Kebun Teh Kulon Progo di Nglinggo Wisata Jogja yang Indah dan Asri

Posted on

Kebun Teh Kulon Progo di Nglinggo. Kulon Progo merupakan Kabupaten yang berada di wilayag Daerah Istimewa Yogyakarta sebelah barat. Sebagian wilayah di Kulon Progo ini merupakan perbukitan yang dikenal dengan sebutan Perbukitan Menoreh. Awalnya kabupaten ini dapat dikatakan jarang dilirik wisatawan, karena memang tempat wisatanya yang tidak terlalu banyak. Namun saat ini, Kulon Progo mulai menggarap sektor pariwisatanya sehingga menjadi salah satu lokasi tempat wisata di Jogja. Sebut saja wisata alam Kalibiru, bukit Isis, air terjun Kedung Pedut, dan sebagainya yang merupakan hasil penggalian potensi wisata yang ada di Kulon Progo. Salah satu tempat yang sekarang juga dijadikan sebagai tempat wisata adalah Kebun Teh Kulon Progo. Berikut artikel singkatnya.

Keindahan Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Seperti lazimnya kebun teh yang ada di daerah lain, kebun teh Kulon Progo ini juga menyajikan pemandangan yang indah. Layaknya tempat – tempat di dataran tinggi, kebun teh ini menawarkan pemandangan yang hijau terhampar luas di areal perkebunan ini. Selain itu, para pengunjung juga  dapat menyaksikan keindahan puncak – puncak gunung yang ada disekitar Pulau Jawa bagian tengah. Gunung – gunung tersebut antara lain, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan lain – lain.

kebun teh kulon progo
gambar : instagram.com/squadbrothersindo

Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo ini sangat cocok bagi teman – teman yang menyukai fotografi. Di kebun teh Kulon Progo ini, pengunjung dapat mengabadikan pemandangan indah tempat wisata ini dalam bentuk gambar. Selain itu, dengan latar belakang pemandangan alam yang hijau dan asri tentunya dapat membuat foto teman – teman menjadi lebih menarik. Tentu saja foto – foto tersebut dapat teman – teman pamerkan di jejaring sosial sekaligus untuk promosi bahwa wisata di Indonesia itu juga sangat indah.

wisata menarik lainnya : Rute Menuju Bukit Ngisis Samigaluh Kulon Progo

Fasilitas di Kebun Teh Samigaluh Kulon Progo

Selain menikmati pemandangan dan suasana alam yang indah, di kebun Teh Kulon Progo ini juga tersedia warung – warung kecil. Warung – warung iini menjajakan minman teh, kopi dan juga makanan kecil. Yang menarik adalah, teh yang dijajakan di warung – warung tersebut merupakan hasil racikan wargga sekitar. Jadi, tidak hanya menikmati indahnya kebun teh saja, teman – teman juga dapat menikmati nikmatnya teh asli dari perkebunan ini. Adanya teh ini tidak lepas dari peran pemerintah yang bekerjasama dengan petani teh yang merupakan pengelola kebun teh Nglinggo ini. Awalnya, daun teh yang dihasilkan dari kebun teh ini dijual / dipasarkan di luar wilayah Samigaluh. Namun, dengan adanya kerjasama ini, dibuatlah produk teh dengan merek dagang Teh Wangi Suroloyo yang diproduksi oleh PT Pagilaran. Dengan adanya produk teh asli racikan Samigaluh ini, diharapkan dapat mengangkat nama Samigaluh sehingga dapat mengangkat ekonomi warga sekitar.

kebun teh nglinggo
Pemandangan indah di kebun teh Kulon Progo instagram.com/myoctora

Fasilitas yang tersedia di lokasi kebun teh Kulon Progo ini sudah cukup lengkap. Mulai dari lokasi parkir, toilet hingga penginapan. Memang sebenarnya kebun teh Nglinggo ini dulu sudah sering dikunjungi oleh wisatawan, namun kebanyakan yang berkunjung adalah wisatawan mancanegara.  Dengan adanya fasilitas tersebut diharapkan dapat mengakomodasi para pengunjung yang ingin sekedar berkunjung ataupun yang ingin menginap di lokasi kebun teh Samigaluh ini. Penginapan – penginapan ini berupa homestay yang disewakan oleh warga sekitar. Home stay ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup nyaman untuk beristirahat. Selain itu, pengunjung yang menginap akan disediakan makanan tradisional di daerah tersebut.

