Pantai Tonrangeng Parepare yang Mempesona

Posted on

Pantai Tonrangeng Parepare yang Mempesona. Parepare merupakan salah satu daerah yang berada di sisi Barat Sulawesi Selatan. Karena lokasinya yang ada di sisi paling barat, maka tidak heran jika Parepare memiliki garis pantai yang cukup panjang. Di kawasan garis pantai Parepare ini terdapat sebuah pantai yang mempesona. Pantai ini bernama Pantai Tonrangeng. Bagaimana keadaan pantai ini? Berikut artikel singkatnya dari masbei.com.

Pesona Pantai Tonrangeng Parepare Sulawsei Selatan

pantai tonrangeng
Pasir putih terhampat di sepanjang pantai (instagram.com/andii.suriyanti)

Pantai Tonrangeng merupakan satu dari sekian banyak wisata pantai yang ada di Sulawesi Selatan. Wisata pantai ini memiliki pemandangan yang indah. Pasirnya berwarna putih bersih membuat pantai ini memiliki pemandangan yang menawan. Selain itu, airnya yang jernih membuat pantai ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Di pantai ini juga terdapat pepohonan kelapa yang tegak berjajar di sepanjang pantai. Diseberang lautan nampak perbukitan yang menghijau. Tentunya pemandangan ini membuat pantai ini menjadi semakin menawan.

Disini, kita juga dapat bermain air laut, karena ombaknya tidak terlalu besar. Meskipun demikian, kita tetap harus berhati – hati saat bermain air. Kita tidak dapat memprediksi alam, oleh karena itu lebih baik kita tetap waspada.

baca juga : Wisata Pantai Tope Jawa Takalar

Pantai Tonrangeng, Dikembangkan oleh Investor Lokal

Pantai ini memiliki latar belakang yang cukup unik. Pada awalnya, Pantai Tonrangeng Parepare ini kurang diperhatikan sehingga keadaannya kurang terawat. Namun, berkat  H. Karlos Husain yang merupakan salah satu pengusaha di Parepare, saat ini pantai ini menjadi menarik untuk dikunjungi. Beliaulah yang secara swadaya membangun kawasan pantai ini sehingga menjadi layak untuk dikunjungi. Hal ini mirip dengan Pantai Turki Kalimantan Selatan yang juga dikelola oleh pribadi karena tidak digarap oleh pemerintah setempat.

pantai pasir putih tonrangeng parepare
Gazeboo dengan payung warna – warni merupakan salah satu fasilitas yang ada di pantai ini (instagram.com/budaksajakpare)
wisata pantai pare parepare
Sunset menawan di Pantai Pasir Putih Tonrangeng Parepare (instangram.com/alvinliady)

Oleh H. Karlos, pantai ini ditata sedemikian rupa sehingga pengunjung nyaman untuk berkunjung kesini. Gazebo yang dilengkapi dengan payung berwarna warni menghiasi garis pantai ini. Selain itu, mini cafe dan juga lampu – lampu hias mempercantik pantai ini pada malam hari. Memang pantai ini dibuka hingga pukul 11 malam. Oleh karena itu, pengunjung juga dapat menyaksikan sunset indah di pantai berpasir putih ini.

Kedepannya, pantai ini akan terus dikembangkan. Saat ini, Pantai Tonrangeng ini sudah mencapai 60-70% dari rencana pembangunan. Diharapkan pantai indah ini dapat bersaing dengan pantai – pantai lain yang ada di Indonesia.

Selain pemandangannya yang cantik, Pantai Tonrangeng Parepare juga menawarkan wisata kuliner yang tidak kalah menarik. Ada olahan ikan bakar dan seafood lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Ikan yang diolah merupakan hasil tangkapan nelayan sekitar.

baca juga : Pantai Turki Kalimantan Selatan yang Mempesona

Harga Tiket Masuk Pantai Tonrangeng Parepare Sulawesi Selatan

Untuk menikmati keindahan alam di pantai ini, bukan berarti kita harus merogoh kocek yang dalam. Kita hanya perlu menyiapkan uang Rp. 5.000,-. Ya, harga tiket masuk Pantai Tonrangeng ini hanya Rp. 5.000,- untuk setiap pengunjungnya. Cukup terjangkau bukan?

baca juga : Destinasi Pantai Losari Sulawesi Selatan Yang Mempesona

Lokasi Pantai Tonrangeng Parepare

Seperti yang telah disebutkan di atas, pantai cantik ini berada di Kota Parepare. Adapun aamat lengkapnya adalah  Makassar – Pare-Pare, Ujung Sabbang, Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat Kota Parepare. Jaraknya hanya sekitar 3 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh hanya berkisar 5 menit jika menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi teman – teman yang ingin mengunjungi tempat ini, teman – teman dapat mengikuti petunjuk dari GPS dari Google Maps berikut ini.

 

Saya rasa cukup sekian artikel dari Masbei tentang Pantai Tonrangeng. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com, salam Indonesia.