Inilah Wisata Pulau Komodo, 7 Keajaiban Dunia

Posted on

Mendengar dari katanya saja mungkin yang terbesit dalam pikiran kita adalah sesuatu yang buas, berbahaya dan berbisa, apalagi jika kita mendengar pulau yang dihuni oleh komodo, mungkin dalam benak kita pulau itu seram, tidak berpenghuni, dan tentunya pulau yang angker. Tapi tunggu dulu, Pulau Komodo yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara tepatnya di Taman Nasional Komodo ini justru sangatlah berbalik dari apa yang ada di pikiran kita. Terdapat kurang lebih 1300 ekor komodo dan berbagai macam flora yang hidup di pulau yang termasuk dalam 7 keajaiban dunia ini. Uniknya di pulau ini masyarakat dan para komodo hidup bersamaan dalam satu pulau. Rumah-rumah penduduk di wisata pulau komodo ini sengaja dibuat tinggi, ini dimaksudkan agar jika pada malam hari komodo tidak bisa masuk kedalam rumah penduduk.

Komodo, kadal terbesar di dunia yang hidup di Wisata Pulau Komodo, 7 Keajaiban Dunia

Perlu kita ketahui hewan yang satu ini merupakan kadal terbesar didunia dengan rata-rata panjang 2-3 meter, karena badanya yang besar hewan ini merupakan predator puncak yang mendominasi ekosistem di tempatnya berada, khususnya di Pulau Komodo ini. Kadal yang mempunyai nama latin Varanus Komodoensis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1910 oleh peneliti dari barat. Penemuan ini memicu perburuan liar pada komodo sebab hewan ini merupakan hewan purba yang sudah ada sejak zaman dinosaurus dan akan laris jika hewan ini dipajang dalam kebun binatang. Fenomena itu menjadikan spesies hewan ini sudah dalam ambang kepunahan. Selain menyandang sebagai kadal terbesar dan juga fosil hidup, binatang yang termasuk kerabat biawak ini memiliki banyak lagi keunikan. Keunikan yang dimiliki oleh kadal raksasa ini, antara lain tidak memiliki indera pendengaran, memiliki bisa dan bakteri serta dapat berburu dengan cara mengendap-endap.

pulau komodo
Komodo merupakan hewan endemik Pulau Komodo yang menyandang gelar sebagai kadal terbesar di dunia

Pasir merah muda terhampar di Wisata Pulau Komodo

Tak hanya komodo yang memiliki keunikan tersendiri, pulau yang ditempatinya juga memiliki keunikan tersendiri salah satunya jika kita menghapiri pantai di wisata pulau komodo, bukan pasir putih atau coklat yang kita jumpai, melainan pasir berwarna merah muda. Terbentuknya pasir ini tidak lain disebabkan karena percampuran antara pasir merah dan putih. Konon pasir merah ini berasal  dari serpihan koral merah yang hancur, dan tentunya pantai di Pulau Komodo ini sangatlah bersih dan masih alami. Masih banyak sekali keunikan yang terdapat didalam pulau ini, tapi tidak bisa disebutkan satu persatu karena begitu luar biasanya pulau ini. Mari kita terus lestarikan alam Indonesia.

pantai pulau komodo
Pasir pantai di Pulau Komodo memiliki warna merah muda yang sangat jarang di temui di tempat lain