Pantai Modangan di Malang Selatan Yang Mempesona

Posted on

Pantai Modangan di Malang Selatan Yang Mempesona – Masbei.com. Berbicara mengenai wisata di Jawa Timur, tentunya tidak akan lepas dari Kota Batu, dan Malang. Tidak heran karena Kota Batu dan Malang merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Timur. Kota Batu terkenal dengan banyaknya wisata pegunungan dan wahananya, Kota Malang terkenal dengan wisata kulinernya. Sedangkan Kabupaten Malang memiliki potensi wisata pantai yang cukup besar. Kabupaten Malang terkenal dengan wisata pantai di Malang Selatan yang belum banyak terjamah karena belum dioptimalkan baik oleh pemerintah maupun warga sekitar. Salah satu tempat yang mulai diekplorasi adalah Pantai Modangan.

baca juga : Pesona Keindahan Coban Bidadari Malang

Keindahan Pantai Modangan Donomulyo Malang

Pantai Modangan merupakan pantai yang berada di sisi selatan Kabupaten Malang dan juga sudah hampir mendekati wilayah Blitar. Ya, pantai ini berada di garis batas Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar yang dipisahkan oleh sungai Modangan. Pantai ini dapat dibilang masih cukup alami karena belum begitu banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Namun, pemandangan yang ditawarkan  pantai ini sungguh indah. Hamparan pasir putih terbentang di sepanjang pantai. Selain itu tebing – tebing kapur yang terdapat di pantai ini menambah keindahan dan keunikan pantai ini. Memang kawasan Malang Selatan didominasi oleh bukit – bukit kapur yang membentang dengan kokohnya. Bukit – bukit kapur ini jugalah yang membuat pasir di Pantai Modangan ini berwarna putih.

pantai modangan
Kegiatan Paralayang juga dilakukan di Pantai Modangan Donomulyo Malang ini

Pemandangannya yang menawan disertai  deburan ombak khas pantai selatan, membuat Pantai Modangan menjadi sangat indah. Bahkan pantai ini juga dijuluki dengan sebutan Hawaiinya Malang. Mungkin karena tipikal pasir dan deburan ombaknya yang mirip membuat julukan itu muncul. Selain itu, tempat wisata pantai ini juga bagus digunakan untuk berfoto. Bagi teman – teman yang hobi kemping, pantai ini juga dapat teman – teman jadikan sebagai lokasi berkemah. Dengan berkemah di sini, teman – teman dapat menikmati keindahan pantai dari matahari terbit hingga matahari tenggelam.

Di Pantai Modangan ini juga digunakan untuk kegiatan paralayang. Lokasinya yang berada di bawah bukit menjadikan pantai indah ini menjadi lokasi yang ideal untuk kegiatan paralayang. Kegiatan ini juga mirip yang dilakukan di Pantai Parangtritis Jogjakarta yang juga digunakan untuk kegiatan paralayang.

Harga Tiket Masuk Pantai Modangan Malang

Untuk memasuki Pantai Modangan ini para pengunjung sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Tidak heran, karena pantai ini memang belum dieksplorasi oleh pemerintah. Hanya warga sekitar yang mulai membuat spot untuk berselfie. Memang disayangkan potensi wisata yang begitu besar belum dioptimalkan dengan baik terlebih oleh pemerintah daerah setempat.

Wisata pantai Malang lainnya :

Wisata Pantai Sendiki Malang yang Indah

Lokasi Pantai Kuncaran Kabupaten Malang

Pantai Teluk Asmoro Wisata Indah Malang Selatan

wisata pantai malang selatan yang menarik hati

Karena belum digarap secara optimal, fasilitas di pantai ini juga belum lengkap. Oleh karena itu, para pengunjung harus mempersiapkan segala kebutuhannya sendiri. Sisi baiknya adalah bagi teman – teman pecinta alam atau yang berjiwa petualang, tempat ini cocok untuk dikunjungi.

sunset pantai modangan
Pemandangan saat senja di Pantai Modangan

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Modangan Donomulyo Kabupaten Malang

