Pantai Gua Cemara, menikmati indahnya pantai yang rimbun

Posted on
Selain terkenal akan wisata budayanya, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga daikenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona. Selain mempesona, wisata alam yang tersebar di wilayah Jogja juga memiliki variasi yang lengkap, mulai dari gunung, hutan, hingga pantai dapat kita temukan di provinsi ini. Salah satu obyek wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Gua Cemara. Mengapa menarik? Nah mari kita simak pada artikel di bawah ini.

Lokasi Pantai Goa Cemara

Pantai Gua Cemara terletak pada ujung selatan Jogja. Pantai ini tepatnya terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Untuk menuju obyek wisata ini, kita harus menempuh jarak kurang lebih 30 Km dari titik nol Kota Yogyakarta. Namun jangan khawatir, akses menuju ke pantai yang rimbun ini tidak rumit. Teman teman tinggal menuju ke arah selatan dari simpang empat Dongkelan (Jl. Bantul) sampai menuju ke Pantai Samas (melalui Jl. Samas). Nah pantai yang berada di Sultan Ground ini berada di sebelah barat dari Pantai Samas. Teman- teman juga dapat memanfaatkan kendaraan umum berupa bus yang memiliki rute Terminal Giwangan – Samas, atau bus dengan kode N. Bus jurusan ini akan mengantarkan teman- teman sampai ke terminal yang berada di bibir Pantai Samas. Pantai Gua Cemara ini kedepannya bakal lebih gampang diakses dari luar kota, karena di sisi sebelah utara pantai (pintu masuk) merupakan jalur lintas selatan Pulau Jawa yang menjadi salah satu jalur alternatif Antar Kota Antar Provinsi selain Pantura dan Jalur tengah.
Pantai Goa cemara
Monumen Pantai Goa Cemara merupakan salah satu spot berfoto wajib bagi para pengunjung

Daya Tarik Pantai Gua Cemara

Seperti lazimnya pantai yang berada di sebelah selatan Pulau Jawa, Goa Cemara juga memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda antara lain, pasirnya yang berwarna hitam, dan juga gelombang khas pantai selatan yang dikenal cukup ganas. Oleh karena itu saya tidak merekomendasikan pantai ini bagi teman – teman yang suka mandi di laut karena ombak di Pantai Gua Cemara ini cukup mematikan. Namun jangan khawatir, karena pantai ini menyajikan penggantinya yang tidak kalah mengasyikkan dibandingkan dengan mandi di air asin. Apa saja itu? Inilah beberapa daya tarik Pantai Gua Cemara :

Hutan Cemara

Di pantai ada hutan cemara? Ya, pada umumnya hutan yang berada di sekitar pantai adalah hutan tanaman bakau yang memang habitatnya berada di perairan pantai, nah di pantai ini kita tidak akan menemui tanaman bakau, tetapi tanaman Cemara Udang. Memang tanaman Cemara Udang ini bukan tanaman liar yang tumbuh dengan sendirinya di tepian pantai ini, akan tetapi cemara ini merupakan hasil dari jerih payah kelompok tani yang merupakan warga sekitar lokasi pantai yang melakukan penanaman Cemara Udang beberapa tahun yang lalu. Sebelumnya, areal pantai ini hanya berisi tanaman pandan laut, serta beberapa jenis semak dan rerumputan khas pantai selatan, namun saat ini sepanjang garis pantai di daerah ini hampir dipenuhi tanaman Cemara. Pepohonan cemara yang sudah seperti hutan ini membuat pantai ini tidak terasa panas. Selain itu barisan cemara ini menaungi jalan setapak membentuk seperti lorong gua, sehingga pantai ini dijuluki sebagai Pantai Gua Cemara. Nah, bagi pecinta fotografi, terutama fotografi landscape atau portrait, atau pecinta selfie, barisan pohon cemara ini akan menjadi background yang indah. Jadi jika berkunjung kesini, jangan lupa persiapkan perangkat fotografi teman – teman.
goa cemara
Gambar pepohonan yang ada di Pantai Goa Cemara

