Pantai Turki Kalimantan Selatan yang Mempesona

Posted on

Pantai Turki Kalimantan Selatan yang Mempesona. Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang cukup dikenal sebagai tujuan wisata. Wisata utamanya adalah sentra batu mulia yang berada di kawasan Martapura.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, Kalimantan Selatan mulai mengembangkan sektor wisata alamnya. Kalimantan Selatan memiliki garis pantai yang cukup panjang. Oleh karena itu, wisata pantai mulai dieksplore sebagai tempat wisata untuk umum. Ada beberapa lokasi pantai yang sudah di explore seperti Pantai Muara Kintap, dan juga Pantai Turki.

Pada artikel kali ini, masbei.com akan membahas tentang Pantai Turki Kalimantan Selatan. Untuk Pantai Muara Kintap sudah masbei tulis dalam artikel sebelumnya.

baca juga : Jalan Menuju Pantai Muara Kintap, Kalimantan Selatan

Pantai Turki Kalimantan Selatan yang Mempesona

pantai turki banjarmasin
Pasir pantai berwarna cokelat dibelai lebut oleh ombak.
instagram.com/kang_ewockz

Nama Pantai Turki ini sekilas membuat orang terbayang akan nama sebuah negara. Namun ternyata, nama tersebut tidak ada hubungannya dengan Negara Turki. Nama Pantai Turki ini merupakan singkatan dari Tungkaran Kiri. Tungkaran Kiri merupakan nama desa yang berada di daerah Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut.

Wisata Pantai di Kalimantan Selatan ini merupakan salah satu tempat wisat yang cukup unik. Keunikan ini terletak pada status kepemilikan pantai. Pantai Turki merupakan pantai yang dimiliki dan dikelola secara pribadi. Pantai ini dimiliki dan dikelola oleh Keluarga Triswanto.

Awalnya memang pantai ini tidak dibuka untuk umum. Alasannya adalah karena Pantai Turki Jorong ini memang merupakan properti milik pribadi. Namun karena adanya pengunjung yang berdatangan di tempat ini, akhirnya pemilik membuka tempat ini sebagai tempat wisata untuk umum.

baca juga : Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

Fasilitas Pantai Turki Banjarmasin

pantai tungkaran kiri kalimantan selatan
Tempat bersitirahat atau untuk menikmati indahnya pantai telah disediakan oleh pengelola.
instagram.com/ahmadkcaps

Sebagai tempat wisata yang dikelola secara pribadi, pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup baik. Setidaknya ada 8 buah gazeebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat. Ada juga 9 buah kursi payung untuk bersantai. Selain itu, ada juga rumah pohon yang tentu saja menarik perhatian pengunjung. Saat ini baru dibangun satu unit rumah pohon, namun kedepannya akan terus dikembangkan lagi agar lebih menarik.

Harga Tiket Masuk Pantai Tungkaran Kiri Kalimantan Selatan

rumah pohon pantai turki
Rumah pohon yang cakep untuk berfoto.
instagram.com/futuredayah

Untuk memasuki kawasan wisata pantai ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- untuk setiap pengunjungnya. Yang menarik adalah, pengunung dikenakan juga retribusi sebesar Rp. 2.500,- dimana retribusi ini akan dialokasikan untuk pembangunan sarana ibadah di Desa Tungkaran. Jadi, jika kita berwisata di Pantai Turki ini selain bisa menikmati keindahan pantainya, kita juga sekaligus beramal dalam membangun sarana ibadah. Menurut saya sih ini hal yang luar biasa (maksudnya jarang dilakukan di tempat lain, hehehe) dan memiliki nilai yang sangat positif.

baca juga : Yuk Ber- wisata di Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan

Lokasi Pantai Turki Kalimantan Selatan

Alamat Pantai Turki Kalimantan Selatan berada di Desa Swarangan RT 08 RW 04, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut. Untuk menuju ke tempat wisata ini, teman – teman dapat mengikuti rute GPS yang saya ambil dari Google Maps berikut ini.

 

Nah itulah sekilas mengenai pantai ‘pribadi’ Pantai Tungkaran Kiri yang berada di Tanah Laut. Cukup menarik dan unik bukan? Terlebih pantainya yang tenang dan tentunya memiliki rumah pohon yang asyik buat berfoto.

Saya rasa cukup sekian artikel mengenai Pantai Tungkaran Kiri atau Pantai Turki Banjarmasin ini. Semoga artikel singkat ini berguna bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com. Mari jaga keindahan Indonesia dengan menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah sembarangan. Terima kasih, salam Indonesia.