Lokasi Air Terjun Jambuara yang Indah dan Sejuk

Posted on

Indonesia memiliki kontur permukaan bumi yang berbukit – bukit. Oleh karena itu, tidak heran jika di Indonesia banyak terdapat air terjun. Di Pulau Jawa misalnya, banyak air terjun yang dapat kita temukan, seperti Coban Bidadari yang berada di Malang, Grojogan Sewu yang berada di Jawa Tengah, serta wisata air terjun lainnya yang tersebar dari ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa.

Pulau sumatera pun tidak ketinggalan. Kontur alamnya yang juga berbukit – bukit membuat Pulau Sumatera juga memiliki air terjun – air terjun yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Jambuara yang berada di Kabupaten Simalungun.

air terjun jambuara
Air Terjun Jambuara yang hijau dan indah

 

Keindahan Alam Air Terjun Jambuara

Tidak dapat dipungkiri jika lokasi air terjun biasanya memiliki panorama yang indah. Bagaimana tidak, air terjun biasanya terletak di tebing hutan dengan pepohonan yang rindang karena selalu tercukupi kebutuhan airnya dari air tejun. Selain itu, derasnya air juga membuat udara menjadi lebih sejuk. Begitu pula dengan pemandangan yang terdapat di Air Terjun Jambuara. Tebing yang tinggi menjulang dikelilingi dengan hijaunya pepohonan yang rimbun membuat rileks mata kita. Selain itu, hawanya yang sejuk membuat pikiran kita menjadi fresh dan dapat sejenak melepaskan penat dan beban pikiran yang kita alami selama menjalani rutinitas sehari – hari.

Pada mulanya, air terjun setinggi kurang lebih 30 meter ini hampir tidak diketahui oleh masyarakat luas. Namun, berkat adanya teknologi informasi terutama media sosial yang digunakan oleh para remaja sekitar, membuat tempat wisata alam ini mulai dikenal oleh masyarakat luas. Saat ini sudah banyak pengunjung yang berasal dari luar daerah seperti Medan, Asahan, Siantar bahkan dari luar Pulau Sumatera yang mengunjungi air terjun indah ini. Tentunya dengan dikenalnya Air Terjun Jambuara ini oleh warga luar daerah, secara tidak langsung juga memberi dampak positif bagi warga sekitar terutama dalam segi ekonomi.

jambuara
Air Terjun Jambuara menyajikan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk

Lokasi Air Terjun Jambuara

Air terjun Jambuara ini terletak di Provinsi Sumatera Utara. Adapun alamat lengkapnya adalah Buntu Turunan, Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21174. Air terjun ini berada kurang lebih 35 kilometer dari Kota Siantar. Untuk menuju ke lokasi air terjun Jambuara ini dibutuhkan waktu kurang lebih 4 hingga 5 jam perjalanan dengan mobil jika teman – teman dari Medan. Namun, jika teman – teman berangkat dari Siantar, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 40 menit. Untuk lokasi tepatnya, teman – teman dapat mengikuti koordinat GPS Air Terjun Jambuara berikut ini yang saya peroleh dari Google Maps.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jambuara

Untuk memasuki kawasan obyek wisata air terjun Jambuara ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per pengunjung, kita sudah dapat menikmati indahnya pemandangan air terjun serta sejuknya udara yang tentu saja membuat tubuh kita menjadi rileks. Untuk parkir, kendaraan roda 2 dikenakan terif parkir sebesar Rp. 10.000,- sedangkan untuk kendaraan roda 4 dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 20.000,-. Dana tersebut digunakan untuk perawatan dan pengelolaan obyek wisata agar senantiasa nyaman untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Tips Berwisata di Air Terjun Jambuara

Jika berencana mengunjungi air tejun ini, perlu dipersiapkan hal – hal berikut ini agar teman- teman dapat menikmati keindahan wisata alam ini dengan maksimal.

  • Jaga kondisi fisik, karena medan menuju air terjun cukup menguras energi, jadi alangkah baiknya mempersiapkan fisik terlebih dahulu
  • Tunda kunjungan jika sedang hujan terutama bagi yang ingin bermain air, karena saat hujan air akan menjadi keruh sehingga pemandangan air terjun menjadi kurang menarik
  • Jaga kebersihan, jangan pernah membuang sampah sembarangan selain mengotori, sampah yang dibuang sembarangan juga tentunya dapat merusak lingkungan, jadi tumbuhkan kesadaran dan kepedulian untuk menjaga kelestarian lingkungan kita

Saya rasa cukup sekian artikel mengenai Lokasi Air  Terjun Jambuara yang Indah dan Sejuk. Jika ada kesalahan atau ada hal – hal yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar- besarnya. Silakan berkomentar pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih dan Salam Indonesia.