Muara Gembong, Wisata Hutan Mangrove Bekasi

Posted on

Muara Gembong, Wisata Hutan Mangrove Bekasi. Kawasan Pantai Utara Pulau Jawa merupakan pantai yang landai dan memiliki ombak yang relatif kecil. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak terdapat tanaman bakau yang tumbuh di kawasan muara yang memiliki air payau. Memang tanaman bakau atau dikenal dengan nama Mangrove ini memiliki habitat di perairan payau yang terlindung dari ombak yang besar.

Di kawasan Jakarta dan sekitarnya, ada beberapa Hutan Mangrove yang dijadikan sebagai obyek wisata. Sebut saja Muara Angke dan Pantai Indah Kapuk yang sudah dikenal dengan wisata Hutan Mangrovenya.

Bekasi nampaknya tidak mau kalah untuk memanfaatkan potensi Hutan Bakaunya. Salah satu yang telah dijadikan sebagai tempat wisata adalan Muara Gembong. Nah, pada artikel kali ini, masbei.com akan membahas mengenai wisata Hutan Mangrove Bekasi ini. Berikut artikel singkatnya.

baca juga : Wisata Murah Meriah di Kota Tua Jakarta

Muara Gembong, Wisata Hutan Mangrove Bekasi

muara gembong bekasi
Rimbunnya tanaman Mangrove
instagram.com/muaragembongkita

Nama Muara Gembong diambil dari nama kecamatan di Bekasi dimana hutan mangrove ini berada. Hutan Mangrove disini terbilang sangat luas. Panjang kawasan hutan ini sekitar 17 kilometer.

Hutan ini merupakan hutan bakau alami, oleh karena itu tidak heran jika pada beberapa titik terdapat pohon bakau / Mangrove dengan ukuran yang besar. Selain itu, karena wilayahnya cukup luas membuat sensasinya seperti berada di hutan yang ada di Kalimantan.

Kawasan hutan Mangrove Bekasi ini sempat mengalami kerusakan. Kerusakan ini diakibatkan oleh pembuatan tambak ikan oleh masyarakat sekitar. Namun, pada tahun 2015 silam, sebuah komunitas pecinta lingkungan yang bernama Muara Gembongku, mulai menggalakkan pelestarian hutan mangrove Bekasi ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggalakkan penanaman satu ponoh mangrove untuk satu kolam dan juga melakukan konservasi.

hutan mangrove bekasi
Konsevasi juga dilakukan oleh Perum Perhutani

Untuk masalah konservasi, hal ini terus dilakukan. Banyak pihak luar yang mulai tergerak untuk melakukan penanaman Mangrove di kawasan ini. Salah satu komunitas Muara Gembongkita menargetkan untuk melaukan penanaman 80.000 batang pohon Mangrove hingga tahun 2019 nanti. Semoga target ini terealisasi bahkan terlampaui agar kelestarian Hutan Mangrove tetap terjaga.

baca juga : Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi Jogja

Pesona Keindahan Muara Gembong Bekasi

hutan bakau bekasi
Burung –
burung yang tinggal di hutan mangrove bekasi
instagram.com/muaragembongkita

Wisata Hutan Mangrove Bekasi ini menawarkan berbagai pesona keindahan yang menarik bagi pengunjung. Sebut saja pemandangannya yang asri dan alami. Keasrian tempat wisata ini membuat para pengunjung seolah – olah berada di hutan pedalaman. Padahal, lokasinya tidak jauh dari kawasan perkotaan yang padat. Oleh karena itu, tempat wisata ini sangat pas bagi teman – teman yang ingin melepaskan diri sejenak dari ruwetnya perkotaan.

Selain itu, karena lokasinya yang masih alami, membuat banyak fauna yang tinggal di hutan ini. Tidak kurang dari 158 jenis burung dapat kita temui di Muara Gembong ini. Ada juga lutung Jawa yang juga hidup di kawasan ini.

Hutan Mangrove Bekasi ini juga menawarkan paket edukasi mengenai tanaman Bakau / mangrove. Edukasi ini meliputi segala sesuatu mengenai mangrove, mulai dari pengenalan hingga cara budidayanya.

Oh iya, teman – teman juga tentunya dapat berfoto di tempat eksotis ini. Tersedia juga perahu yang dapat teman – teman sewa untuk mengitari kawasan Hutan Mangrove Bekasi ini.

baca juga : Naik KRL ke Taman Topi dan Kebun Raya Bogor

Lokasi Muara Gembong Bekasi

Muara Gembong termasuk kedalam wilayah administratif Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jika dari kota Bekasi, lokasi Hutan Mangrove Bekasi ini berjarak kurang lebih 70 kilometer. Kurang lebih 2 jam perjalanan lah, untuk sampai ke tempat ini.

Untuk lokasi pastinya, teman – teman dapat mengikuti koordinat GPS Muara Gembong yang diambil dari Google Maps berikut ini.

baca juga : Tempat Wisata Di Jakarta Yang Murah Dan Paling Populer

Nah, itulah sekilas mengenai Hutang Mangrove Bekasi yang berada di Muara Gembong. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com. Salam Indonesia.