Obyek Wisata Alam di Jogja yang Wajib Dikunjungi 2017

Posted on

Jogja merupakan salah satu tempat di Indonesia yang menjadi tujuan wisata yang memiliki obyek yang banyak dan menarik. Beragam obyek wisata di Jogja yang layak untuk dikunjungi. Mulai dari wisata budaya yang salah satunya berada di Keraton Yogyakarta, wisata sejarah seperti candi, Goa Selarong. Selain itu, wisata kuliner juga banyak kita temui di Jogja, seperti Gudeg, Bakpia, dan lain- lain. Wisata alam di Jogja juga sangat beragam. Nah, kali ini saya akan menulis mengenai Obyek Wisata Alam di Jogja yang Wajib Dikunjungi.

Wisata Pantai di Jogja (obyek wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi)

Salah satu obyek wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi adalah pantai. Seperti kita ketahui, wilayah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia, oleh karena itu, wisata pantai di Jogja sangat banyak. Berikut ini beberapa Pantai yang dapat teman – teman kunjungi saat berada di Jogja.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu obyek wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi. Mengapa? Karena selain pemandangannya yang indah, pantai ini juga memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dengan pantai – pantai yang lain. Keunikan tersebut adalah adanya gumuk pasir, yaitu hamparan pasir yang luas sehingga membuat kita serasa berada di gurun pasir.

Pantai Gua Cemara

Pantai selanjutnya adalah Pantai Gua Cemara. Pantai ini berada di wilayah Kabupaten Bantul. Pantai ini cukup unik karena di sepanjang garis pantai terdapat pepohonan cemara udang yang cabang – cabangnya membentuk lorong seperti goa. Oleh karena itu, salah satu wisata alam di Jogja yang Wajib dikunjungi ini disebut dengan pantai Goa Cemara atau Gua Cemara.

wisata pantai jogja
Pantai Goa Cemara, wisata pantai yang rindang di Bantul selatan
Baca Juga  Pantai Gua Cemara, menikmati indahnya pantai yang rimbun

Pantai Indrayanti, Obyek wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi

Pantai Indrayanti merupakan pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah, pasirnya yang putih dengan ombak yang cukup bersahabat membuat wisata pantai ini layak untuk dikunjungi. Oh iya, pantai ini saat ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Pulang Syawal.

Wisata Pegunungang di Jogja (obyek wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi)

Daerah Istimewa Yogyakarta  juga memiliki potensi alam berupa pegunungan. Akhir – akhir ini, banyak tempat wisata baru di Jogja berupa pegungungan yang dibuka untuk umum. Tentunya dengan dibukanya destinasi wisata di Jogja ini, membuat daftar obyek wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi menjadi semakin beragam. Nah, berikut ini beberapa tempat wisata pegunungan di Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi. :

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu tempat wisata baru di Jogja. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan hutan pinus, namun hutan pinus ini telah ditata sedemikian rupa oleh pengelola sehingga menjadi tempat yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Pengelola menyediakan berbagai spot berfoto yang sangat menarik di tempat wisata alam ini.

Baca Juga  Wisata Jogja : Hutan Pinus Mangunan yang Asri, Imogiri

 

Tebing Watu Mabur

Obyek wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi ini letaknya tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di sini, teman – teman bisa menikmati keindahan alam yang hijau, serta udaranya yang segar. Tebing watu mabur juga merupakan lokasi yang indah untuk berfoto.

Goa Selarong

Sebenarnya, tempat ini merupakan situs sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda. Di Goa Selarong ini, Pangeran Diponegoro menyusun strategi untuk melawan penjajah. Disamping sebagai situs sejarah, Goa Selarong ini memiliki pemandangan yang asri dan indah, sehingga cocok untuk bersantai dan melepas beban pikiran sejenak.

tempat wisata di jogja
Goa Selarong merupakan tempat wisata alam dan sejarah di Jogja

Wisata Kalibiru

Meskipun namanya Kalibiru, namun, tempat ini sama sekali bukan kali atau sungai. Tempat ini berada di atas tebing yang berada di Kabupaten Kulonprogo. Dari sini, kita bisa menyaksikan keindahan alam Kulonprogo dan sekitarnya. Obyek wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi ini juga menyediakan spot untuk berfoto yang sangat indah tentunya.

Baca Juga  Wisata alam kalibiru di Jogja yang Indah

Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran

Wisata alam di Yogyakarta ini berada di Kabupaten Gunung Kidul. Tempat ini merupakan gunung api dari zaman purba yang saat ini sudah tidak aktif lagi. Bebatuan yang indah dapat teman – teman saksikan di tempat wisata ini. Selain itu, disini juga terdapat sebuah embung atau kolam tadah hujan yang berada di puncak bukit.

Tebing Breksi

Tebing Breksi pada mulanya adalah lokasi penambangan batuan breksi oleh warga sekitar. Namun kemudian diketahui bahwa batuan yang berada di area penambangan ini merupakan batuan yang berasal dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Oleh karena itu, kegiatan penambangan dihentikan dan lokasi penambangan ditetapkan sebagai lokasi yang dilindungi. Kemudian masyarakat sekitar memanfaatkan bekas pertambangan tersebut yang memiliki keunikan dan keindahan menjadi tempat wisata.

Wisata Alam Air Terjun di Joga ( obyek wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi )

Jogja juga memiliki wisata alam yang berupa air terjun. Memang air terjun di Jogja tidak setinggi air terjun – air terjun di tempat lain. Namun demikian, air tejun – air terjun ini memiliki keunikan tersendiri sehingga layak untuk masuk dalam daftar obyek wisata alam di Jogja yang wajib untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa air terjun yang ada di Jogja

Air Terjun Kedung Pedhut

Air terjun ini berada di Kabupaten Kulonprogo. Air tejun ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Selain itu, air terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut adalah warna airnya yang berwarna hijau tosca.

obyek wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi
Kedung Pedut merupakan salah satu wisata baru di Jogja yang wajib dikunjungi

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun ini berada di daerah Playen Gunung Kidul. Air tejun ini sangat menarik, karena Gunung kidul yang dikenal sering mengalami kekurangan air, terdapat air terjun yang terus mengalir airnya tanpa mengenal musim.

 

Nah itulah beberapa obyek wisata alam di Jogja yang wajib untuk dikunjungi. Sebenarnya masih sangat banyak tempat wisata di Jogja yang wajib untuk dikunjungi. Jadi jangan dikira hanya yang ada di artikel ini aja yah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman yang akan traveling ke Jogja. Ya setidaknya bisa menambah referensi tempat wisata di Jogja.

Cukup sekian artikel saya kali jika ada kesalahan atau ada hal – hal yang kurang berkenan saya mohon maaf. Jika ada komentar, silakan berkomentar di kolom komentar di bawah. Terima Kasih dan Salam Indonesia.