Peta Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, Bantul

Posted on

Peta Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, Bantul. Pesona keindahan alam di Indonesia memang sangat luar biasa. Tidak salah jika Koes Plus menyebut Indonesia dengan istilah “Ratna Mutu Manikam” yang artinya kurang lebih adalah intan permata yang indah. Salah satu daerah yang memiliki pesona keindahan alam yang indah adalah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dulu mungkin jika kita berbicara tentang wisata Jogja mungkin kita hanya akan membahas seputar Keraton Jogja, Prambanan, Malioboro, Tugu Jogja, dan sekitarnya. Namun, beberapa tahun belakangan ini, kreatifitas dan kejelian masyarakat Jogja mulai tergugah untuk mengembangkan tempat – tempat yang potensial untuk dijadikan sebagai tempat wisata yang baru. Salah satunya adalah Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, Bantul. Ada apa di sana? Berikut ini artikel singkatnya.

rute menuju bukit pangukkediwung dlingo
Salah satu spot berfoto di Bukit Panguk Kediwung Dlingo, sumber gambar : https://www.instagram.com/jogjaku

baca juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Pesona Bukit Panguk Kediwung Dlingo Bantul

Sesuai dengan namanya, Bukit Panguk Kediwung adalah salah satu tempat wisata Dlingo Bantul. Memang saat ini di kawasan Bantul Tenggara banyak dilakukan pembukaan tempat – tempat potensial sebagai obyek wisata, sebut saja Hutan Pinus Mangunan, Tebing Watu Mabur, Hutan Pinus Pengger, dan sebagainya. Tempat wisata di Jogja ini merupakan salah satu yang sedang dioptimalkan sebagai tempat wisata, karena memang tempat ini memiliki daya tarik keindahan alam yang menawan. Wisata Bukit Panguk Dlingo ini tergolong masih cukup baru. Tempat ini dibuka sebagai tempat wisata pada tanggal 16 Mei 2016 silam.

baca juga :

Wisata Jogja : Hutan Pinus Mangunan yang Asri, Imogiri

Rute Jalan Menuju Hutan Pinus Pengger Dlingo, Wisata Hits Jogja

Rute Lokasi Tebing Watu Mabur, Bantul Jogja

Masyarakat pengelola wisata hist ini tentunya sangat mengerti tentang trend sosial media terutama Instagram yang sedang naik daun. Mereka memanfaatkan trend ini untuk mengangkat nama Bukit Panguk Kediwung. Strategi yang mereka laukan yaitu dengan cara menyediakan dan membuat setting spot – spot untuk berfoto.

Tidak salah jika pengelola memanfaatkan kelebihan ini karena memang pemandangan di tempat wisata hist di Jogja ini sangat Instagramable. Jadi, bagi penggila fotografi dan selfie, tempat ini dapat menjadi salah satu tujuan jika sedang berkunjung ke Jogja dan jangan lupa persiapkan perangkat fotografi teman – teman sekalian.

Berfoto di  Spot Foto Gardu Pandang

Pengelola tempat wisata ini dengan kreatifitas mereka membuat beberapa gardu pandang. Gardu pandang ini dibuat dari susunan kayu dengan bentuk yang beraneka macam dan menarik. Dari gardu pandang ini, para pengunjung dapat berfoto maupun menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Jika kita datang pada pagi hari, kita dapat mengambil foto dengan latar belakang gumpalan kabut yang membuat kita seolah – olah berada di negeri di atas awan. Selain itu, guratan sinar mentari yang baru terbit juga membuat pemandangan menjadi sangat indah. Bagaimana jika kita datang sudah agak siang? Jangan khawatir, karena walaupun kabut di bawah sudah tidak ada, hijaunya pepohonan sudah siap menggantikan kabut sebagai backgroundnya.

tempat wisata dlingo bantul
Gardu Pandang untuk berfoto para pengunjung

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, Bantul

Berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung ini tidak membuat kantong kita bolong. Meskipun pemandangannya indah, namun untuk memasuki tempat wisata ini kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Para pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan. Tarif parkirnya pun tidak terlalu mahal, hanya Rp. 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

baca juga : Tempat Wisata Murah di Jogja

Tempat wisata hits ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Jadi teman – teman dapat berkunjung kapan saja. Namun, jika ingin lebih bebas, saya sarankan untuk berkunjung pada hari kerja untuk menghindari banyaknya pengunjung dan lebih puas untuk berfoto ria. Maklum, sebagai obyek wisata hits di Jogja ini pastinya akan dipadati pengunjung pada saat liburan tiba.

sunrise bukit panguk kediwung
Bukit Panguk Kediwung di pagi hari

Peta Rute Menuju Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Lokasi Bukit Panguk Kediwung terletak di sebelah timur Kota Bantul. Alamat lengkap dari Bukit Panguk adalah : Kediwung, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Bukit Panguk berada tidak jauh dari lokasi Tebing Watu Mabur yang juga memiliki pemandangan yang indah.

Untuk peta rute menuju lokasi Bukit Panguk Kediwung, jika dari arah Kota Jogja, kita dapat mengambil jalur melalui Jalan Imogiri Timur. Dari Terminal Bus Giwangan, kita menuju ke arah selatan (jl Imogiri Timur), kita ikuti jalan menuju ke arah Makam Raja – raja Imogiri.

Sebelum memasuki kompleks makam, kita akan menemui papan petunjuk menuju ke Kebun Buah Mangunan, kita ikuti arah menuju ke Kebun Buah Mangunan tersebut dan kita akan menemui petunjuk arah menuju Bukit Panguk Kediwung.

Sedikit saran dari saya, jika menggunakan kendaraan untuk menuju ke tempat ini tetap berhati – hati dan waspada karena rute menuju lokasi Bukit Panguk Kediwung didominasi oleh tanjakan yang cukup terjal. Jadi pastikan kondisi kendaraan teman – teman dalam keadaan prima. Pastikan komponen vital seperti rem, rantai, dan lampu dalam keadan prima. Hal ini terutama jika teman – teman berencana berangkat menuju Bukit Panguk Kediwung pada pagi buta/ malam hari.

Agar tidak bingung, berikut ini saya sertakan posisi Bukit Panguk Kediwung sesuai dengan koordinat GPS yang saya ambil dari Google Maps.

Nah, Indonesia itu indah bukan? Oleh karena itu, mari kita jaga alam kita agar tidak rusak. Yups, saya rasa cukup sekian artikel singkat saya mengenai Peta Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, Bantul. Jika banyak kesalahan atau ada yang kurang berkenan, saya mohon maaf. Terima kasih sudah mampir di blog ini, salam Indonesia.