Lokasi Kolam Bunga Eceng Gondok Bantul yang Indah

Posted on

Lokasi Kolam Bunga Eceng Gondok Bantul yang Indah. Berkembangnya wisata saat ini tidak lepas dari peran sosial media yang dapat menyebarkan berita dengan begitu cepat. Kebiasaan para generasi muda yang berfoto di suatu tempat yang bagus kemudian diunggah / dishare ke media sosial seringkali mengangkat nama tempat tersebut dengan cepat. Seperti yang baru – baru ini viral di daerah Bantul yaitu kebun bunga matahari Bantul yang juga menjadi viral dalam waktu singkat karena peran sosial media. Nah, saat ini ada satu lagi tempat yang viral untuk berfoto di daerah Bantul. Lokasi ini adalah kolam bunga eceng Gondok Bantul.

Kolam Bunga Eceng Gondok Bantul yang Mempesona

Tanaman enceng gondok atau enceng gondok merupakan tanaman air yang biasa tumbuh di danau atau di perairan yang tenang. Ciri khas tanaman ini adalah tumbuh mengapung di atas permukaan air dan batangnya yang menggelembung. Biasanya tanaman enceng gondok dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. Batangnya akan dikeringkan untuk kemudian di anyam menjadi berbagai kerajinan. Namun siapa sangka jika ternyata tanaman enceng gondok ini memiliki pesona yang lain. Bunga eceng gondok yang berwarna ungu muda sangat menarik terutama jika dijadikan sebagai obyek foto.

kolam Bunga Eceng Gondok Bantul
Kebun Bunga Eceng Gondok Bantul

Di kota Bantul, ternyata tanaman enceng yang sedang berbunga ini menyedot perhatian masyarakat. Tentunya hal ini tidak lepas dari peran sosial media yang ikut menyebarkan keberadaan tanaman enceng gondok yang sedang berbunga ini. Berawal dari pengunjung yang mengupload fotonya tentang bunga eceng gondok ini kemudian membuat lokasi kolam bunga eceng gondok Bantul ini menjadi viral.

Awal mula tenarnya kolam eceng gondok Bantul ini adalah pada tahun 2015 silam saat tenarnya kebun bunga amarilis yang ada di Gunung Kidul. Saat itu banyak yang berfoto dengan latar belakang bunga amarilis, nah di Bantul saat itu tanaman eceng gondok yang tumbuh liar di sebuah persawahan sedang berbunga. Bunga yang bermekaran itulah yang kemudian dijadikan obyek berfoto oleh para pemburu selfie.

baca juga : Lokasi Kebun Bunga Matahari Spot Foto Baru Bantul

Lokasi Kolam Eceng Gondok Bantul

Kolam eceng gondok Bantul ini sebenarnya berada di areal persawahan. Tanaman ini tumbuh secara liar tanpa ada yang menanam atau merawatnya. Lokasi kolam eceng gondok Bantul atau lebih tepatnya tanaman eceng gondok liar disawah ini berada di desa Karangasem. Alamat lengkapnya adalah Dusun Karangasem, Palbapang Bantul Jogja. Lokasi taman eceng gondok Bantul ini cukup mudah dijangkau karena memang lokasinya tidak jauh dari jalan raya.

Jika ingin berkunjung ke lokasi kolam eceng gondok langsung saja menuju ke simpang 4 palbapang. Dari perempatan tersebut, ambil jalan ke arah timur atau ke kiri jika dari arah kota Jogja. Kemudian teman – teman akan menemukan SMP 3 Bantul yang berada di selatan jalan, maju sedikit hingga menemukan perempatan. Dari perempatan tersebut ambil arah ke selatan atau ke kanan. Teruskan perjalanan hingga menemukan SD Muhamadiyah Serut. Dari SD tersebut teruskan perjalanan hingga menemukan tanaman enceng gondok yang berada di areal persawahan. Jarak lokasi kolam eceng gondok Karangasem Bantul tidak jauh dari SD Muhamadiyah Serut. Jika masih bingung, teman – teman dapat bertanya kepada penduduk sekitar. Jika teman –teman menggunakan GPS, silakan gunakan koordinat GPS berikut ini untuk menuju lokasi eceng gondok Bantul.

 

Baca juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Nah, itulah sekilas mengenai lokasi kolam enceng gondok Bantul yang viral. Semoga dapat membantu teman – teman yang akan berlibur atau sekedar mencari obyek untuk berfoto. Terima kasih dan salam Indonesia.