Menjelajah Tempat Wisata Di Purwokerto Paling Indah

Posted on

Kota purwokerto ini mulai ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan semenjak banyaknya mahasiswa yang berkuliah di salah satu universitas disana, padahal sebelumnya kota ini sangat jarang menjadi tempat destinasi wisata padahal banyak sekali tempat wisata di purwokerto yang masih alami dan sangat indah bahkan siapapun yang melihatnya akan terkagum-kagum tidak percaya atas keindahannya. Penyebab lain sedikitnya jumlah pengunjung di purwokerto pada zaman dahulu adalah karena kurang terkenalnya tempat-tempat wisata yang terdapat disana sebagian besar masyarakat jauh lebih mengenal tempat wisata yang ada di semarang daripada purwokerto. Sebetulnya kota ini juga memiliki banyak sekali kekayaan yang jika dimanfaatkan secara optimal maka akan menjadi suatu hal yang besar.

Untuk berkunjung ke tempat wisata di purwokerto ini anda harus melewati jalur selatan menggunakan perjalanan darat yakni menggunakan mobil pribadi, bus, travel, motor maupun menggunakna kereta. jika dari arah jakarta maka akan menempuh waktu selama enam sampai tujuh jam dalam keadaan lalau lintas lancar, selama perjalanan ke purwokerto ini anda akan disuguhi berbagai pemandangan pedesaan dan sungai-sungai kecil yang dapat memanjakan mata perjalanan yang akan dilalui pun tidak terlalu panas karena memang medan untuk menuju purwokerto ini melewati berbagai perbukitan dan gunung-gunung kecil sehingga sinak matahari terhalang dan selama perjalanan pun menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Sesampainya di purwokerto anda tinggal memilih tempat wisata apa yang ingin dikunungi, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di purwokerto yang dapat membelalakkan mata anada :

1. Tempat wisata di Purwokerto, Baturaden

Lokasi dari tempat wisata ini berada di lereng Gunung Slamet. Oleh karena itu, udara yang di tempat wisata ini pun sangat sejuk. Lokasi wisata Baturaden ini berada tidak jauh dati pusat Kota Purwokerto, yaitu hanya berjarak kurang lebih 15 kilometer. Alamat wisata Baturaden adalah Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Sedangkan untuk koordiat GPS wisata Baturaden Purwokerto ini berdasakan Google Maps berada di peta berikut.

Di tempat wisata ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Didukung olek udara yang sejuk, tempat wisata di Purwokerto ini sangat cocok bagi teman – teman yang ingin melepaskan sejenak penat akibat rutinitas sehari – hari.

tempat wisata di purwokerto baturaden
Kebun Raya Baturaden merupakan salah satu tempat wisata di Purwokerto yang menyajikan pemandangan alam yang indah dengan udara yang bersih dan sejuk

Di dalam komplek Wisata Baturaden ini, terdapat pemandian air panas antara lain Pancuran Pitu yang berarti pancuran tujuh, dan juga Pancuran Telu yang berarti pancuran tiga. Selain itu, bagi teman – teman yang ingin berkemah, disini juga tersedia camping ground atau bumi perkemahan. Selain itu, dari Wisata Baturaden ini, kita bisa melihat pemandangan Kota Purwokerto, Pulau Nusakambangan dan juga beberapa pantai yang berada di wilayah Cilacap.

2. Air hangat belerang di pancuran 7

Sebenarnya, tempat wisata di Purwokerto ini masih dalam kawasan Baturaden. Namun, tidak ada salahnya jika saya uraikan tersendiri, mengingat tempat wisata ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu daya tarik dari Curug Pitu atau Pancuran 7 ini adalah, air yang dikeluarkan merupakan air hangat yang mengandung belerang. Hal ini terjadi karena lokasi yang dekat dengan Gunung Selamet yang merupakan gunung api aktif, sehingga membuat air menjadi hangat dan mengandung belerang karena terpengaruh oleh aktivitas vulkanis. Teman – teman dapat berendam di pemandian air hangat ini untuk meyembuhkan berbagai penyakit kulit.

tempat wisata di purwokerto pancuran pitu
Curug Pitu atau Pancuran 7 merupakan salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi di Purwokerto

Untuk memasuki obyek wisata ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Harga tiket masuk Pancuran Pitu Purwokerto adalah Rp. 20.000,- untuk tiket terusan. Dengan tiket terusan ini, teman – teman bisa mengunjungi Kebun Raya Baturaden, Goa Selirang, dan tempat – tempat wisata lain yang berada di sekitarnya.

Berikut ini videonya:

 

3. Curug cipendok

Curug Cipendok adalah salah satu tempat wisata di Purwokerto yang berupa air terjun. Memang Kota Purwokerto terkenal akan banyaknya air terjun yang dimilikinya. Air terjun ini masih alami dan belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia sehingga lingkungan disana pun masih segar. Untuk harga tiket masuk Curug Cipendok adalah Rp. 9.000,-. Cukup terjangkau bukan?

wisata curug cipendok
Curug Cipendok menawarkan hijaunya pepohonan dengan suara air dan juga udara yang sejuk membuat pikiran kita menjadi fresh

Lokasi Curug Cipendok berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Sedangkan untuk peta Curuk Cipendok yang diambil dari Google Maps sebagai berikut :

4. Telaga pucung

Telaga Pucung merupakan salah satu tempat wisata di Purwokerto yang menawarkan pemandangan yang indah. Telaga Pucung ini berada tidak jauh dari lokasi Curug Cipendok. Jika anda membawa sanak keluarga maka berlibur di Telaga Pucung ini dapat dijadikan alternatif sebagai tujuan wisata keluarga teman – teman. Terlebih lagi harga tiket masuk telaga pucung ini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp. 4.000,- saja untuk setiap orang.

telaga pucung purwokerto
Suasana Telaga Pucung yang syahdu membuat suasana hati para pengunjungnya menjadi tenteram dan damai

Fasilitas yang ada di obyek wisata yang baru dibuka pada tahun 2002 silam ini terbilang cukup baik. Disini sudah tersedia penginapan, area kuliner, hingga camping ground yang tentu saja membuat para pengunjung merasa betah dan tidak perlu khawatir kehabisan bekal maupun bingung mencari penginapan.

Banyaknya tempat wisata di purwokerto yang bernuansa alam ini menjadi perhatian khusus bagi para pengunjung untuk menjaga kelestarian alam tersebut, jangan sampai hanya demi untuk mendapatkan jepretan foto yang bagus anda sampai merusak keindahan alam yang ada disana. Perlunya kebijaksanaan dalam berwisata pun sangat dibutuhkan untuk menjaga ketertiban, keindahan dan kenyamanan orang-orang yang akan berkunjung dikemudian hari. Dengan merusak keindahan alam yang ada di tempat wisata maka anda akan turut memundurkan kualitas tempat wisata rumah anda sendiri yakni Indonesia. Oleh karena itu, mari kita jaga lingkungan kita dengan tidak merusak, tidak membuang sampah sembarangan, serta tidak melakukan vandalisme yang tentunya akan membuat keindahan tempat tersebut menjadi hilang.

Cukup sekian artikel singkat mengenai tempat wisata di Purwokerto ini. Jika ada kesalahan ataupun hal – hal yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar – besarnya. Terima kasih telah mampir di blog sederhana ini dan salam Indonesia.