Kerik Gigi Mentawai, Tradisi Masyarakat Adat Mentawai

Posted on
Jika membahas tentang keanekaragaman budaya di Indonesia, kita akan mendapati keanegaragaman yang sangat banyak dan tidak ada habisnya. Tentunya hal ini tidak lepas dari banyaknya suku yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satunya adalah Suku Mentawai. Suku Mentawai yang ada di kawasan Sumatera Barat telah menjadi salah satu suku yang tetap menjaga tradisinya. Berbagai macam tradisi dan ritual-ritual unik masyarakat Indonesia khususnya tradisi suku Mentawai menjadi yang merupakan tradisi turun temurun,  masih dilakukan oleh masyarakat setempat hingga saat ini salah satunya kerik gigi mentawai.
kerik gigi mentawai
Tradisi Kerik Gigi, lazim dilakukan oleh masyarakat Mentawai

 Tradisi Kerik Gigi Mentawai, simbol kedewasaan wanita Mentawai

Ada salah satu tradisi yang saat ini masih dilakukan oleh masyarakat di suku Mentawai yaitu tradisi kerik gigi. Pada umumnya tradisi ini dilakukan oleh wanita-wanita di suku Mentawai. Mereka mewajibkan setiap wanita di suku Mentawai harus selalu melakukan kerik gigi. Hal ini dikarenakan tradisi ini sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka. Tradisi ini telah menjadi salah satu simbol mencapai kedewasaan seorang wanita, sehingga jika seorang wanita ingin menikah maka ia harus melakukan tradisi kerik gigi ini.
informasi wisata indonesia
Kerik Gigi dipercaya oleh masyarakat Mentawai membuat seorang wanita menjadi lebih cantik
Setiap tradisi di Indonesia ini memiliki makna dan maksud tersendiri. Tradisi ini memiliki tujuan untuk bisa mengendalikan 6 sifat buruk, yang sebelumnya sudah ada di dalam diri manusia.  Dimana ke enam sifat buruk yang ada di dalam diri manusia itu dikenal dengan sad ripu oleh masyarakat di adat Mentawai. Selain itu, tradisi ini juga ditunjukkan agar bisa memperlihatkan kecantikan serta daya tarik bagi kaum pria di sekitarnya untuk seorang wanita di masyarakat adat Mentawai. Menurut kepercayaan dari masyarakat adat Mentawai, jika seorang wanita memiliki gigi yang runcing akan terlihat lebih cantik. Selain itu, tradisi gigi runcing ini juga dipercaya akan bisa memberikan kedamaian jiwa pada seorang wanita. Hal inilah alasan mengapa suku Mentawai selalu menjadikan tradisi kerik gigi ini sebagai salah satu tradisi yang wajib untuk dilakukannya. Dengan begitu, saat mereka sudah melakukan tradisi yang satu ini mereka pun akan lebih bahagia dan damai jiwanya untuk memulai kehidupannya sebagai seorang ibu dan menjadi seorang wanita dewasa.

Tradisi Kerik Gigi Mentawai, tradisi yang dinanti wanita Mentawai

Tradisi kerik gigi ini akan sangat menyakitkan sebab para ketua adat tidak melakukannya tanpa memulai tahap pembiusan. Sehingga hal ini akan menjadikan seorang wanita memiliki rasa sakit yang berlebihan saat menjalani kerik gigi. Bahkan berbagai macam alat yang akan dipakai untuk ritual ini pun tidak melalui proses sterilisasi, sehingga hal ini dapat dikatakan jika alat-alat tersebut tidaklah aman untuk digunakan menurut ahli medis, akan tetapi para masyarakat Mentawai tidak memperdulikan hal ini dan mereka pun terus melakukan tradisi yang sudah turun temurun dari nenek moyangnya tersebut.
Alat yang digunakan untuk membuat gigi menjadi runcing ini terbuat dari besi atau kayu yang sudah mereka asah hingga tajam. Waktu untuk melakukan tradisi kerik gigi ini pun tidak sebentar membutuhkan waktu dan proses yang lama, sehingga seringkali para wanita di suku adat Mentawai akan menanti-nantikan hal seperti ini agar mereka bisa terlihat lebih cantik dan lebih menawan dengan bentuk gigi yang lebih runcing dan tajam seperti gigi drakula. Bahkan seorang pria dari adat Mentawai akan lebih tertarik dengan seorang wanita yang memiliki gigi runcing dan tajam. Hal seperti inilah yang menjadi ciri khas dari suku adat Mentawai.
kerik gigi mentawai
Prosesnya yang menyakitkan tidak membuat tradisi ini hilang
Banyaknya berbagai macam tradisi adat maupun budaya yang ada di Indonesia, seringkali menjadikan negara Indonesia memiliki sebutan negara yang penuh dengan tradisi serta budaya, sehingga tidak heran jika Indonesia tidak hanya kaya akan alamnya saja namun juga kaya akan keanekaragaman budaya dan tradisi yang dimiliki.

Demikian artikel kami mengenai kerik gigi Mentawai, tradisi masyarakat adat Mentawai. Semoga dapat bermanfaat, terima kasih dan salam Indonesia.

Gambar hanya sebagai ilustrasi, diambil dari google.