Lokasi Wisata Kapal Bosok Serang

Posted on

Lokasi Wisata Kapal Bosok SerangSetiap negara pasti mempunyai sejarah yang melatarbelakanginya. Sejarah tersebut dapat dipelajari dan dibuktikan dengan adanya cerita dan juga temuan benda – benda peninggalan sejarah. Benda – benda sejarah tersebut setelah dipelajari kemudian di pamerkan kepada masyarakat luas sebagai tempat wisata sejarah. Fungsinya tidak lain agar masyarakat juga mengetahui mengenai sejarah negara mereka. Salah satunya adalah tempat wisata Kapal Bosok yang berada di kota Serang. Tempat wisata ini diyakini oleh masyarakat terkait dengan sejarah di Kota Banten.

wisata kapal bosok
Masjid unik berbentuk kapal inilah yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata Kapal Bosok, Curug, Serang, Banten (gambar : pressreader.com)
Baca Juga  Eksotisme Pantai Sawarna, Tempat Wisata Indah di Banten

Wisata Kapal Bosok Kota Serang

Wisata Kapal Bosok ini sebenarnya merupakan kompleks bangunan masjid. Yang unik dari tempat ini adalah, bentuk masjid ini berwujud kapal. Masjid ini terdiri dari 4 lantai dimana 3 lantai diantaranya berbentuk kapal. Jadi jika dilihat, bangunan masjid ini menyerupai tumpukan 3 buah kapal. Dalam kompleks tempat ibadah ini, terdapat makam salah satu tokoh yang bernama Ki Abdullah Angga Derpa. Konon Ki Abdullah Angga Derpa ini merupakan salah satu orang sakti yang cukup disegani pada masa Kasultanan Banten.

Nama Wisata Kapal Bosok diambil dari Bahasa Jawa. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, Kapal Bosok berarti kapal yang busuk. Penamaan ini berkaitan dengan legenda kisah ki Abdullah Angga Derpa yang beredar di masyarakat. Ada beberapa versi kisah ini, salah satunya adalah :

Alkisah pada suatu masa di jaman pemerintahan Kasultanan Banten, Sultan akan mengadakan pesta pernikahan untuk putrinya. Kemudian Sultan memerintahkan Ki Abdullah Angga Derpa untuk mencari kayu bakar untuk keperluan memasak. Maka berangkatlah Ki Abdullah Angga Derpa untuk melaksanakan perintah sultan.

Ki Abdullan Angga Derpa yang dikenal akan kesaktiannya tidak mencari kayu seperti lazimnya dilakukan oleh orang biasa. Beliau mencabut sebatang pohon besar dengan kesaktiannya. Kemudian pohon tersebut ditarik menuju ke tempat pelaksanaan pesta tersebut. Namun, tanpa sepengetahuan Ki Angga Derpa, ternyata pohon yang dibawanya tersebut memiliki lubang, dimana di dalam lubang tersebut digunakan sebagai tempat tinggal seekor siluman harimau. Karena terkejut, Ki Abdullah Angga Derpa menjatuhkan batang pohon tersebut, naas siluman harimau keluar dan mengacaukan acara pesta pernikahan putri sultan. Kejadian tersebut membuat sang sultan murka kepada Di Abdullah Angga Derpa. Kemudian sultan memerintahkan prajurit untuk menangkap Ki Abdullah Angga Derpa dan kemudian diikat di sebuah kapal yang berada di Pelabuhan Karangantu.

Namun, berkat kesaktian Ki Abdullah Angga Derpa, dalam kondisi terikat, beliau dapat menarik kapal tersebut hingga sampai dan terdampar di Kampung Drangong Kel. Curug manis, Kec. Curug, Kota Serang – Banten. Kapal tersebut lambat laun menjadi busuk serta Ki Abdullah Angga Derpa meninggal kemudian dimakamkan ditempat itu. Cerita tersebut yang melatarbelakangi tempat ini dinamakan Kapal Bosok.

Baca Juga  Tempat Wisata Di Banten Paling Wajib Dikunjungi

Itulah salah satu legenda atau cerita yang beredar di masyarakat mengenai asal usul nama kapal bosok. Makam Ki Abdullah Angga Derpa pun banyak dikunjungi oleh para peziarah dengan berbagai tujuan. Perlu diingat, dalam Islam diperbolehkan untuk melakukan ziarah kubur, namun jangan sampai kegiatan ziarah kubur yang berfungsi untuk mengingatkan kita tentang kematian malah menjadi kemusryikan karena saat kita berziarah, kita malah meminta sesuatu atau berdoa meminta sesuatu kepada yang dikubur. Berdoalah kepada Tuhanmu.

ki angga derpa
Makam Kia Abullah Anggaderpa yang berada di kompleks wisata Kapal Bosok Curug (gambar : petir-fenomenal.blogspot.com)

Selain sebagai tempat wisata religi, bentuk masjid yang unik juga menarik perhatian  para pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang bangunan masjid di Wisata Kapal Bosok Serang ini.

Lokasi Alamat Wisata Kapal Bosok

Seperti yang sudah saya tulis di atas, lokasi Kapal Bosok berada di Kota Serang. Adapun alamat Kapal Bosok selengkapnya adalah Curugmanis, Curug, Kota Serang, Banten. Untuk mencapai lokasi wisata kapal bosok ini, teman – teman dapat mengikuti koordinat yang saya ambil dari Google Maps berikut.