengkapnya, Jl. Magelang Km 2 Sinduadi, Mlati. Sedangkan untuk jam bukanya di mulai dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam dan dibuka setiap hari.