Ingin Kembali ke Masa Lalu, Mesin Waktunya Bernama ‘Kota Bandung’

Posted on

Beruntunglah kamu yang hidup di jaman ini. Segalanya begitu mudah untuk didapatkan di dunia yang aman dan tenteram. Mau pergi ke Bandung, tinggal temukan jadwal kereta Jakarta Bandung dan dapatkan secara online, tidak lagi perlu antri di loket stasiun untuk mencari info lengkap kereta Jakarta Bandung.

Bicara soal masa lalu, Indonesia pernah mengalami episode kelam yaitu saat dijajah oleh Belanda selama ratusan tahun. Begitu banyak pengorbanan untuk meraih kemerdekaan. Meski meninggalkan luka yang dalam, penjajahan juga meninggalkan hal-hal indah yang bisa kamu nikmati di masa sekarang. Bukti tersebut bisa didapatkan saat berkunjung ke Kota Bandung, Jawa Barat.

baca juga : Fasilitas dan Lokasi Dusun Bambu Bandung, Referensi Liburan Anda

Saat melintasi beberapa kawasan, kamu akan merasakan romansa era Belanda yang begitu kental. Nuansa ini kuat karena banyaknya gedung-gedung yang dibangun jaman Belanda dengan gaya arsitek Eropa, yang masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Untuk kamu yang butuh inspirasi atau sekadar rekreasi dengan ‘kembali ke masa lalu,’ segera intip jadwal kereta Jakarta Bandung dan beli tiketnya untuk liburan akhir pekan di ibukota Tanah Sunda ini. Berikut adalah lima rekomendasi gedung-gedung bersejarah di Bandung.

Asia-Afrika

gedung asia afrika bandung
sumber:pikiran-rakyat.com

Jalan Asia-Afrika ini menjadi saksi bisu peristiwa bersejarah Konferensi Asia-Afrika yang diadakan bulan April 1955. Tempat pertemuannya adalah Gedung Merdeka, yang memiliki arsitek kuno nan memukau. Meski sudah berusia puluhan tahun, gedung ini masih terlihat kokoh dan terawat dengan baik. Nggak jarang, wisatawan dari dalam dan luar negeri mampir ke gedung ini untuk merekam momen mereka bareng bangunan yang menjadi tonggak berdirinya kekuatan Non-Blok.

Gedung Sate

gedung sate
sumber:kompas.id

Dulunya, Gedung Sate disebut masyarakat sebagai Gedong Bebe. Tapi karena ada benda seperti tusuk sate di puncak menaranya, akhirnya gedung ini dikenal sebagai Gedung Sate. Gedung ikonik yang merupakan pusat pemerintahan Jawa Barat. Keunikannya adalah desain Gedung Sate, yang memiliki gaya arsitektur campuran antara Sunda dan Eropa.

Yang pasti, jangan ngaku pernah pergi ke Bandung kalau belum pernah selfie bareng Gedung Sate.

baca juga : Menikmati Kemping Mewah Di Glamping Lakeside Rancabali Bandung

Alun-alun

alun alun bandung
sumber:nusacitrawisata.com

Sambil bersantai sejenak menikmati sore yang sejuk di Alun-Alun Bandung, nikmati pula pemandangan ‘jaman old’ yang dibawa oleh beberapa gedung di sekelilingnya. Salah satunya adalah Mal Palaguna, pusat perbelanjaan pertama yang ada di Kota Bandung dan berada di sisi timur Alun-Alun. Sementara di sisi selatan terdapat rumah pendopo, yang merupakan pusat pemerintahan. Jangan lupa melakukan sholat maghrib dengan menuju sisi barat Alun-Alun, tempat di mana Masjid Agung berada.

Braga

braga
sumber:manual.co.id

Kenapa disebut Braga? Karena sejak dulu tempat ini identik dengan bragaderen, istilah jadul untuk nongkrong. Beberapa gedung kuno tampak menghiasai Braga, yang dulunya dibangun sebagai toko kebutuhan sehari-hari. Sekarang, Braga merupakan salah satu daya tarik wisatawan bagi pengunjung Kota Bandung.

Universitas Pendidikan Indonesia

Univrsitas pendidikan indonesia
sumber:Peter van Riel

Sebelum menjadi Universitas Pendidikan Indonesia, gedung art deco ini punya perjalanan sejarah yang panjang. Pertama kali dibangun, gedungnya punya nama Vila Isola, oleh Charles Prosper Wolff Schoemaker, sebagai rumah peristirahatan untuk Dominique Wilem Beretty, pemilik kantor berita Algemeen Nieuws en Telegraaf Agentschap (ANETA), yang merupakan cikal bakal dari Kantor Berita ANTARA hingga akhirnya menjadi Universitas Pendidikan Indonesia.

Isi liburan akhir pekanmu dengan cara yang ceria. Naik kereta Jakarta Bandung dan kembali ke masa lampau dengan keindahan gedung-gedung art deco yang ada di Paris van Java ini.