Oleh-oleh kuliner Bandung yang Wajib di Bawa Pulang

Posted on

Bandung sudah terkenal sebagai salah satu kota yang menjadi favorit wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk menghabiskan waktu liburan ataupun sekedar menghabiskan weekend bersama orang tercinta. Berwisata ke Bandung selain untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang ditawarkan juga untuk memanjakan lidah karena selain kota fashion dan wisata, Bandung juga terkenal dengan kulinernya yang khas dan beragam. Berwisata ke bandung tidak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan atau oleh-oleh. Ada banyak oleh-oleh yang dapat anda berikan termasuk oleh-oleh kuliner bandung kepada keluarga dan orang-orang tersayang sehingga mereka juga turut merasakan kuliner asli Bandung.

Tahu Lembang

Oleh-oleh khas Bandung yang dapat anda bawa sebagai buah tangan ketika berwisata ke Bandung adalah tahu Lembang. Tahu lembang adalah kuliner Bandung yang berbeda dengan jenis tahu lainnya karena tahu lembang terbuat dari bahan dasar yakni susu sapi. Meskipun berbahan dasar susu, dalam proses pembuatan tahu ini juga tetap menggunakan bahan kedelai dan kesemua bahan tersebut dicampur dengan mentega sehingga menjadikan tahu lembang lebih gurih dan bertekstur lembut dibandingkan dengan jenis tahu lainnya serta mempunyai kandungan protein yang tinggi antara protein hewani dan protein nabati. Untuk mendapatkan oleh-oleh tahu lembang khas Bandung ini anda hanya perlu menyiapkan uang kurang lebih Rp. 10.000 untuk tahu goreng berisi 10 atau tahu bantal isi 5. Jika anda berminat untuk membeli tahu cetak atau tahu takus isi 10 anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 15.000 saja.

kuliner bandung
Tahu Lembang merupakan tahu yang khas karena dibuat dari susu sapi

Peuyeum, Kuliner Bandung yang Khas

Salah satu makanan yang biasa dijadikan oleh-oleh kuliner Bandung yang paling khas adalah Peuyeum. Peuyeum terbuat dari singkong yang difermentasikan sehingga menjadi tape dengan rasa yang sedikit kecut akan tetapi manis. Peuyeum memang seperti tape akan tetapi sedikit berbeda, peuyeum lebih kering karena proses fermentasi yang sedikit berbeda. Peuyeum bisa disajikan dengan memberikan toping berupa keju, coklat atau lain sebagainya. Akan tetapi penyajian peuyeum yang paling diminati masyarakat serta wisatawan bandung dan sering dijadikan oleh-oleh adalah peuyeum bakar dengan cocolan dari gula jawa atau biasa disebut dengan colenak. Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkan peuyeum karena banyak tempat yang menjual peuyeum dengan harga yang sangat terjangkau. Anda dapat memperoleh peuyeum dengan kisaran harga Rp. 10.000-Rp. 25.0000.

peuyeum
Peuyeum merupakan tape singkong khas dari Bandung