6 Panduan Wisata Hemat di Jogja dan Solo

Posted on

Panduan Wisata Hemat di Jogja dan Solo. Bila dirunut dari sejarah, Jogjakarta dan Solo dulunya memang merupakan satu wilayah di bawah naungan Kerajaan Mataram. Namun Perjanjian Giyanti di tahun 1755 memecah kerajaan terbesar di Jawa kala itu menjadi wilayah timur dan barat. Taktik adu domba Belanda ini menyebabkan wilayah timur menjadi hak Paku Buwono dan wilayah barat menjadi hak Pangeran Mangkubumi.

Kini, Jogja dan Solo masing-masing berdiri dengan mandiri. Beberapa kemiripan antara keduanya yang masih melekat antara lain pemikiran dan filosofi Jawa, keraton yang masih aktif, bentuk tata kota, dan lain-lain. Yang tak kalah penting, Jogja dan Solo juga sama-sama terkenal sebagai destinasi wisata yang ramah kantong.

Kendati demikian, banyak pelancong yang justru terbuai dengan iming-iming ‘destinasi dengan biaya serba murah’. Alih-alih berhemat, selepas menjelajah justru dompet menjadi jebol. Untuk menghindari tekor di belakang seperti ini, berikut adalah tips hemat untuk wisata di Jogja dan Solo.

Buat Rincian Perjalanan dengan Tepat

panduan wisata hemat di jogja
Buat Rincian Perjalanan dengan Tepat – Wunc.org

Tips hemat untuk wisata di Jogja dan Solo yang pertama adalah buat rincian perjalanan. Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk bersikap ‘impulsif’ saat bepergian. Misalkan, si A hanya ingin pergi ke Jogja, entah ke mana persisnya dia akan menghabiskan waktu. Yang penting, ke Jogja dulu. Selebihnya, tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi bisa diatur saat sudah sampai di lokasi.

Bila Anda memiliki dana yang tidak terbatas atau memiliki banyak pengalaman dan waktu, melakukan cara ini boleh-boleh saja. Namun bagi yang tidak demikian, hindari untuk berlaku impulsif seperti ini. Dengan membuat rincian perjalanan, Anda bisa lebih menghemat anggaran, tenaga, dan waktu.

Jika bingung memilih tempat wisata yang bersahabat bagi kantong, anda dapat melihat artikel dari masbei.com yang lalu.

baca juga : Tempat wisata murah di Jogja yang layak dikunjungi

Detailkan Bujet untuk Kebutuhan Pasti dan Tidak Terduga

wisata hemat di jogja dan solo
Detailkan Bujet untuk Kebutuhan Pasti dan Tidak Terduga – Money.id

Setelah membuat rincian perjalanan, Anda tentu akan menemukan jumlah pengeluaran yang harus dikeluarkan. Tentunya dengan mengatur budget, kita dapat melaksanakan misi wisata hemat di Jogja dan Solo. Sebenarnya ada dua opsi untuk hal ini: Anda membuat rencana perjalanan sesuai bujet yang tersedia, atau melakukan perjalanan dengan bujet yang menyesuaikan kegiatan.

Yang mana pun pilihannya, jangan lupa untuk selalu memiliki rencana cadangan. Selalu siapkan sebagian nominal sebagai persiapan untuk kebutuhan yang tidak terduga. Ada baiknya Anda menyiapkan cadangan ini dalam bentuk saldo di tabungan yang bisa diambil melalui ATM, maupun dalam bentuk uang tunai dengan beragam pecahan. Tentu saja, pastikan Anda menyimpannya di tempat-tempat yang aman.

baca juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Pilih Akomodasi Nyaman dengan Harga Terbaik

wisata jogja
Pilihlah Akomodasi Nyaman dengan Harga Terbaik – Tech In Asia Indonesia

Akomodasi ini meliputi penginapan dan transportasi. Kini dengan hadirnya agen perjalanan online yang tepercaya seperti Traveloka, urusan memesan tiket kereta api, hotel, dan lain-lain menjadi semakin mudah.

Bila Anda ingin mengunjungi Jogja dan Solo sekaligus, manfaatkan layanan kereta api yang semakin nyaman. Kereta api Solo Jogja hanya menempuh perjalanan kurang dari 1 jam dengan jadwal yang teratur dan rute yang pasti. Transportasi darat ini juga sangat cocok bagi Anda yang mungkin belum terbiasa bepergian sendiri alias solo traveling.

