Indahnya Pantai Rancabuaya Garut yang Eksotis

Posted on

Apakah Anda belum memiliki rencana liburan di musim liburan yang sebentar lagi tiba? Kalau belum, mungkin Anda bisa memasukan Garut sebagai destinasi wisata Anda, karena di sana terdapat beberapa tempat wisata alam pantainya yang indah.

Salah satu wsiata alam yang indah tersebut adalah Pantai Rancabuaya. Pantai ini memiliki banyak keindahan alam yang tidak kalah indah dengan pantai lainnya di Garut. Lalu, seperti apa sih Pantai Rancabuaya ini? Berikut sedikit ulasannya.

Pantai Rancabuaya yang Indah

pantai rancabuaya
Salah satu sudut Pantai Ranca Buaya yang eksotis

Pantai yang berada di Garut ini memiliki keindahan yang berasal dari batu-batu karang dan lautnya yang menyatu dengan Samudera Hindia. Oleh karena itu, tidak heran kalau ombak di Pantai Rancabuaya relatif besar. Besarnya ombak ini juga mengundang beberapa perselancar yang mencoba nyalinya untuk berselancar di wilayah pantai ini.

 

Hal lain yang menjadi daya tarik wisatawan adalah terdapatnya tebing yang besar yang cocok untuk dijadikan spot foto.  Dari tebing ini, kita juga bisa manyaksikan pemandangan indah saat sunset dan sunrise.

Pasir di kawasan pantai ini cukup kasar. Hal ini disebabkan karena adanya serpihan – serpihan cangkang kerang yang terbawa oleh ombak ke tepian pantai. Oleh karena itu, kita tetap harus berhati – hati saat bermain pasir di kawasan pantai agar tidak terluka oleh serpihan cangkang kerang tersebut.

Namun demikian, di kawasan pantai ini juga terdapat pasir yang relatif halus. Lokasinya berada di sisi lain bibir pantai. Pasirnya itu benar-benaar sangat halus dan luasnya pun mencapai 1,525 ha.

Jika Anda berada di sekitar bibir pantainya yang ada bebatuan karang, di sana akan tampak jelas rumput laut yang tumpuh di sepanjang pantainya. Terdapat pula ganggang hijau yang tumbuh di kawasan pantai ini.

baca juga : Pantai Watu Lumbung, Keindahan Alam yang Masih Terselubung

Daya Tarik Pantai Ranca Buaya

pantai garut
Banyaknya batu-batu karang di Pantai Rancabuaya

Tidak ketinggalan juga Anda bisa melakukan snorkeling untuk melihat lebih jelas kehidupan bawah lautnya yang indah untuk dipandang. Anda bisa melihat berbagai macam ikan serta karang yang cukup banyak dan besar. Namun, kebanyakan ikan yang berada di wilayah Pantai Rancabuaya ini berupa ikan tuna serta ikan karang.

Pengunjung pun bisa melihat berbagai macam ikan kecil-kecil dan bintang laut yang berada di kolam kecil alami yang berada di sekitar pantai.

Bagi pengunjung yang hanya sekedar duduk santai pun bisa merasakan hawa pantainya yang cukup segar. Suara deburan ombak, angin pantainya yang semilir, serta pohon ketapang dan pohon kelapa pun menjadi pelengkap yang manis untuk waktu bersantai.

Di dekat panta juga terdapat sebuah puncak yang sangat pas untuk menunggu momen sunrise dan sunset, yakni Puncak Guha Garut. Namun, dari semua yang ada di Pantai Rancabuaya, ada satu hal yang menjadi icon para wisatawan yang berkunjung ke sana, yaitu air terjunnya atau curug yang langsung berhadapan dengan pantainya.

Tentu curug tersebut menjadi spot terbaik untuk berfoto ria dan membagikannya di media social. Keseruannya tidak hanya itu saja, karena pengunjung bisa berkemah di sekitar pantai dengan izin pengelola. Tidak jarang pengunjung yang mencoba berkemah di Pantai Rancabuaya sambil menikmati angin malamnya yang berkhas pantai.

baca juga : Jembatan Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul yang Unik

Lokasi dan Rute ke Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Salah satu wisata alam di Garut yang mempesona, Pantai Rancabuaya

Pantai yang indah ini terletak di Desa Purbayani di kecamatan Carigin, Garut. Untuk menuju ke Pantai Rancabuaya ini sebenarnya cukup mudah, karena kalau Anda berangkat dari Bandung, ambilah jalur yang melewati Pangalengan.

Di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan dan hawa udara yang segar dari perkebunan teh di daerah Cisewu, jadi perjalanan Anda akan merasa menenangkan.

baca juga : Nikmati Indahnya Panorama Alam Bogor di Wisata Leuwiliang

Harga Tiket masuk ke Pantai Rancabuaya

Untuk masuk ke dalam kawasan Pantai Rancabuaya, Anda harus membayar tiket sebesar Rp 5.000. Harga yang sangat murah untuk menikmati liburan yang begitu menyenangkan di pantai, bukan?