Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi Jogja

Posted on

Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi Jogja. Memang kreatifitas masyarakat Indonesia patut diacungi jempol. Mengapa? Ya seperti yang bisa kita lihat di berbagai daerah, ada saja yang memanfaatkan apa yang ada di sekitarnya. Sesuatu asalnya tidak ternilai menjadi sesuatu yang mengagumkan. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh warga di Jogja tepatnya masyarakat Sambirejo Prambanan, kabupaten Sleman. Warga dengan kreatifitasnya menyulap bekas tambang batu alam yang semula tidak menarik menjadi salah satu obyek wisata yang sedang naik daun akhir – akhir ini. Tempat ini disebut dengan tebing Breksi Jogja. Nah pada artikel singkat kali ini kita akan membahas mengenai salah satu tempat wisata murah dan baru di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Seperti yang sudah diutarakan di atas, awalnya tempat wisata Tebing Breksi Jogja merupakan lokasi penambangan batu alam. Batu alam yang berada di tempat ini adalah batuan jenis batu kapur breksi. Selama bertahun – tahun, lokasi ini menjadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar. Namun pada sekitar tahun 2014, terbit larangan untuk menambang batuan yang ada di lokasi ini. Hal ini tidak lepas dari ditemukan dan ditelitinya gunung api purba Nglanggeran.

rute menuju tebing breksi
Tebing Breksi Jogja, bekas tambang yang menjadi indah karena kreatifitas masyarakat sekitar

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan fakta bahwa ternyata batuan yang ada di lokasi penambangan batuan breksi ini menunjukkan adanya kesamaan dengan mineral yang terkandung dalam abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Artinya, batuan yang ada di lokasi ini merupakan hasil aktivitas vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran yang usianya sudah sangat tua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kemudian diterbitkan keputusan untuk menjadikan kawasan tambang menjadi kawasan cagar budaya yang harus dilestarikan. Dengan terbitnya peraturan ini, maka aktivitas penambangan batu otomatis dihentikan. Cagar budaya ini juga meliputi kawasan tebing di sekitarnya termasuk kompleks Candi Ijo yang memiliki pemandangan sunset yang indah.

Pesona Wisata Taman Tebing Breksi Jogja

Masyarakat sekitar lokasi yang awalnya menjadikan tambang batu breksi menjadi mata pencaharian tentunya merasa kehilangan dengan ditutupnya segala kegiatan penambangan batu breksi dan tentu saja kehilangan salah satu sumber penghidupan mereka. Namun, rasa kehilangan tersebut tidak diluapkan dalam bentuk yang negatif, sebaliknya, merek melihat potensi lain dari bekas tambang batu tersebut yang memiliki pesona keindahan yang terpendam. Oleh karena itu, masyarakat dengan kreatifitas mereka menyulap bekas lokasi tambang menjadi tempat indah yang menarik para wisatawan untuk berkunjung.

Baca juga : Tempat wisata murah di Jogja yang layak dikunjungi

Pesona dari bekas tambang ini antara lain adalah guratan – guratan tebing batu yang indah mengingatkan kita pada lokasi wisata Garuda Wisnu Kencana Bali yang juga merupakan bekas tambang. Selain tebingnya yang indah, kita juga dapat naik ke atas tebing melalui anak tangga dari batu yang telah dibuat oleh masyarakat sekitar. Di atas tebing, kita bisa menyaksikan keindahan Kota Jogja dari ketinggian, juga Gunung Merapi yang dapat terlihat jelas jika cuaca sedang cerah. Terlebih jika kita berkunjung pada petang hari, kita bisa melihat indahnya kelip – kelip lampu yang berada di Kota Jogja.

sunset tebing breksi jogja
Pemandangan Gunung Merapi dikala senja yang indah dapat kita nikmati dari Tebing Breksi

Dalam komplek Tebing Breksi Jogja ini juga terdapat panggung pertunjukan yang tempat duduknya juga tebuat dari batu. Oh iya satu lagi yang terpenting, tempat ini tentu saja menjadi tempat berfoto yang menarik dan pastinya Instagramable, jadi jika berkunjung ke sini jangan lupa untuk mempersiapkan perangkat berfoto teman – teman.

