Museum Kereta Api Ambarawa, Mengenal Sejarah KA di Indonesia

Posted on

Museum Kereta Api Ambarawa, Mengenal Sejarah KA di Indonesia – Liburan merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang baik itu pelajar maupun karyawan kantor. Pasalnya di waktu liburan inilah maka mereka akan bisa melakukan refreshing untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikirannya setelah beraktivitas. Ada berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan. Mulai dari hanya sekedar bersantai di rumah, melakukan hobi yang menyenangkan, bahkan hingga pergi ke berbagai tempat wisata.

Bagi Anda yang ingin pergi berwisata namun masih kebingungan dalam menentukan destinasi wisata, maka tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa. Tempat wisata yang satu ini sangatlah populer di kalangan pecinta kereta api. Selain itu Museum Kereta Api juga bisa Anda jadikan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak. Karena di tempat inilah Anda bisa mengenal lebih jauh mengenai sejarah perkereta apian yang ada di tanah air. Apabila Anda merasa tertarik, maka ikutilah ulasan mengenai wisata Museum Kereta Api Ambarawa di bawah ini.

Museum Kereta Api Ambarawa, Mengenal Sejarah KA di Indonesia

Lokasi dan Akses Jalan Menuju Museum Kereta Api Ambarawa

museum kereta api ambarawa
Lokasi museum ini cukup mudah dijangkau

Museum Kereta Api Ambarawa lokasi persisnya berada di Jalan Stasiun Nomor 1, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Akses jalan menuju ke lokasi terbilang sangat mudah karena telah bisa dilewati oleh kendaraan bermotor. Bagi Anda yang datang dari pusat kota Semarang, maka Anda bisa menuju Ungaran hingga pertigaan Bawen kemudian belok kanan hingga Tugu Palagan. Setelah itu Anda bisa mengikuti papan petunjuk menuju ke museum.

baca juga : Lokasi Kampung Pelangi Semarang Bejalen

Daya Tarik Museum Kereta Api Ambarawa

museum ka ambarawa
Disini, kita dapat mempelajari lebih jauh mengenai sejarah perkereta apian di Indonesia

Sesuai dengan namanya, Museum Kereta Api Ambarawa akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai sejarah perkereta apian yang ada di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa Museum Kereta Api Ambarawa sebelumnya merupakan sebuah stasiun yang beroperasi pada masa kolonial. Anda akan bisa menemukan beberapa kereta api uap kuno yang menjadi koleksi museum. Menariknya, beberapa lokomotif uap kuno tersebut masih layak jalan hingga saat ini.

Aktivitas Menarik di Museum Kereta Ambarawa

museum kereta api ambarawa
Naik kereta api kuno dengan mesin uap tentunya menjadi pengalaman yang menarik dan sensasi yang tidak terlupakan

Selain menyaksikan berbagai macam kereta api kuno, ternyata ada hal menarik lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa. Hal ini adalah naik kereta api uap yang tentu saja akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Anda akan dikenakan biaya sebesar 50 ribu rupiah per orang untuk menaiki kereta. Perlu Anda ketahui bahwa kereta api uap kuno ini berangkat pada pukul 11.00 dan 14.00 WIB sehingga Anda tidak boleh ketinggalan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Museum Kereta Api Ambarawa

Seperti tempat wisata yang lainnya, para wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebagai biaya retribusi. Adapun harga tiket masuk Museum Kereta Api Ambarawa adalah 5 ribu untuk anak-anak dan 10 ribu untuk orang dewasa. Perlu Anda ketahui bahwa Museum Kereta Api ini telah dikelola dengan profesional sehingga Anda tidak perlu khawatir karena pihak pengelola telah menyediakan fasilitas yang tergolong lengkap mulai dari area parkir hingga toilet umum.

baca juga : Taman Bunga Celosia Gedong Songo Bandungan Semarang

Nah itulah, sekilas mengenai salah satu tempat wisata yang ada di Ambarawa. Jika Anda adalah seorang pecinta kereta api, maka Anda tidak boleh melewatkan Museum Kereta Api Ambarawa ketika sedang berlibur di Semarang. Cukup sekian artikel singkat ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com, salam Indonesia.