Pantai Modangan terletak di Kecamatan Donomulyo. Adapun alamat lengkapnya adalah Sumberejo, RT.41 / RW.10, Sumberoto, Donomulyo, Sumberoto, Donomulyo, Malang, Jawa Timur. Pantai ini berjarak kurang lebih 65 kilometer dari Kota Malang. Untuk menuju pantai eksotis ini, kita dapat menempuh rute dari Kota Malang teman – teman menuju ke arah Kepanjen yang merupakan ibu kota Kabupaten Malang. Dari Kepanjen, teman – teman langsung menuju ke arah Bendungan Sengguruh kemudian menuju ke aran Pagak. Dari Pagak, teman- teman akan menemukan pertigaan dengan petunjuk arah menuju ke Kecamatan Donomulyo. Ikuti jalan menuju ke arah Donomulyo kemudian teman – teman ambik jalan menuju ke arah Wates Blitar. Jalan disini berupa aspal mulus sepanjang kurang lebih 1 kilometer dan 2 kilometer sebelum memasuki Desa Sumberoto berupa aspal dengan banyak lubang.

gapura desa sumberoto
Gapura Desa Sumberoto merupakan salah satu penanda untuk menuju ke lokasi Pantai Modangan Donomulyo Malang ini.

Setelah teman – teman memasuki gerbang Desa Sumberoto, teman – teman akan menemui pertigaan Pasar Ngelih. Belok kekiri hingga teman – teman menemukan perempatan Jalur Lintas Selatan. Sepanjang jalan ini, teman – teman akan melalui jalan yang rusak. Dari perempatan JLS teman – teman ambil jalan lurus hingga menemukan pos jaga kehutanan Miri. Kemudian teman – teman akan menemukan jembatan Miri dan ada jalan menurun ke kiri. Jalan tersebut merupakan jalan menuju ke pantai Modangan. Sekitar 800 meter dari jembatan tersebut teman – teman akan sampai di pantai Hawaii-nya Malang ini. Jika teman – teman masih bingung, teman – teman dapat bertanya kepada penduduk sekitar. Atau jika teman – teman menggunakan GPS, teman – teman dapat mengikuti koordinat GPS Pantai Modangan yang saya ambil dari Google Maps berikut ini.

Tips Berwisata di Pantai Modangan Donomulyo Kabupaten Malang

Agar acara wisata teman – teman berjalan lancar, teman – teman dapat mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Jaga kondisi fisik, mengingat lokasinya yang cukup sulit dengan jalanan yang terjal dan banyak yang rusak, sebaiknya persiapkan kondisi fisik teman – teman agar tetap prima,
  • Pastikan kondisi kendaraan teman – teman dalam keadaan prima agar bisa melibas trek yang cukup jauh dengan kondisi jalan yang kurang bersahabat (kecuali untuk pecinta motocross, hehehe)
  • Pesiapkan perbekalan secukupnya, mengingat sarana dan prasarana di pantai ini masih cukup minim, alangkah baiknya teman – teman meghitung dan membawa apa yang dibutuhkan, seperti makanan dan minuman
  • Jangan merusak alam, perusakan alam bukan hanya karena illegal logging, buang sampah sembarangan dan aksi vandalisme pun juga termasuk tindakan merusak alam. Jadi jika teman – teman masih memiliki akal sehat dan perasaan, jangan lakukan tindakan tersebut, jika memang menghasilkan sampah dan tidak tersedia tempat sampah, silakan bawa sampah tersebut hingga teman – teman dapat membuangnya di tempat sampah
  • Tidak disarankan mengunjungi pantai Modangan ini pada saat hujan, bukan karena pantainya yang berbahaya, namun perjalanan menuju pantai akan menjadi lebih sulit dan berbahaya pada saat turun hujan atau setelah turun hujan, karena jalan menjadi licin dan susah dilalui

Baca juga : Alamat Lokasi Pantai Pulodoro, Pantai Indah di Malang Selatan

Nah itulah sekilas artikel mengenai Pantai Modangan di Malang Selatan Yang Mempesona. Berminat untuk berkunjung? Silakan, namun tetap jaga etika baik terhadap warga sekitar ataupun terhadap pantainya sendiri. Cukup sekian artikel ini, jika banyak kesalahan atau hal – hal yang kurang berkenan, saya mohon maaf, silakan tuangkan uneg – uneg teman – teman pada kolom komentar di bawah. Terima kasih telah sudi mampir di blog sederhana ini dan salam Indonesia.