Pantai Watu Lumbung, Keindahan Alam yang Masih Terselubung

Posted on

Melakukan suatu perjalanan wisata merupakan salah satu alternatif untuk meringankan beban setelah melakukan banyak pekerjaan. Berwisata bisa dilakukan dengan mengunjungi berbagai macam tempat. Salah satu lokasi wisata yang bisa digunakan untuk berwisata alam tempat wisata alam. sangat mudah menemukan tempat wisata alam di Indonesia, apalagi bila mengunjungi Yogyakarta. Banyak sekali wisata alam yang bisa dikunjungi.

Wisata alam terkenal di Yogyakarta ada banyak. Mulai dari gunung, goa dan pantai. Salah satu pantai terkenal di Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini menjadi salah satu ikon Kota Yogykarta yang sudah terkenal. Namun, selain Pantai Parangtritis ada banyak pantai lain yang bisa dikunjungi untuk menyegarkan badan dan pikiran. Salah satu alternatif pantai adalah Pantai Watu Lumbung.

Pantai Watu Lumbung Yang Unik

panta watu lumbung

Pantai Watu Lumbung merupakan salah satu pantai yang belum banyak dikunjungi oleh orang-orang. Padahal, dengan mengunjungi pantai ini, para wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Pantai Watu Lumbung memiliki ciri khas 2 batu besar yang berada tidak terlalu jauh dari tepi pantai. Selain itu pasir putih akan menyapa ketika pengunjung tiba. Pasir putih dan pemandangan indah lainnya bisa dinikmati oleh pengunjung yang ingin sejenak melepas penat.

Penamaan pantai ini dilatarbelakngi oleh bentuk bebatuan yang ada. Batu yang ada disitu menyerupai lumbung yang digunakan oleh para petani untuk menumbuk padi. Konon katanya, bentuk tersebut terjadi karena adanya ledakan gunung berapi yang terjadi berabad-abad yang lalu. Kekuatan alam itulah yang menyebabkan Pantai Watu Lumbung menjadi indah untuk dipandang.

baca juga : Lokasi Pantai Sanglen Gunung Kidul Tempat Wisata Alam di Jogja

Rute Menuju Pantai Watu Lumbung

pantai watu lumbung jogja

Perjalanan menuju pantai ini bisa dengan mengikuti arahan yang ada dalam maps. Meskipun belum terlalu banyak memiliki pengunjung, keberadaan Pantai Watu Lumbung sudah bisa dicari pada setiap maps di masing-masing telepon pintar.

Pantai Watu Lumbung memang berada sedikit jauh dari tepi jalan. Pengunjung terlebih dahulu harus melewati jalan yang berliku dengan kondisi yang sedikit buruk, yaitu jalan yang tidak rata atau penuh batuan. Disarankan untuk mengunjungi pantai ini ketika musim kemarau, karena ketika hujan, dikhawatirkan jalan menuju pantai ini akan licin. Selain itu, kondisi ombak Pantai Selatan tidak cukup tenang untuk dinikmati.

Setelah melewati jalan yang berliku, pengunjung akan melewati gerbang retribusi dan memarkirkan kendaraannya tidak jauh di sana. Mulai dari situ pengunjung diharuskan untuk berjalan kaki untuk melewati jalan setapak yang menurun untuk sampai ke bibir pantai. Di sekeliling jalan setapak itu terdapat tumbuhan hijau liar yang mengiringi langkah kaki para pengunjung. Pengunjung diharap waspada karena medan perjalanan yang belum cukup baik.

Pemandangan Pantai Watu Lumbung juga sangat apik bila dilihat dari atas. Pantai dengan batuannya yang besar serta dikelilingi oleh beberapa tebing menambah kesan eksotis yang dimiliki. Pengunjung bisa mengambil beberapa foto sebelum memutuskan untuk turun. Namun, pengunjung juga diharap waspada. Jangan terlalu mendekati bibir tebing untuk menghindari kecelakaan yang mungkin terjadi.

Disarankan juga bagi pengunjung untuk membawa bekal makanan sendiri karena disana belum ada warung yang menjual keperluan pengunjung. Apalagi mengingat jalur perjalanan yang tidak begitu baik sehingga dapat menguras tenaga. Dengan membawa bekal sendiri pengunjung diharap tetap bisa menikmati pemandangan secara tenang.

baca juga : Jembatan Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul yang Unik

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lumbung

pantai watu lumbung

Untuk memasuki pantai ini, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah. Sedangkan untuk memarkir kendaraan, pihak pengelola hanya mematok tarif sebesar 3 ribu rupiah. Harga yang murah untuk dapat melepas lelah dengan melihat pemandangan yang menakjubkan.