Kampung Cokelat Blitar, Tempat Wisata di Blitar Bagi Para Penggemar Coklat

Posted on

Indonesia memang tidak ada habis-habisnya untuk berpikir kreatif dalam membuat tempat wisata, salah satunya adalah Kampung Cokelat Blitar. Blitar memang terkenal dengan produksi cokelatnya yang besar, sehingga pemerintah Kota Blitar membuat Kampung Cokelat agar masyarakat khususnya penggemar cokelat bisa memburu cokelatnya. Dengan adanya ciri khas dan fasilitas yang terdapat di tempat wisata cokelat tersebut, tentu bisa menarik para wisatawan dari daerah lokal maupun luar kota. Kalau Anda penasaran dengan tempat wisata yang satu ini, berikut penjelasannya.

Kampung Cokelat, Tempat Wisata Edukasi Untuk Semua Kalangan

kampung cokelat blitar
Belajar sambil belajar di Kampung Coklat yang cocok untuk semua kalangan

Kalau Anda yang sedang berlibur ke Blitar, jangan lupa kunjungi Kampung Cokelat Blitar. Di sana, para penduduk lokal Blitar menanam dan membudidayakan cokelat, sehingga Anda akan menemukan banyak sekali pepohonan cokelat yang bisa Anda panen sendiri.

Tidak jarang juga Anda akan menemukan banyak sekali pohon cokelat yang sedang berbuah dan melihat langsung proses pemetikan buah cokelat secara langsung. Selain belajar memetik buah cokelatnya, para pengunjung juga bisa belajar cara memilih buah coklat yang berkualitas bagus.

Tentu Anda tidak ingin memetik buah coklat yang jelek, bukan? Kalau sudah puas memanen ataupun memetiknya, Anda akan diajak untuk melihat cara pembuatan makanan cokelat. Kalau bosan hanya melihatnya saja, Anda bisa ikut berpartisipasi dalam proses pembuatannya, jadi bisa menambah pengalaman Anda dalam belajar membuat kudapan cokelat.

baca juga : 8 Pesona Tempat Wisata di Blitar yang Paling Populer

Kalau ingin mencoba membuat makanan lain dari cokelat selain cokelat asli, para pengunjung bisa mencampurnya dengan bahan lain sehingga bisa memperoleh makanan cokelat yang kreatif dan unik buatan sendiri. Untuk mendapatkan pengalaman belajar memasak cokelat ini, Anda harus mengikuti coocking class yang biasanya Kampung Cokelat Blitar adakan setiap harinya.

Bagi pengunjung yang hanya sekedar bersantai saja tanpa mengikuti kegiatan memanen maupun memasak, bisa duduk-duduk santai di area kafenya. Di area kafenya, Anda bisa duduk bersantai sambil ditemani pepohonan cokelat yang rindang, sehingga membuat area tersebut menjadi cukup sejuk dan rindang. Dan ternyata, masih ada juga pepohonan cokelat tersebut yang sudah siap panen, loh.

Untuk makanan dan minuman yang dijual di kafe-kafe tersebut pun sebagian besar berbahan dari cokelat semua, seperti milkshake cokelat, nasi goreng cokelat, ice cream cokelat, dan masih banyak lagi. Jadi bagi Anda penggemar cokelat, tentu hal tersebut menjadi kesempatan Anda untuk menikmati kelezatan makanan maupun cokelatnya.

Kalau Anda ingin mencari oleh-oleh untuk kerabat Anda, bisa saja karena di Kampung Cokelat Blitar ini juga tersedia tempat oleh-oleh yang menjual berbagai macam aneka olahan dari cokelat, kaos, gantungan kunci, dan sebagainya. Untuk harganya tidak perlu khawatir, karena harganya masih bersahabat dengan kantong Anda.

Tiket Masuk Kampung Cokelat Blitar

wisata blitar
Saat sedang beristirahat, para wisatawan ditemani suasana yang rindang dari pepohonan yang tumbuh

Kalau Anda ingin menikmati semua fasilitas di Kampung Cokelat Blitar, Anda harus membayar tiket masuknya sebesar Rp 5.000 saja untuk 1 orang. Tapi, kalau Anda datang dengan banyak rombongan, Anda akan mendapat potongan harga sebesar Rp 25.000 untuk setiap 50 orangnya. Sangat murah, bukan? Anda pun bisa memesan makanan catering atau biasa disebut nasi kotak dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 setiap 1 paketnya dan tentu harganya berbeda-beda tergantung paket yang Anda pilih.

Untuk biaya parkirnya, Anda yang membawa motor perlu membayar Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Jam buka Kampung Cokelat Blitar dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore.

baca juga : Berfoto Ria di Rabbit Park Blitar

Lokasi Kampung Cokelat Blitar

kampung coklat
Banyak pohon coklat di tempat wisata Kampung Coklat yang bisa dipetik para wisatawan

Lokasi Kampung Cokelat Blitar berada di Jl. Benteng Blorok no. 18 yang terletak di Desa Plosorejo Kademangan. Kalau Anda datang dari pusat kota, sebenarnya tidak terlalu jauh, karena berjarak 10 km untuk menuju ke tempat wisata cokelat ini.