gambar tebing breksi
Panggung pertunjukan yang berada di tengah – tengah kompleks Tebing Breksi

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Tebing Breksi Jogja

Jam buka Tebing Breksi Jogja mulai dari pagi hingga sore hari setiap harinya. Teman- teman dapat menyesuaikan jam kedatangannya, jika ingin menyaksikan sunset yang menawan serta kelap kelip lampu Kota Jogja, teman – teman dapat berkunjung pada sore hari. Namun, jika teman teman ingin melihat landscape / pemandangan di sekitar wilayah Sleman, Bantul, dan Jogja dari ketinggian, teman – teman bisa datang pada pagi hari.

tebing breksi
Pemandangan Tebing Breksi malam hari yang tetap menyajikan panorama yang indah

Sedangkan untuk harga tiket masuk Tebing Breksi Jogja untuk saat ini gratis alias tidak dipungut biaya untuk tiket masuk. Namun, pengunjung akan dikenakan tarif parkir bagi yang membawa kendaraan. Jangan khawatir, tarif parkirnya juga terjangkau alias normal yaitu Rp. 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,00 untuk mobil. Murah kan? oh iya, pada saat hari libur baik libur nasional maupun liburan semester anak sekolah, obyek wisata ini relatif ramai, jadi, bagi teman – teman yang ingin bebas berfoto – foto, saya sarankan untuk menghindari hari – hari tersebut.

Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi Jogja

Lokasi Tebing Breksi ini berdekatan dengan Candi Ijo. Hanya berjarak beberapa ratus meter di bawah Kompleks Candi Ijo. Jadi, jika teman – teman berkunjung ke Candi Ijo melalui sebelah barat, maka pasti akan melewati Tebing Breksi ini. Jika teman – teman sudah mengetahui rute menuju Candi Ijo, pasti dapat dengan mudah menemukan tempat wisata ini. Namun bagi yang belum tahu, berikut ini rute menuju Tebing Breksi yang dapat teman – teman ikuti :

Teman – teman menuju ke tempat wisata Candi Prambanan, kemudian menuju ke selatan ke arah Kompleks Keraton Ratu Boko, ikuti jalur sampai menemukan petunjuk arah ke Candi Ijo, teman teman tinggal mengikuti rute tersebut.

baca juga :

Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Travel Jogja : Berburu sunset di Candi Ijo

Jika masih bingung, berikut ini lokasi Tebing Breksi di Google Maps dan gambar denah Tebing Breksi:

denah tebing breksi
Denah menuju ke lokasi Tebing Breksi Jogja dari Candi Prambanan

Yang perlu teman – teman perhatikan pada saat menuju ke lokasi Tebing Breksi Jogja adalah pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan fit, karena jalan menuju ke lokasi menanjak cukup tajam dan jalan masih ada yang kurang bagus, maklum karena dulunya jalur ini digunakan untuk lalu lalang truk pengangkut batu dari Tebing Breksi.

Tips Berwisata di Tebing Breksi Jogja

Jika teman – teman berkunjung ke tempat wisata murah di Jogja ini, ada beberapa hal yang mungkin perlu diantisipasi.

  • Yang pertama adalah lokasi Tebing Breksi Jogja yang merupakan bekas tambang batu dapat dikatakan hampir tidak ada pepohonan besar. Oleh karena itu, bagi teman – teman yang alergi panas, dapat membawa payung atau berkunjung pada saat matahari sudah tidak terlalu terik.
  • Mengingat kita akan berjalan di tangga batu, saya sarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak mudah lepas / rusak.
  • Selain itu, seperti yang sudah saya utarakan di atas, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Mengapa? mengingat medan yang akan dilalui menanjak dan beberapa jalan yang rusak.

Saya rasa cukup sekian dulu artikel singkat mengenai lokasi dan rute menuju Tebing Breksi Jogja. Terima kasih sudah sudi mampir di blog sederhana ini. Jika ada kesalahan saya mohon maaf. Terima kasih dan salam Indonesia.