baca juga : Wisata alam kalibiru di Jogja yang Indah

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Kulon Progo

Untuk merawat suatu obyek wisata serta untuk menambah fasilitas penunjangnya, tentunya membutuhkan anggaran dana. Oleh karena itu, di setiap tempat wisata hampir pasti ada retribusi untuk memasuki tempat wisata tersebut. Demikian juga dengan kebun teh Kulon Progo ini. Setiap pengunjung yang berwisata di kebun teh Nglinggo juga dikenakan tiket masuk. Namun jangan khawatir, harga tiket masuk kebun teh Kulon Progo ini sangat terjangkau kok. Teman – teman hanya perlu membayar sebesar Rp. 3.000,- untuk setiap pengunjungnya. Tiket ini sudah termasuk dengan parkir kendaraan. Tidak mahal bukan? Tentunya, karena tempat ini kan termasuk dalam tempat wisata murah di Jogja, hehehehe

kebun teh samigaluh
gambar : instagram.com/jogjamobil

Rute Menuju Lokasi Kebun Teh Kulon Progo

Lokasi kebun teh Kulon Progo ini berada di ketinggian 800 mdpl. Alamatnya adalah  Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673. Untuk mencapai tempat wisata ini, teman – teman dapat mengikuti rute sebagai berikut :

Dari Jogja / Yogyakarta :

SIlakan teman – teman menuju ke Jl. Godean. Ikuti jalan ini hingga teman – teman sampai di  Pasar Godean. Kemudian silakan lurus ke arah barat hingga melewati melewati sungai Progo dan sampai di lampu merah kenteng. Dari lampu merah ini belok kanan dan ikuti jalan sampai menemukan sebuah tugu yang berada di tengah jalan (daerah Ndekso). Dari tugu ini kemudian belok kiri ke Jl. Samigaluh. Ikuti jalan ini hingga teman – teman melewati Kantor Kecamatan Samigaluh, Kantor Polisi & Pasar Samigaluh (15-20 km dari tugu). Kemudian teman – teman akan menemukan simpang tiga dengan petunjuk arah menuju ke Desa Wisata Nglinggo. Silakan ikuti petunjuk tersebut, teman – teman akan sampai di puncak kebun teh.

Dari Magelang

Dari Jalan Magelang, silakan mengambil rute menuju ke Kalibawang. Setelah itu, teman – teman akan sampai di lampu merah Ndekso yang memiliki tugu ditengah jalan. Kemudian  belok kanan ke Jl. Samigaluh. Rute selanjutnya sama dengan dari arah Jogja yaitu, ikuti jalan Samigaluh hingga melewati Kantor Kecamatan Samigaluh, Kantor Polisi & Pasar Samigaluh (15-20 km dari tugu). Kemudian teman – teman akan menemukan simpang tiga dengan petunjuk arah menuju ke Desa Wisata Nglinggo. Silakan ikuti petunjuk tersebut, teman – teman akan sampai di puncak kebun teh

baca juga :

Lokasi Watu Tekek Kulonprogo, Wisata Baru di Jogja

Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Jika masih bingung, silakan bertanya kepada penduduk sekitar. Atau bagi teman – teman yang menggunakan GPS, silakan mengikuti rute yang saya ambil dari Google Maps berikut ini.

Tips Berwisata di Kebun Teh Kulon Progo

Agar wisata teman – teman menyenangkan, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Nah untuk berwisata di kebun teh Kulon Progo ini, berikut tipsnya:

  • Pastikan kondisi fisik anda dalam keadaan prima
  • Cek kondisi kendaraan teman – teman sekalian. Pastikan dalam kondisi prima, karena medan menuju ke lokasi Kebun Teh kulon Progo ini ada beberapa ruas jalan yang rusak, serta jalan yang menanjak
  • Bawalah bekal makanan seperlunya
  • Sesuaikan berat bawaan teman – teman dengan kemampuan kendaraan agar kuat menanjak
  • Jangan buang sampah sembarangan, buanglah sampah di tempat yang sudah disediakan oleh pengelola obyek wisata kebun teh Nglinggo

Saya rasa cukup sekian dulu artikel mengenai Kebun Teh Kulon Progo di Nglinggo Wisata Jogja yang Indah dan Asri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman sekalian. Terima kasih sudah berkunjung di masbei.com. Salam Indonesia