Lokasi Pantai Sanglen Gunung Kidul Tempat Wisata Alam di Jogja

Posted on

Lokasi Pantai Sanglen Gunung Kidul Tempat Wisata Alam di Jogja . Seperti yang sudah kita ketahui, Wisata pantai di Jogja sangat menarik. Tempat wisata pantai di Yogyakarta ini tersebar di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, serta Kabupaten Gunung Kidul. Kali ini Masbei akan membahas mengenai salah satu wisata pantai di Jogja yang masih sepi dari pengunjung. Pantai ini bernama Pantai Sanglen yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul.

lokasi pantai sanglen gunung kidul
Pantai Sanglen Gunung Kidul merupakan salah satu wisata pantai yang masih alami

Wisata Pantai Sanglen Gunung Kidul

Gunung Kidul merupakan salah satu tujuan wisata Jogja untuk wisata pantainya. Tidak mengherankan karena pantai – pantai yang berada di Gunung Kidul memiliki pemandangan yang sangat indah. Tidak terkecuali bagi pantai Sanglen Gunung Kidul ini. Pantai ini belum banyak dikenal oleh pengunjung. Oleh karena itu, pengunjungnya masih sedikit dan lokasi pantainya juga masih asri. Lokasi yang sepi dan asri ini sangat cocok bagi teman – teman yang ingin melepas penat akibat rutinitas sehari – hari yang cukup melelahkan.

pantai sanglen gunung kidul
Pasir putih membentang di Pantai Sanglen Gunung Kidul

Hamparan pantai putih dengan ombak yang relatif cukup tenang membuat suasana di pantai ini menjadi syahdu. Selain itu tebing karang yang berdiri tegar diterpa hantaman ombak membuat pemandangan menjadi semakin menarik. Vegetasi yang ada di wisata pantai ini pun masih cukup asri sehingga kita dapat berlindung dari sinar matahari di bawah pepohonan yang terdapat di sepanjang pantai ini. Pepohonan yang ada di pantai ini berupa tumbuhan cemara udang yang daunnya cukup timbun sehingga cocok untuk berteduh.

Saat air surut, teman – teman dapat bermain air lebih leluasa. Teman – teman dapat menyaksikan tumbuhan laut dan juga ikan – ikan yang tertinggal saat air surut. Disini teman – teman dapat menemukan tumbuhan seperti rumput laut yang akan terlihat saat air laut surut. Teman –teman juga dapat camping di Pantai Sanglen ini. Namun yang perlu diperhatikan bahwa saat berkemah dilarang membuat api unggun. Larangan ini dibuat agar pepohonan tidak rusak karena api unggun tersebut.

baca juga : Tempat wisata murah di Jogja yang layak dikunjungi

Fasilitas Harga Tiket Masuk Pantai Sanglen Gunung Kidul

Karena tergolong pantai yang baru dibuka dan belum terlalu banyak pengunjung, fasilitas yang ada di pantai ini juga belum terlalu lengkap. Namun jangan khawatir karena fasilitas pokok seperti lahan parkir, kamar mandi bilas sudah tersedia di pantai yang masih alami ini.

Untuk memasuki kawasan pantai Sanglen ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk. Karena tiket masuk sudah dipungut di TPR sebesar Rp. 10.000,- yang sudah mencakup semua pantai yang sejajar di kawasan ini. Jadi dengan sekali bayar, teman – teman sudah tidak perlu membayar lagi tiket masuk. Teman – teman hanya akan dikenakan tarif parkir jika membawa kendaraan pribadi.

baca juga : Wisata Jogja, Indahnya Pesona Pengklik Pantai Samas

Lokasi Pantai Sanglen Gunung Kidul Tempat Wisata Alam di Jogja

Lokasi Pantai Sanglen berada di Kabupaten Gunung Kidul. Adapun alamat Pantai Sanglen adalah  Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881. Untuk dapat mencapai pantai ini, teman – teman dapat mengambil rute dari Kota Wonosari kemudian menuju alun – alun. Setelah sampai lampu merah pertigaan Pos Polisi, ambil arah ke jalan Baron (menuju Pantai Baron / Drini / Kukup) hingga sampai ke TPR. Setelah melewati TPR, ambil arah menuju Pantai Kukup, dari pantai Kukup, lanjutkan perjalanan menuju ke arah Pantai Watu Kodok, Pantai Sanglen berada sebelum Pantai Watu Kodok. Bertanyalah kepada penduduk sekitar jika kebingungan, hehhee. Berikut ini peta lokasi Pantai Sanglen Gunung Kidul yang saya ambil dari koordinat GPS dari Google Maps.

baca juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Saya rasa cukup sekian artikel  Lokasi Pantai Sanglen Gunung Kidul Tempat Wisata Alam di Jogja ini. Jika ada kesalahan atau ada hal yang kurang berkenan, saya mohon maaf. Jagalah kebersihan dimanapun anda berada. Salam Indonesia.