Rute Lokasi Tebing Watu Mabur, Bantul Jogja

Posted on

Rute Lokasi Tebing Watu Mabur, Bantul Jogja. Satu lagi obyek wisata alam yang dibuka untuk umum di Jogja. Tempat ini bernama Tebing Watu Mabur. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, “Watu Mabur” berarti batu yang terbang. Hmmmm dari namanya saja sudah membuat kita penasaran. Bagaimana batu kok bisa terbang? Emang punya sayap? Nah daripada penasaran, yuk kita bahas mengenai Obyek Wisata Alam Tebing Watu Mabur Jogja.

rute lokasi tebing watu mabur
Gerbang menuju Tebing Watu Mabur Mangunan

Pesona Keindahan Tebing Watu Mabur Jogja

Tentunya suatu obyek wisata jika sudah dibuka untuk umum pasti memiliki daya tarik tersendiri bagi calon pengunjungnya. Entah itu merupakan tempat yang bernilai sejarah tinggi, memiliki sesuatu yang unik, atau memiliki panorama yang menawan. Nah, di Tebing Watu Mabur ini, kita akan disajikan pemandangan alam yang indah dari atas ketinggian. Tempat wisata murah di Jogja ini mendapatkan julukan Tebing Watu Mabur karena posisinya berada di ketinggian dan pada bagian bawah jurang sering muncul kabut yang membuat seolah-olah tebing tersebut terbang. Selain itu, kita juga dapat menikmati sunrise yang indah dari atas tebing ini. Di sini juga biasa digunakan sebagai tempat berkemah, jadi jika teman- teman yang memiliki hobi kemping, teman – teman dapat mendirikan tenda. Oh iya karena tempat ini tergolong masih baru dikelola sebagai tempat wisata, maka fasilitasnya belum begitu lengkap. Namun sudah dibangun beberapa spot untuk berfoto yang tentu saja instagramable, hehehe. Jadi, bagi teman –teman yang doyan foto – foto, jangan lupa bawa perangkat fotografinya ya.

rute lokasi tebing watu mabur
Salah satu spot berfoto di Tebing Watu Mabur yang baru dibangun sumber gambar : https://www.instagram.com/jogjaku

Rute Lokasi Tebing Watu Mabur

Lokasi Tebing Watu Mabur berada tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Tepatnya, wisata Tebing Watu Mabur Beralamat di Mangunan, RT.28, Lemahbang, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Untuk Rute Lokasi Tebing Watu Mabur sendiri dapat ditempuh melalui 2 rute. Rute pertama adalah kita mengikuti papan petunjuk rute menuju Kebun Buah Mangunan dan Bukit Panguk. Pada persimpangan yang terdapat sebelum sampai Bukit Panguk, sudah ada petunjuk araah yang langsung membawa kita ke lokasi Tebing Watu Mabur. Alternatif lainnya adalah melalui jalur utama menuju Dlingo. Kita ikuti jalur tersebut hingga sampai ke persimpangan yang memisahkan Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan, di sini kita ambil jalur lurus menuju ke arah Dlingo. Dari sini, lokasi Tebing Watu Mabur hanya berjarak kurang lebih 2 kilometer. Kita akan mendapati papan petunjuk menuju lokasi di kanan jalan namun kurang begitu terlihat, sehingga kita harus cermat sebelum kesasar, hehehe. Nah, rute lokasi Tebing Watu Mabur yang kedua ini memiliki jarak tempuh yang lebih dekat jika dibandingkan yang pertama, namun kita tidak melewati beberapa obyek wisata gardu pandang lain, walaupun demikian, kita akan melewati obyek wisata alam lain yaitu Gua Gajah.

lokasi tebing watu mabur
Pemandangan kabut yang syahdu dari atas Tebing Watu Mabur

Fasilitas dan Tarif Tebing Watu Mabur

 

Setelah membahas rute lokasi Tebing Watu Mabur, satu yang tidak kalah penting adalah membahas masalah budget. Sehingga kita bisa mempersiapkan berapa dana yang harus dibawa. Jangan khawatir, saat tulisan ini dibuat, untuk memasuki lokasi Tebing Watu Mabur, kita tidak dikenakan tariff/ tiket masuk, hanya dipersilahkan untuk memberikan donasi seikhlasnya dimana donasi tersebut akan digunakan untuk mengembangkan wisata Tebing Watu Mabur ini agar lebih nyaman dan lebih menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Sedangkan bagi teman – teman yang berencana untuk berkemah disini, akan dikenakan terif Rp. 10.000,00 per malam, tariff ini pun pada waktu – waktu tertentu tidak dikenakan, dan kita dapat berkemah dengan gratis.

 

Saya rasa cukup sekian dulu artikel Rute lokasi Tebing Watu Mabur, Bantul Jogja kali ini. Semoga bermanfaat bagi teman – teman. Terima kasih, salam Indonesia dan mari kita jaga keindahan Indonesia.