Lokasi Pantai Kuncaran Kabupaten Malang

Posted on

Lokasi Pantai Kuncaran Kabupaten Malang. Walaupun lokasinya berada di sisi sebelah selatan wilayah Malang Raya, namun ternyata Kabupaten Malang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Bentang pantai yang berada di wilayah Malang Selatan ini memang terbilang cukup panjang sehingga tidak mengherankan jika terdapat begitu banyak wisata pantai di Kabupaten Malang ini. Salah satu pantai yang memiliki potensi yang sangat besar adalah Pantai Kuncaran. Ya, sama seperti lokasi Pantai Pulodoro, Lokasi Pantai Kuncaran ini juga berada di wilayah Kabupaten Malang. Seperti apa pantainya? Berikut ini artikel singkat masbei.com tentang salah satu wisata pantai Malang ini.

pantai kuncaran kabupaten malang
Tepian Pantai Kuncaran Kabupaten Malang

Keindahan Pantai Kuncaran Kabupaten Malang

Wilayah Kabupaten Malang bagian selatan memiliki kontur berupa perbukitan. Perbukitan tersebut langsung berbatasan dengan Laut Selatan. Hal inilah yang setidaknya membuat Pantai di kawasan Kabupaten Malang memiliki keindahan tersendiri. Mungkin fenomena ini mirip dengan yang terjadi di Gunung Kidul Jogja yang juga merupakan dareah perbukitan kapur yang langsung berbatasan dengan laut selatan. Seperti kita ketahui bahwa hal tersebut mempunyai sederetan pantai dengan pemandangan yang indah dan ombak yang cukup bersahabat bagi para wisatawan.

pantai kuncaran malang
Pasir putih indah di Pantai Kuncaran Malang. sumber gambar : facebook Pantai Kuncaran

Demikian juga dengan Pantai Kuncaran ini. Pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu ganas walaupun berada di Laut Selatan yang terkenal akan keganasan ombaknya. Ini mungkin terjadi karena ombak sudah terpecah terlebih dahulu oleh gugusan karang yang cukup banyak terdapat di pantai ini sehingga saat mencapai bibir pantai, ombak sudah tidak terlalu ganas lagi. Selain ombaknya yang tidak terlalu deras, pasir pantai ini juga berwarna putih yang tentunya menambah keindahan pantai ini.

Baca juga :

Wisata Pantai di Malang Selatan

Pantai Teluk Asmoro Malang yang mempesona

Harga Tiket Masuk Pantai Kuncaran Kabupaten Malang

Pada saat tulisan ini saya buat, belum ada informasi mengenai tiket masuk pantai kuncaran ini. Ini karena pantai ini masih tergolong pantai yang baru dikenal oleh masyarakat luar. Hal ini tidak lepas karena proyek pembangunan jalur lintas selatan yang membentang di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa. Dengan dibangunnya jalur lintas selatan ini, pantai – pantai di Malang yang sebelumnya tidak terjamah oleh wisatawan karena jalurnya yang sulit, kini mulai dikenal seiring dengan akses menuju lokasi yang semakin terbuka.

Oleh karena masih baru, maka fasilitas di Pantai ini belum lengkap. Jadi, jika berkunjung ke pantai di Malang Selatan ini, saya sarankan teman – teman untuk membawa bekal yang dibutuhkan. Oh iya satu lagi, pantai ini dapat dikatakan masih sangat alami, jadi mohon kesadarannya untuk tidak merusaknya dengan membuang sampah sembarangan, mencorat – coret dan hal – hal lain yang bersifat merusak.

Alamat Lokasi Pantai Kuncaran Kabupaten Malang

Pantai Kuncaran ini memiliki alamat lengkap di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk mencapanya rute menuju Pantai Kuncaran dapat ditempuh dari Malang – Bululawang – Krebet – Gondanglegi – Bantur – Balekambang – Wonogoro – Nganteb – Sindurejo. Detailnya adalah : dari kota Malang ikuti petunjuk ke arah Balekambang, sampai di perempatan terakhir sebelum Balekambang belok kiri kemudian ikuti Jalur Lintas Selatan (JLS) kurang lebih 4 kilometer ada pertigaan yg ada petunjuk Pantai Ngudel. Di satu lokasi ini terdapat juga bukit Asmara, Pantai Kuncaran, dan Pantai Ngandol/ Gandol Alas. Pantai Kuncaran terletak di barat Pantai Ngudel. Pantai Kuncaran berjarak kurang lebih 60 kilometer dari Kota Malang. Masih bingung? Berikut ini maps Pantai Kuncaran yang saya ambil dari Google Maps.

Cukup Sekian dulu artikel saya mengenai Lokasi Pantai Kuncaran Kabupaten Malang. Banyak kekurangan, kesalahan atau ada hal – hal yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar – besarnya. Terima kasih dan salam Indonesia.