Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Wisata Konservasi yang Indah

Posted on

Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Wisata Konservasi yang Indah. Jika berbicara mengenai kebun raya, hampir dapat dipastikan akan membicarakan Kebun Raya Bogor. Tidak heran, karena memang Kebun Raya Bogor sudah ada sejak zaman pendudukan Belanda. Selain itu lokasinya yang luas dengan ribuan koleksi tanamannya tentu menarik para pengunjung yang ingin mencari udara bersih di tengah keramaian kota. Terlebih lagi lokasinya yang berada berdampingan dengan istana keprisedenan membuat Kebun Raya Bogor menjadi terkenal.

Nah, saai ini ada sebuah kebun raya yang mulai dioptimalkan keberadaannya. Kebun raya ini bernama Kebun Raya Indrokilo Boyolali atau juga biasa disebut dengan nama Kebun Raya Boyolali. Tentunya dengan  adanya kebun raya ini memberikan alternatif bagi teman – teman yang berada di Jawa bagian Tengah. Bagaimana keadaan kebun raya ini? Berikut artikel singkatnya dari masbei.com.

Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Tempat Konservasi Tanaman Langka dan Dilindungi

kebun raya indrokilo boyolali
instagram.com/dhesy_dc

Sesuai dengan namanya, Kebun Raya Boyolali merupakan tempat yang luas dan dipenuhi dengan berbagai tanaman. Seperti halnya Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Indrokilo ini juga memiliki peran sebagai tempat konservasi tumbuhan langka dan dilindungi. Tentunya fungsi ini juga akan dipadukan dengan fungsinya sebagai tempat wisata alam.

baca juga : Naik KRL ke Taman Topi dan Kebun Raya Bogor

Dengan adanya tempat wisata yang sekaligus lokasi konservasi, tentunya secara tidak langsung akan mengajarkan kepada pengunjung mengenai aneka tanaman yang saat ini sudah langka dan dilindungi. Semoga dengan bertambahnya pengetahuan mengenai tanaman langka dan dilindungi tersebut dapat menambah kepedulian mengenai hal ini.

Tanaman – tanaman yang akan mengisi kebun dengan luasan tidak kurang dari 8,9 hektare ini didatangkan dari beberapa tempat. Tempat – tempat tersebut kebanyakan tidak jauh dari Boyolali, antara lain hutan Tlawah Juwangi (Boyolali), hutan Tangen (Sragen), alas kethu (Wonogiri), Gunung Bromo (Katanganyar), Wonosemar (Simo, Boyolali) dan lainnya.

Wisata di Kebun Raya Boyolali

kebun raya boyolali
instagram.com/eniaprilinna

Saat tulisan ini dibuat, memang Kebun Raya Indrokilo ini masih dalah tahap pembangunan. Konsep yang diusung oleh kebun raya ini adalah sebagai tempat wisata sekaligus konservasi tanaman langka dan dilindungi. Oleh karena itu, selain area tanaman, juga dibangun taman labirin dan juga air terjun buatan untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Pembangunan Kebun Raya Indrokilo sendiri sudah dimulai pada tahun 2016. Saat ini pembangunan sudah masuk pada tahap ketiga. Rencananya pembangunan selesai pada tahap ke empat yaitu pada tahun 2019. Ya bagi yang sudah ngebet, harap bersabar ya, semoga pembangunannya tidak meleset sehingga tahun depan sudah bisa dibuka secara penuh.

baca juga : Pule Payung, Wisata Alam Indah Ala Kalibiru Jogja

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Indrokilo Boyolali

kebun raya
instagram.com/tigar_insani

Secara resmi, wisata ini belum dibuka untuk umum. Namun demikian sudah terdapat bangunan – bangunan yang selesai dibangun. Pengunjung juga sudah mulai berdatangan.

Karena belum dibuka secara resmi, saat ini untuk mengunjungi tempat ini tidak dipungut tiket masuk alias gratis.

baca juga : Berburu Foto di Wisata Bukit Bintang Bogor Yang Sejuk dan Asri

Lokasi Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Sesuai dengan namanya, wisata alam, konservasi dan edukasi ini berada di Kabupaten Boyolali. Kabupaten ini berada di Provinsi Jawa Tengah.  Adapun alamat lengkapnya adalah Kemiri, Mojosongo, Kemiri, Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57482. Bagi teman – teman yang ingin berkunjung ke tempat wisata alam ini, silakan ikuti koordinar GPS yang diambil dari Google Maps berikut.

Nah, itulah sekilas mengenai Kebun Raya Indrokilo Boyolali yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com, salam Indonesia.