 Tempat Camping / kemah

Bagi teman- teman yang suka berkemah, di sini teman – teman dapat mendirikan tenda untuk merasakan sensasi kemping di tepi pantai. Jika biasanya teman – teman berkemah di gunung yang sunyi, maka jika teman – teman berkemah di sini, teman – teman akan mendengarkan deburan oombak yang menyapu bibir pantai namun barisan pohon cemara yang rimbun membuat berasa di hutan. Jadi jika berkemah di sini teman – teman akan menikmati perpaduan suasana hutan dan pantai pada waktu yang bersamaan. Oh iya, sebaiknya jika mendirikan tenda di Pantai Goa Cemara ini, jangan terlalu dekat dengan bibir pantai karena pada waktu malam hingga dini hari, Pantai Gua Cemara akan mengalami pasang yang cukup tinggi.
pantai gua cemara
Seringkali Pantai Goa Cemara digunakan untuk kegiatan kemah, baik kelompok ataupun individu

Penangkaran Penyu Pantai Goa Cemara

Di pantai Gua Cemara ini juga terdapat penangkaran penyu. Memang lokasinya tidak berada pada areal utama pantai ini, akan tetapi berada pada sisi sebelah barat dari pantai (teman – teman tinggal mengikuti jalan ke barat sekitar 200M). Penangkaran atau tempat konservasi penyu ini memiliki bentuk yang cukup unik karena bangunannya berbentuk penyu. Bentuk ini sebagai tanda bahwa fungsi bangunan ini adalah sebagai rumah perlindungan penyu. Pada waktu- waktu tertentu, dari penangkaran ini dilakukan pelepasan anak penyu atau yang dikenal dengan sebutan tukik ke laut lepas sebagai upaya menjaga agar penyu – penyu di laut lepas tidak punah.

Permainan Anak-anak

Bagi teman- teman yang membawa anak kecil, jangan khawatir, karena terdapat beberapa tempat bermain untuk anak – anak sehingga dapat mengalihkan perhatian agar tidak mandi di laut yang sangat berbahaya. Permainan yang tersedia antara lain, kolam renang mini untuk anak – anak sehingga bagi yang ngebet ingin main air masih tetep dapat main air namun juga tetap menjaga keselamatan dari ancaman seretan gelombang laut selatan. Permainan lainnya yang adalah persewaan ATV atau motor roda empat. Jika mengendarai motor ini, alangkah baiknya didampingi oleh orang dewasa untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Pasar Tradisional dan Makanan

Nah ini bagi ibu – ibu yang ingin sekalian belanja kebutuhan memasak, di sebelah utara pantai (dekat pintu masuk) terdapat pasar tradisional mini. Di sini terdapat pedagang –pedagang yang menjajakan sayuran, bumbu dapur, hingga makanan. Selain itu, terdapat juga penjaja mainan anak – anak dan juga cindera mata. Jadi teman – teman bisa berwisata sekaligus berbelanja kebutuhan sehari – hari dalam satu lokasi. Oh iya komoditas sayuran dan sejenisnya berasal dari petani di sekitar Pantai Goa Cemara yang bercocok tanam di atas lahan pasir.
pantai goa cemara
Gulungan ombak khas pantai selatan di Pantai Gua Cemara
Nah itulah sepintas tentang Pantai Gua Cemara, menikmati indahnya pantai di bawah rimbunnya pohon Cemara. Selain itu, pantai ini juga merupakan salah satu alternatif tempat wisata murah di Jogja yang walaupun murah tetapi menyajikan keindahan dan daya tarik yang aduhai. Pantai Gua Cemara ini layak teman – teman jadikan salah satu tujuan wisata pantai di daerah Kabupaten Bantul khususnya, atau Daerah Iatimewa Yogyakarta pada umumnya. Cukup sekian artikel tentang Pantai Gua Cemara ini dari Mas Bei, jika ada yang kurang berkenan, saya mohon maaf, serta jika ada kritik, saran, tambahan, atau komentar dapat teman – teman tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih. Salam Indonesia.