Pantai Nglambor Gunung Kidul, Pantai yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur ke Yogyakarta

Posted on

Kota Yogya memang sudah sangat terkenal dengan hiburannya yang bisa memanjakan para wisatawannya, seperti wisata kuliner, wisata belanja di Malioboro, dan sebagainya. Tapi, bagi sebagian wisatawan, menikmati kotanya saja tidak akan cukup dan lebih memilih wisata alamnya. Dari banyaknya pantai yang membentang di pesisir Yogya, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Sadranan, dan lain-lainnya, ternyata ada Pantai Nglambor Gunung Kidul yang terkenal sebagai tempat snorkeling. Anda penasaran dengan pantai yang satu ini? Simak ulasannya berikut ini.

Pesona Pantai Nglambor yang Tidak Kalah Keren dengan Pantai Yogya Lainnya

pantai nglambor
Pantai Nglambor Gunung Kidul memiliki batu-batu karang yang bersebaran secara luas yang menambah ekstektika pemandangan pantainya

Pantai yang diapit oleh 2 pantai yang populer di Yogya, yakni Pantai Jogan serta Pantai Siung ini memiliki pesona alamnya yang luar biasa indahnya. Di sana terdapat 2 batu karang yang menjadi ciri khas Pantai Nglambor Gunung Kidul, yaitu Watu Kalong serta Watu Kuntul, sehingga membuat batu-batu karang tersebut menjadi salah satu spot favorit untuk diabadikan ke media social. Selain itu, para wisatawan bisa menikmati keindahan pantainya yang memiliki air yang begitu jernih, jadi Anda bisa dengan mudah melihat kehidupan bawah laut yang sangat cantik. Banyaknya terumbu karang yang terbentuk secara alami dan banyaknya ikan yang berenang-renang bisa Anda lihat tanpa perlu turun ke bawah lautnya. Tapi, untuk melihatnya lebih jelas keindahan biota bawah lautnya, Anda perlu menyelam dengan menggunakan alat snorkeling maupun tidak.

Anda yang hanya ingin menikmati pesonanya dari pinggir pantai pun bisa merasakan deburan ombaknya yang tidak begitu kuat dan cenderung lebih tenang sekaligus merasakan angin pantainya yang begitu semilir. Jadi, untuk para wisatawan yang membawa anak-anak kecil sangat aman untuk di bawa bermain air di bibir pantainya. Tapi untuk pasirnya, Anda harus tetap berhati-hati, karena jenis pasir di sini tidak lembut seperti kebanyakan pantai di Yogya dan cukup kasar untuk dipijak. Kenapa begitu? Itu karena wilayah pesisir di Pantai Nglambor Gunung Kidul selalu menerima pecahan-pecahan karang serta cangkang-cangkang yang lepas dari biota-biota lautnya yang terbawa oleh ombak. Maka dari itulah, Anda harus lebih berhati-hati saat bermain di pasirnya.

baca juga : Jembatan Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul yang Unik

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Nglambor

pantai nglambor gunung kidul
Anda bisa snorkeling dan melihat dengan jelas indahnya pemandangan bawah laut Pantai Nglambor

Di Pantai Nglambor Gunung Kidul, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang membuat Anda tidak akan bosan dan betah untuk berlama-lama di sana. Di sana, Anda bisa melakukan snorkeling yang bisa Anda sewa peralengkapannya dengan biaya yang terjangkau. Tapi, alangkah baiknya kalau Anda membawanya sendiri agar lebih menghemat pengeluaran berlibur. Anda yang memutuskan untuk snorkeling, sebaiknya ikuti instruksi pemandu agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, jangan melewati garis pembatas agar tetap aman dalam bersnokeling. Yang perlu Anda ingat juga adalah jangan sembarangan menyentuh terumbu karang yang Anda temui, karena bisa merusaknya. Tentu Anda tidak ingin liburan Anda menjadi bermasalah, bukan?

Anda yang tidak ingin berenang di lautnya, bisa saja hanya bersantai-santai di gazebo-gazebo atau kursi malas yang tersedia di tepian pantainya sekaligus merasakan nikmatnya pesona pantainya yang indah. Namun, kalau Anda yang ingin menyusuri pantainya, berjalanlah ke bagian timurnya. Nantinya Anda akan mendaki bukit yang bisa menuju ke Pantai Siung dan Pantai Waty Lumbung. Kalau Anda melanjutkannya lagi, bisa saja Anda sampai di Pantai Wediombo dan masih ada beberapa pantai yang bisa Anda kunjungi. Kalau Anda menyusurinya ke arah barat, maka Anda akan menemukan Pantai Jogan, Pantai Ngetun, dan masih ada lagi.

baca juga : Lokasi Pantai Sanglen Gunung Kidul Tempat Wisata Alam di Jogja

Harga Tiket Masuk ke Pantai Nglambor

pantai gunung kidul
Salah satu bagian sisi Pantai Nglambor

Untuk para wisatawan yang menggunakan trasportasi bus atau mobil, setiap orangnya wajib membayar sebesar Rp 5.000 saja dan. Namun, harus turun dari kendaraannya karena jalanannya yang begitu sempit untuk masuk kendaraan roda 4. Untuk biaya parkir mobil Rp 5.000, motor Rp 2.000, dan bus Rp 15.000.