Agar lebih praktis, Anda bisa pesan tiket KA Solo Jogja di Traveloka. Ada banyak pilihan kereta api dari Jogja-Solo-Jogja yang tersedia lengkap dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan serta denah kursi penumpang.

baca juga : Naik KRL ke Taman Topi dan Kebun Raya Bogor

Bekali Diri dengan Kemampuan Menawar

wisata murah jogja
Usahakan untuk bekali diri dengan kemampuan menawar – kabar unik

Meski kental dengan tradisionalismenya, Jogja dan Solo sama-sama tidak tertutup terhadap modernitas. Salah satu bukti nyata adalah semakin banyaknya pusat perbelanjaan modern yang ada di pusat-pusat kota. Kafe-kafe kekinian pun mulai menjamur, mencoba menggantikan nikmatnya kopi hitam di angkringan dan warung sederhana yang hangat oleh percakapan bersahaja.

Tentu saja, tempat-tempat seperti ini tidak termasuk dalam objek wisata “murah” yang dimaksud. Jika ingin berbelanja, kunjungi tempat-tempat lokal yang lebih merakyat, seperti Pasar Beringharjo, Pasar Klewer, Malioboro, Pasar Gede, dan lain-lain.

Saat datang ke tempat-tempat ini, murah atau tidaknya harga yang didapat juga sangat bergantung pada kemampuan Anda dalam menawar. Keterampilan menawar ini juga sebaiknya Anda bekali dengan pengetahuan tentang kualitas dan harga barang tersebut serta nurani.

Pelajari Kebiasaan Masyarakat dan Bersikap Seperti Lokal

jogja
Berbaur, Pelajari Kebiasaan Masyarakat dan Bersikap Seperti Lokal – Orang Dalam

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, semakin Anda mampu bersikap seperti masyarakat lokal, semakin besar pula kemungkinan Anda akan mendapat barang yang murah. Setidaknya saat akan berkunjung ke daerah yang asing, Anda bisa membekali diri dengan istilah-istilah umum dalam bahasa daerah tersebut.

Di samping itu, gerak-gerik Anda juga cukup memengaruhi. Sebisa mungkin, bersikaplah seperti penduduk sekitar. Atau setidaknya, jangan terlalu mencolok dengan menunjukkan bahwa Anda pelancong.

Jangan tertipu dengan embel-embel “kampung”

Tips wisata hemat di Jogja dan Solo berikutnya adalah jangan tertipu dengan destinasi wisata yang berembel – embel kampung. Jogja dan Solo sama-sama memiliki beberapa destinasi wisata terkenal yang diawali dengan kata “kampung”. Sebut saja Kampung Batik Kauman dan Kampung Batik Laweyan di Solo. Sesuai namanya, dua wilayah ini memang sangat populer sebagai destinasi dan sentra belanja dan belajar membatik.

Akan tetapi, jangan tertipu dengan embel-embel “kampung” di depan namanya. Justru di pusat kerajinan ini, tidak jarang Anda justru akan menemukan batik-batik dengan harga yang lebih mahal dibandingkan di pasaran. Tentu saja, ini juga dikarenakan kualitas batik yang lebih baik. Antara batik tulis dan batik cap tentu beda bukan, kelasnya?

Datang pada Saat Low Season | Panduan Wisata Hemat di Jogja dan Solo

berwisata murah di jogja
Datanglah pada Saat Low Season – commons.wikipedia.org

Mengingat Jogja dan Solo sama-sama populer sebagai tujuan wisata, sebisa mungkin hindari mendatangi wilayah ini pada saat high season. Tentu saja, harga tiket pesawat, kereta api, tarif menginap, dan akomodasi lainnya akan turut melambung. Dengan demikian, wisata hemat di Jogja dan Solo sulit untuk tercapai.

Namun selain itu, Anda yang bermaksud untuk menjelajahi kota dengan tenang juga akan merasa agak terganggu. Di Jogja saja, pengunjung  pada hari libur dapat membludak berkali-kali lipat hingga ribuan. Alih-alih nyaman, jalanan yang penuh oleh manusia justru membuat perjalanan menjadi kurang maksimal.

baca juga : Jalan Jalan ke Jogja : Tempat Wisata Kuliner Menarik di Yogya Dekat Malioboro

Jogja dan Solo adalah dua wilayah bertetangga yang serupa tetapi tidak sama. Menyambangi kedua ini akan membuat Anda sedikit merasa déjà vu, tetapi dengan atmosfer yang berbeda. Sudah siap mencoba mencoba wisata hemat di Jogja dan Solo?