Nostalgia Sekaligus Liburan di Museum Kereta Api Ambarawa

Posted on

Nostalgia Sekaligus Liburan di Museum Kereta Api AmbarawaLiburan ke musem tidak selamanya membosankan. Justru menjadi sensasi liburan tersendiri dan menambah pengalaman tak terlupakan. Salah satu pilihan museum yang menarik disambangi adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Museum bersejarah ini dulunya merupakan stasiun pada zaman Belanda dan saat ini menjadi lokasi menarik untuk liburan. Seperti namanya, di kawasan satu ini anda akan mendapati banyak benda bersejarah yang sangat erat kaitannya dengan dunia per-keretapian Indonesia.

Koleksi benda-benda khas stasiun tempo dulu, lokomotif tua hingga berbagai macam fasilitas lainnya menjadi andalan untuk tempat wisata ini. anda bisa menyambangi kawasan satu ini bersama buah hati dan seluruh anggota keluarga. sembari bernostalgia anda akan diajak menikmati indahnya alam Ambarawa melalui tour lori dengan lokomotif khusus. Nah, bagi yang sedang mencari tempat wisata dengan pemandangan memukau dan mengedukasi, berikut ulasan selengkapnya untuk Musem Kereta Api Ambarawa.

Tempat Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

Koleksi berbagai lokomotif tua

museum kereta ambarawa
Aneka lokomotif ada di museum ini

Museum kereta api satu ini memiliki koleksi lokomotif tua beserta gerbongnya. Lokomotif berbagai seri dipajang di museum satu ini. dengan melihat banyaknya koleksi tersebut, wisatawan menjadi semakin tahu mengenai sejarah kereta api uap yang sempat jaya di masanya. Selain itu, wisatawan juga bisa hunting foto dengan latar belakang keren. Selain lokomotif, anda juga bisa melihat benda bersejarah lainnya. misalnya mesin pencetak tiket, kalkulator zaman dulu, dan berbagai benda khas stasiun tempo dulu lainnya.

baca juga : Museum Kereta Api Ambarawa, Mengenal Sejarah KA di Indonesia

Lokasi

museum kereta ambarawaWisata sejarah sekaligus refreshing keluarga ini berada di Jalan Stasiun No.1 Ambarawa, Semarang-Jawa Tengah. Anda bisa menempuh perjalanan sejauh 41 km melalui pusat kota Semarang melalui Jl.Tembalang-Ungaran atau Ungaran-Bawean selama 50 menit. Atau bisa menempuh perjalanan dari Bandara Ahmad Yani sejauh 47 km melalui Jl. Semarang-Surakarta selama 1 jam. Anda pun bisa mencari penginapan di area Bandungan untuk mendapatkan hotel dengan harga terjangkau.

Tour kereta lori

museum kereta api ambarawa
Naik kereta api kuno yang menggunakan tenaga uap merupakan salah satu daya tarik tempat wisata ini

Salah satu daya tarik Museum Ambarawa ini adalah paket tour Ambarawa-Tungtang melewati jalur bergerigi yang khusus untuk akses lokomotif tempo dulu. Tour sejauh 35 km ini memerlukan waktu sejauh 1 jam. Pemandangan di sepanjang perjalanan sangat menawan. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Merbabu dan persawahan. Puas menikmati tour kereta lori, anda bisa mampir ke pusat souvernir untuk membeli oleh-oleh miniatur kereta atau buah tangan khas Ambarawa lainnya.

baca juga Wisata Sejarah Goa Selarong yang Asri

Fasilitas dan tiket masuk

museum keretaMuseum kereta api ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas memadai. Mulai dari Toilet, parkir yang luas, spot kuliner, mushola, hingga pusat informasi dan souvernir. Harga tiketnya sebesar 10.000 rupiah untuk dewasa dan 5.000 rupiah untuk anak-anak. Jika anda ingin naik kereta lori cukup membayar 15.000 rupiah. Anda juga bisa merasakan sensasi tour Ambarawa-Tuntang dengan membayar 50.000 rupiah. Jadwal keberangkatan tour tersebut mulai pukul 10.00, 12.00 dan 14.00 WIB. Untuk jam bukanya sendiri setiap hari mulai pukul 08.00-17.00WIB.

baca juga : Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Wisata Konservasi yang Indah

Nah itu dia ulasan mengenai tempat wisata Museum Ambarawa yang bisa menjadi pilihan nostalgia sekaligus liburan seru bersama keluarga. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, Salam Indonesia.