Wisata Pantai Cemara Sewu, Pesona Pantai Yang Asri di Yogyakarta

Posted on

Wisata Pantai Cemara Sewu, Pesona Pantai Yang Asri di Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih sering disebut dengan nama Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu wilayah dengan status daerah istimewa setingkat propinsi yang berada di bagian selatan Pulau Jawa. Hal tersebut menjadikannya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Yogyakarta juga dikenal akan kebudayaan Jawa yang masih melekat kuat di dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya yang mana tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Tidak hanya itu saja, Yogyakarta ternyata juga memiliki banyak tempat wisata menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Cemara Sewu yang mana bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata pada saat akhir pekan ataupun liburan panjang. Pantai Cemara Sewu sendiri merupakan salah satu pantai indah yang ada di Yogyakarta. Di lokasi pantai yang satu ini memiliki kondisi yang asri dengan banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitarnya. Berikut ini akan kami ulas sekilas mengenai wisata Pantai Cemara Sewu.

Wisata Pantai Cemara Sewu, Pesona Pantai Yang Asri di Yogyakarta

Lokasi dan Akses Jalan Menuju Pantai Cemara Sewu

Objek wisata alam Pantai Cemara Sewu berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika dari pusat Kota Jogja, Pantai ini berjarak kurang lebih 30Km. Jarak ini dapat ditempuh dengan perjalanan selama kurang lebih 1 jam. Namun Anda tidak perlu khawatir karena akses jalan menuju Pantai Cemara Sewu tidaklah sulit.

pantai cemara sewu
Salah satu pantai yang memiliki pemandangan menarik di Yogyakarta

Akses jalan menuju pantai ini melewati Jalan Parangtritis yang sudah lebar dan bagus. Bus besar pun dapat melewati jalur ini. Jadi bagi anda yang membawa rombongan besar, tidak perlu khawatir dengan jalannya.

Begitu juga bagi anda yang berencana menggunakan transportasi umum. Anda dapat menggunakan jasa taksi baik online maupun offline, ojek, ataupun bus dengan tujuan Parangtritis.

baca juga : Wisata Jogja, Indahnya Pesona Pengklik Pantai Samas

Pesona Keindahan Pantai Cemara Sewu

pantai cemara sewu
Rimbunnya pepohonan Cemara Udang membuat pantai ini menawarkan hal yang berbeda

Sesuai dengan namanya yakni Cemara Sewu atau jika diterjemahkan memiliki arti seribu cemara, Anda akan disambut oleh banyaknya pohon cemara pada saat masuk ke kawasan pantai ini. Pohon-pohon cemara tersebut seakan membentuk sebuah lorong yang asri dan teduh. Hal ini membuat suasananya berbeda dengan pantai pada umumnya. Pantai ini mirip dengan Pantai Goa Cemara yang juga berada di kawasan Kabupaten Bantul.

Selain itu pasir yang ada di kawasan wisata pantai ini memiliki warna kehitaman karena bercampur dengan material vulkanik.

baca juga : Lokasi Kebun Bunga Matahari Spot Foto Baru Bantul

Aktivitas Menarik di Pantai Cemara Sewu

cemara sewu
Selfie dan fotografi merupakan dua hal yang tidak bisa dihindari saat berwisata

Para wisatawan akan bisa melakukan beragam aktivitas menarik ketika berlibur di Pantai Cemara Sewu. Salah satu aktivitas yang sering dilakukan adalah berfoto untuk mengabadikan momen liburan. Di kawasan wisata ppantai ini memang memiliki banyak spot fotografi menarik sehingga sangat sesuai untuk berfoto. Selain itu Anda juga tidak boleh melewatkan fenomena sunset atau matahari terbenam di Pantai Cemara Sewu yang membuat panoramanya semakin indah.

Yang perlu diperhatikan adalah, ombak di pantai ini cukup ganas. Jadi, tetap waspada bagi yang suka bermain air. Jangan terlalu ketengah, jika membawa anak kecil, selalu dampingi mereka.

baca juga : Berburu Sunset di Green Village Gedangsari Jogja

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Cemara Sewu

pantai cemara sewu
Pantai yang indah untuk bersantai menikmati keindahan ciptaan-Nya

Sebelum masuk ke lokasi objek wisata Pantai Cemara Sewu, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang. Tiket ini dibayarkan di tempat pemungutan retribusi (TPR) Parangtritis. Memang saat ini dengan membayar tiket di TPR Parangtritis, kita sudah dapat mengunjungi beberapa pantai. Pantai tersebut antara lain, Parangtritis, Parangkusumo, Gumuk Pasir, Depo, dan lainnya.

Fasilitas yang ada di kawasan pantai ini sudah cukup lengkap. Mulai dari tempat makan, mushola, hingga toilet sudah tersedia disini. Bagi yang ingin menginap, di kawasan Pantai Parangtritis juga ada penginapan yang bisa disewa.

baca juga : [UPDATE]Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Nah, itulah sekilas mengenai salah satu pantai yang menarik di kawasan Yogyakarta. Pantai Cemara Sewu dapat anda masukkan ke dalam daftar tempat yang akan dikunjungi di Jogja. Sekian artikel singkat dari masbei.com, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini, salam Indonesia.